Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kepribadian ESTJ: Pengertian, Karakteristik, Profesi yang Cocok, Tokoh, Kelebihan, kekurangan, dan Faktanya

Pengertian Kepribadian ESTJ
Kepribadian ESTJ
Pengertian Kepribadian ESTJ
Kepribadian ESTJ adalah akronim dari kepribadian Extrovert, Sensing, Thinking, dan Judging (ESTJ). Tipe kepribadian ESTJ merupakan salah satu dari 16 jenis kepribadian yang diidentifikasi oleh indikator tipe Myers-Briggs (MBTI).

Secara umum, tes yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Briggs ini mengacu pada pada empat skala, yaitu Extraversion (E) – Introversion (I), Sensation (S) – Intuition (N), Thinking (T) – Feeling (F), dan Judging (J) – Perceiving (P).

Seseorang yang berkepribadian ESTJ sering digambarkan sebagai orang yang sangat percaya diri dengan pikiran dan tindakannya. Ia juga terkenal dengan kemampuan organisasi dan kepemimpinannya yang hebat. Kepribadian ESTJ sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu ESTJ Asertif dan ESTJ Turbulent.

Secara emosional,  ESTJ A dinilai lebih santai bila berkaitan dengan emosi. Sedangkan, ESTJ T cenderung lebih reaktif secara emosional dan lebih mudah marah. Apabila dijabarkan satu-persatu, kepribadian ESTJ dapat dijelaskan sebagai berikut di antaranya,
1. Extraversion, individu dengan kecenderungan extrovert atau terbuka sangat senang ketika bersama orang lain untuk mengisi energi mereka. Selain itu, mereka juga ahli dalam mengorganisir orang banyak.
2. Sensing, menunjukkan individu yang mampu berfokus pada detail sehingga kemampuan observasi serta lebih mampu melihat detail-detail pada suatu hal dibanding hanya gambarannya secara umum saja.
3. Thinking, individu yang cenderung pada dimensi thinking ditandai dengan penekanan pada pikiran logis dengan fakta yang dialami secara pribadi untuk mengambil keputusan dan cenderung tidak memperhatikan perasaan yang subjektif.
4. Judging, menunjukkan individu dengan kemampuan mengorganisasikan sesuatu serta membuat perencanaan yang sangat baik. Terlebih mereka juga memiliki kepercayaan terhadap tradisi, hukum, dan aturan yang kuat.

Kepribadian ESTJ Menurut Para Ahli
1. Utami & Bahtiar (2020), kepribadian ESTJ yang terdiri atas extraversion, sensing, thinking, serta judging adalah kepribadian pada seseorang yang lebih terbuka dengan kemampuan penginderaan yang baik dan cenderung menyukai keteraturan.
2. Dari situs Very Well Mind, seseorang yang berkepribadian ESTJ biasa disebut dengan “the director” atau executive karena mereka bersifat asertif dan menaruh perhatian yang besar untuk dapat memastikan segala hal berjalan dengan lancar sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan, seperti tradisi, standar, dan hukum.

Karakteristik Kepribadian ESTJ
Terdapat beberapa karakteristik utama yang umumnya dimiliki oleh individu dengan kepribadian ESTJ di antaranya,
1. Disiplin
Individu ESTJ umumnya adalah orang yang sangat disiplin dan tegas. Ia juga sangat menjunjung tinggi tradisi dan aturan. Maka dari itu, orang dengan tipe kepribadian ESTJ biasanya sangat pandai membuat keputusan dengan cepat.

Namun, hal ini terkadang membuat pribadi ESTJ cenderung terburu-buru dalam membuat penilaian dan keputusan, padahal mungkin ia belum mempertimbangkan semua informasi dengan matang.

2. Berjiwa pemimpin
Dedikasi, komitmen, dan rasa tanggung jawabnya yang tinggi membuat pribadi ESTJ menjadi sosok yang sangat ideal menjadi pemimpin. Orang dengan tipe kepribadian ini juga tidak segan untuk mendistribusikan tugas dan tanggung jawab kepada orang lain secara adil dan objektif.

3. Logis
Orang dengan tipe kepribadian ESTJ juga merupakan seseorang yang sangat logis. Individu ESTJ selalu mengandalkan informasi dan logika untuk membuat suatu keputusan yang objektif, rasional, dan tidak memihak. Pribadi ESTJ juga sangat pandai melihat berbagai potensi masalah yang mungkin terlewatkan oleh orang lain.

