Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kepribadian ENTP: Pengertian, Karakteristik, Profesi yang Cocok, Tokoh, Kelebihan, Kekurangan, dan Faktanya

Pengertian Kepribadian ENTP
Kepribadian ENTP
Pengertian Kepribadian ENTP
Kepribadian ENTP adalah akronim dari kepribadian Extraversion, Intuition, Thinking, serta Perceiving (ENTP). Tipe kepribadian ENTP merupakan salah satu dari 16 jenis kepribadian yang diidentifikasi oleh indikator tipe Myers-Briggs (MBTI).

Secara umum, tes yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Briggs ini mengacu pada pada empat skala, yaitu Extraversion (E) – Introversion (I), Sensation (S) – Intuition (N), Thinking (T) – Feeling (F), dan Judging (J) – Perceiving (P).

Individu dengan kepribadian ENTP biasa dikenal sebagai pribadi yang logis, cerdas, kreatif, dan paling suka berargumen. Berkat sifat-sifatnya tersebut, pribadi ENTP mendapat julukan ‘Sang Pendebat’. Tipe kepribadian ENTP atau pendebat memang cukup sedikit dari jumlah populasi manusia, yakni sekitar lima hingga 10 persen saja.

Tipe kepribadian ini cukup pintar, inovatif, dan mereka ekspresif. Namun, mereka kadang tidak menyukai diatur atau mengerjakan sesuatu yang rutin. Apabila dijabarkan satu-persatu, kepribadian ENTP dapat dijelaskan sebagai berikut di antaranya,
1. Extraversion, individu dengan kecenderungan extrovert tidak menyukai kesendirian dan akan mendapatkan energi ketika berkumpul dengan orang lain serta menghabiskan waktu bersama mereka.
2. Intuition, menekankan pada penggunaan intuisi, yakni lebih cenderung melihat segala sesuatu dari gambaran umum secara keseluruhan, bukan pada detail atau bagian-bagian kecilnya terutama terhadap ide atau gagasan di masa depan.
3. Thinking, menunjukkan individu yang lebih memilih pikiran logis yang masuk akal serta fakta-fakta objektif sebagai dasar untuk membuat suatu keputusan.
4. Perceiving, dengan arti individu cenderung fleksibel dan spontan sehingga lebih memilih memperhatikan situasi dibanding ada struktur atau rencana khusus terhadap pengambilan keputusan.

Kepribadian ENTP Menurut Para Ahli
1. David Keirsey, pencipta Keirsey Temperament Sorter, ENTP dikenal sebagai Penemu Rasional. Selain itu, tipe kepribadian ini cukup jarang di masyarakat, dan terhitung sekitar lima hingga 10 persen saja dari populasi.
2. Utami dan Bahtiar (2020) ENTP merupakan kelompok kepribadian dalam MBTI yang terdiri atas extraversion, intuition, thinking, serta perceiving disebut sebagai kepribadian pada individu yang cenderung extrovert atau terbuka dengan kemampuan berpikir yang lebih fleksibel.
3. Dari situs Very Well Mind, individu yang memiliki kepribadian ENTP biasa disebut dengan “the innovator”, “the visionary” atau juga “the debater” . Hal tersebut dikarenakan mereka memiliki kemampuan untuk menciptakan inovasi baru di masa depan dan akan berusaha keras untuk merealisasikannya. Selain itu juga karena umumnya suka berdebat untuk mendapatkan insight baru.

Karakteristik Kepribadian ENTP
Terdapat beberapa karakteristik kunci dari kepribadian ENTP di antaranya,
1. Supel
ENTP senang berinteraksi dengan berbagai macam orang. Mereka adalah pembicara yang hebat dan suka melibatkan orang lain dalam debat. Kepribadian ENTP juga senang berada di sekitar orang lain, terutama jika mereka dapat terlibat dalam percakapan atau debat tentang sesuatu yang mereka minati.

Mereka biasanya cukup santai dan mudah bergaul. Namun, terkadang mereka terlalu sibuk dengan ide atau rencana sendiri sehingga mereka melupakan hubungan dekat. Salah satu mitos umum tentang ENTP adalah mereka suka berdebat karena memang terlahir untuk suka berdebat.

Sementara orang-orang dengan tipe kepribadian ini sering kali bersedia berperan sebagai pendukung suatu hal yang mungkin tidak benar. Sebab mereka menikmati debat sebagai cara untuk mengeksplorasi suatu topik, mempelajari apa yang dipercayai orang lain, dan membantu orang lain melihat sisi lain dari cerita.

2. Ingin Tahu
Tipe kepribadian ENTP sangat ingin tahu dan fokus untuk memahami dunia di sekitar mereka. Mereka terus-menerus menyerap informasi dan ide-ide baru dan dengan cepat sampai pada kesimpulan. Mereka juga mampu memahami hal-hal baru dengan cukup cepat.

Namun, kepribadian ENTP juga lebih fokus pada masa depan, daripada detail langsung. Mereka mungkin memulai proyek dan tidak pernah menyelesaikannya karena mereka begitu fokus pada gambaran besar, daripada detail atau kebutuhan saat ini.

Mereka juga cenderung menyimpan penilaian. Alih-alih membuat keputusan atau melakukan tindakan, mereka lebih suka menunggu dan melihat apa yang terjadi.