4. Suka bersosialisasi
Pribadi ESTJ adalah seorang ekstrovert, yang berarti ia sangat suka menghabiskan waktu bersama orang lain dan juga sangat menikmati ketika dirinya menjadi pusat perhatian. Walau terkesan tegas dan kaku, orang dengan kepribadian ESTJ bisa sangat lucu dan menyenangkan dalam situasi sosial.

5. Suka fakta konkret
Pribadi ESTJ sangat menyukai fakta konkret dan suka mempelajari hal-hal yang bisa langsung digunakan dan diterapkan ke dalam kehidupan sehari-harinya. Sebaliknya, orang dengan kepribadian ESTJ umumnya tidak menyukai hal-hal yang bersifat abstrak atau teoritis.

Sementara dari situs Very Well Mind dan Truity menyebutkan beberapa kunci karakteristik atau ciri khas pada orang yang memiliki kepribadian ESTJ di antaranya,
1. Individu yang memiliki kepribadian ESTJ cenderung sangat praktis dengan instruksi yang jelas sehingga mereka senang belajar hal-hal yang dapat dilihat dan dipraktikkan secara langsung serta ada penggunaan di dunia nyatanya.
2. Kurang tertarik terhadap hal-hal yang abstrak atau cenderung teoretis sehingga lebih menerima fakta-fakta konkret.
3. Dalam membuat keputusan, ESTJ lebih berpatokan pada informasi yang dapat diterima logikanya dan bersifat objektif daripada perasaan atau emosi pribadi yang umumnya bersifat subjektif.
4. Memiliki keahlian dalam membuat keputusan yang objektif, adil, cenderung tidak merugikan banyak pihak, serta tidak memihak siapa pun sehingga keputusannya bersifat netral dan dapat diterima siapa saja.
5. Cenderung mengabaikan perasaan subjektif secara pribadi karena keputusan yang dibuat harus berdasarkan pikiran yang rasional.
6. Mereka pandai dalam menentukan keputusan dalam waktu cepat. Namun, di sisi lain mereka juga sering kali tidak terburu-buru dalam memberikan pendapat sebelum mempertimbangkan segala informasi terhadap situasi.
7. Dapat menjadi pemimpin yang baik, tetapi terkadang juga bisa terlalu keras terhadap orang lain karena sifatnya yang gigih.

Profesi yang Cocok dengan Kepribadian ESTJ
Individu yang berkepribadian ESTJ juga memiliki kecenderungan profesi yang cocok untuk mereka di antaranya administrator di sekolah, guru, dosen, kepala sekolah, pelatih olahraga, analis sistem, manajer proyek, manajer bisnis, auditor, sales, akuntan, banker, petugas kepolisian, tentara, hakim, pengacara, politisi, apoteker, dokter gigi, koki.

Tokoh yang Memiliki Kepribadian ESTJ
Berdasarkan 16personalities, berikut adalah beberapa tokoh besar yang tentunya sudah terkenal di seluruh dunia dengan kepribadian ESTJ di antaranya James Monroe, Lyndon B. Johnson, Billy Graham, Bette Davis, John D. Rockefeller, Sam Walton, Judge Judy, Megyn Kelly, Harry S. Truman, Laura Linney, Sonia Sotomayor, George W. Bush, Ella Baker, Alec Baldwin, Frank Sinatra.

Kelebihan Kepribadian ESTJ
Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki seorang ESTJ di antaranya,
1. Berdedikasi
Orang dengan tipe kepribadian ini mengerjakan sesuatu dengan baik sesuai arahan, sehingga hasilnya jarang sekali tidak memuaskan. Walaupun kadang tugas yang dikerjakan tidak mudah atau membosankan, mereka tetap menyelesaikan tugasnya dengan baik.

2. Berkemauan Keras
Kemauan yang kuat membuat dedikasi yang ditunjukkan berbuah hasil yang memuaskan. Sekalinya menghadapi pertentangan, mereka bisa mempertahankan ide atau prinsip yang dipilih sehingga dirinya tidak mudah goyah atau menjadi seorang yang plin-plan.

3. Langsung dan Jujur
Terkadang ada orang tidak jujur dengan orang lain, karena tidak ingin menyakiti perasaan orang tersebut. Hal ini berkebalikan dengan kepribadian ESTJ, yang mau mengutarakan ide maupun pendapat secara langsung dan jujur. Mereka tidak ingin ketidakjujuran berujung dengan masalah nantinya.

4. Setia, Sabar, dan Dapat Diandalkan
Ada alasan kenapa orang dengan kepribadian ini selalu dapat diandalkan. Mereka umumnya memiliki sifat setia, sabar, dan berkomitmen tinggi sehingga sosoknya terlihat semakin bertanggung jawab.

5. Menyukai Hal yang Teratur
Tipe kepribadian ini tidak menyukai hal-hal yang berantakan atau tidak terencana dengan baik. Itulah sebabnya, mereka selalu memiliki rencana sebelum mengambil tindakan dan berusaha mungkin menaati aturan yang ada. Pribadinya ini sering kali dijadikan panutan orang di sekitar.

Kekurangan Kepribadian ESTJ
Walaupun sering menjadi sosok yang diandalkan, orang yang berkepribadian ini juga memiliki kekurangan di antaranya,
1. Sering Kali Menghakimi Orang Lain
Seorang ESTJ sangat berkomitmen pada keyakinan. Namun, mereka sering lupa bahwa semua prinsip yang mereka dukung tidak universal atau objektif.

Mereka bisa gagal untuk memberikan kesempatan pada orang lain untuk berkembang, karena bisa menghakimi atau berpikiran sempit. Hal ini bisa jadi bumerang bagi dirinya sendiri.

2. Gagal Menilai Orang Lain
Sifatnya yang berkemauan keras kadang memicu mereka untuk bersikap tidak peduli dengan orang sekitar. Sikap yang terlalu fokus pada diri sendiri membuat kesempatan untuk memahami emosi maupun menilai perilaku orang yang ada di sekitar terlewat begitu saja.

Alhasil, penilaiannya terhadap seseorang bisa meleset dan menyia-nyiakan potensi yang mungkin dimiliki orang lain.

3. Terlalu Gila Kerja
Memiliki etos kerja yang tinggi memang patut dipuji. Akan tetapi, etos yang berlebihan bisa membuat mereka jadi pribadi yang "gila kerja" dan terlalu perfeksionis.

Tipe seperti ini agak sulit diterima orang lain, karena sering kali tidak bersimpati atau terlalu memaksakan kehendak. Sikap perfeksionis yang terlalu berlebihan menempatkan seseorang menjadi lebih mudah panik, cemas, dan stres.

4. Keras Kepala dan Tidak Fleksibel
Menyukai sesuatu yang terstruktur dan teratur memang bisa membuat semuanya terencana. Akan tetapi, seorang ESTJ terlalu kaku sehingga menghalangi mereka untuk berpikiran terbuka atau memakan waktu karena menghindari hal-hal yang praktis.

Alhasil, sikap keras kepala karena tidak mau luwes dengan kondisi di sekitar menghambat diri mereka untuk berkembang.

5. Sulit Mengekspresikan Emosi
Orang dengan tipe kepribadian ini begitu terperangkap dalam fakta dan metode yang efektif. Sehingga, mereka lupa untuk memikirkan apa yang membuat dirinya nyaman dan orang lain bahagia. Tujuannya hanya demi pekerjaan yang dilakukan bisa membuahkan hasil yang memuaskan.

Fakta Terkait Kepribadian ESTJ
Situs Truity menyebutkan terdapat beberapa fakta mengenai orang-orang yang memiliki kepribadian ESTJ di antaranya,
1. Populasi ESTJ di dunia cukup besar, yakni sekitar 8,7 persen satu tingkat lebih tinggi dibanding ESFP dan lebih rendah dari ISFP.
2. Selain ENFP, tipe kepribadian ini juga menjadi kelompok yang memiliki sumber-sumber coping stress yang lebih banyak daripada tipe lainnya.
3. Menjadi tipe kepribadian ketiga yang memiliki tingkat kepuasan dalam pernikahan tertinggi.
4. ESTJ pada umumnya merasakan tingkat kepuasan yang sangat tinggi terhadap pekerjaannya.
5. Lebih cenderung menunjukkan perilaku Tipe A dan bukan Tipe B dibanding tipe kepribadian lainnya.
6. Menjadi salah satu dari empat tipe kepribadian yang memiliki nilai IPK tinggi di perguruan tinggi.
7. Nilai-nilai pribadi yang paling diutamakan adalah kesehatan, keamanan finansial, pencapaian, dan prestise.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Kepribadian ESTJ: Pengertian, Karakteristik, Profesi yang Cocok, Tokoh, Kelebihan, kekurangan, dan Faktanya"