Sementara berdasarkan paparan dari situs Very Well Mind, terdapat berbagai karakteristik kunci yang dimiliki oleh individu dengan kepribadian ENTP di antaranya,
1. Pribadi ENTP sangat menyukai berada di antara orang lain dan di saat tertentu mereka dapat menjalin komunikasi hingga memperdebatkan suatu hal yang bagi mereka menarik. Di sisi lain, mereka adalah orang yang santai dan mudah bergaul.
2. Sangat menikmati proses interaksi dengan orang banyak dengan berbagai macam latar belakang. Selain itu, mereka juga pandai dalam melakukan percakapan dan suka membuat orang lain ikut berdebat dengannya.
3. Menjadikan debat sebagai cara untuk mendalami suatu topik, memahami dan belajar dari kepercayaan orang lain, serta membantu orang lain untuk juga dapat melihat sisi lain dari suatu hal.
4. Cenderung lebih fokus pada masa depan dibanding dengan detail-detail yang ada sekarang. Terkadang mereka mungkin memulai sesuatu dan tidak menyelesaikannya karena lebih fokus pada tujuan secara umum sehingga akan meninggalkan kebutuhan yang ada di saat ini.
5. Lebih memilih untuk menunggu sambil melihat situasi sebelum membuat keputusan atau melakukan sesuatu.
6. Mereka memiliki kemampuan untuk dapat memahami hal baru dengan relatif cepat. Hal tersebut dikarenakan mereka akan sangat penasaran dan fokus agar dapat paham suatu kondisi, menerima berbagai informasi, dan kemudian dengan cepat memberikan kesimpulan.

Profesi yang Cocok dengan Kepribadian ENTP
ENTP memiliki beberapa contoh profesi yang cenderung cocok dengan kepribadian mereka di antaranya psikolog, psikiater, ilmuwan, penemu, pengacara, konsultan, marketing, aktor, jurnalis, programmer, fotografer, insinyur.

Tokoh yang Memiliki Kepribadian ENTP
Jumlah populasi orang yang berkepribadian ENTP tidak terlalu banyak. Akan tetapi, banyak tokoh sukses yang memiliki kepribadian ini, di antaranya Thomas Edison, Leonardo da Vinci, Niccolo Machiavelli, Alfred “Weird AI” Yankovic, John Stuart Mill, Mark Twain, Adam Savage, Benjamin Franklin, Richard Feyman, Conan O’Brien, Sarah Silverman, Steve Jobs, Walt Disney, Tom Hanks, Celine Dion.

Kelebihan Kepribadian ENTP
Dikutip data studi dalam laman Truity, ini juga termasuk dalam kepribadian yang cukup langka. ENTP jika dilihat dari jumlah populasi, hal ini meliputi di antaranya 3% dari populasi umum, 4% pria, 2% wanita. Karena kelangkaannya ini, membuat kelebihan dalam dirinya menjadi daya tarik orang banyak.

Sejumlah kelebihan dari kepribadian Sang Pendebat ini di antaranya,
1. Wawasan Luas
Karena menyukai perdebatan, tak heran jika wawasannya terbilang cukup luas dan maju. Ia menyukai belajar hal baru, terutama konsep abstrak. Kelebihan dalam dirinya ini membuat ia memiliki pemikiran atau ide yang cukup genius.

Tak heran, jika pemilik kepribadian ini banyak ditemukan di ilmuwan-ilmuwan terkenal.

2. Pemikir Cepat
Si ENTP juga dikenal sebagai pemikir yang cepat. Sang Pendebat ini memiliki pikiran yang sangat fleksibel. Ia mampu berpindah dari satu ide ke ide lainnya. Hal ini dilakukan tentu tanpa usaha yang dilakukan.

Artinya, mereka dapat membuktikan sesuatu tanpa kejadian yang 'berbelit-belit'.

3. Menyukai Keaslian
Keaslian adalah kelebihan yang dimiliki dari ekstrovet ini. Dalam arti lain, ia menyukai sesuatu yang masih asli dan tidak dicampuri hal-hal lain. Nantinya, keaslian inilah yang akan menjadi 'bahan' untuk ia eksplor lebih lanjut.

Jika dihadapkan dengan masalah kronis, ia dapat mengendalikan dan memberikan solusi dengan bijak.

4. Brainstromers yang Kreatif
Istilah brainstorming sering kita jumpai untuk mencetuskan suatu ide brilian. Melansir 16personalities.com, ia akan menganalisis masalah dari setiap sudut untuk menemukan solusi terbaik. Setiap pendapat dari orang lain akan menjadi acuan ia untuk membentuk keputusan.

5. Karismatik dan Energetik
Mereka dengan tipe kepribadian ini memiliki kelebihan, yang membuat orang lain kagum kepadanya (karismatik). Percaya diri yang tinggi dan pemikir cepat, menghasilkan komunikasi yang 'genius' dengan lawan bicaranya.

Bahkan, ia sesekali bisa menghibur orang di saat yang bersamaan.  Selain itu, energi yang tak ada habisnya juga menjadi keunggulan dari ENTP. Belajar entah sampai dini hari pun akan ia tempuh untuk selalu tampil terbaik.

Kekurangan Kepribadian ENTP
Setiap kepribadian tentu ada kekurangannya. Untuk ENTP sendiri beberapa hal yang tidak disukai orang meliputi hal berikut di antaranya,
1. Terlalu Argumentatif
Menyukai perdebatan tapi menyudutkan orang juga tidak baik. Terlalu argumentatif menjadi kekurangan dari ENTP yang pertama. Biasanya, sesuatu yang berlebihan tak akan bagus untuk hasilnya. Ini bahkan juga bisa menyebabkan ketegangan, dan memicu gangguan mental untuk sebagian orang.

2. Tidak Peka dan Emosional
Karena begitu rasional, sering kali ia lupa memikirkan perasaannya. Akibatnya, kurangnya toleransi dan perasaan orang lain sering terabaikan. Emosional yang rendah dalam diri, dinilai tidak pas dan bisa merugikan banyak orang.

3. Sulit Fokus
Kekurangan lainnya, ia sulit untuk berfokus dengan satu hal utuh. Mengabaikan pendapat orang lain kadang juga sering dilakukan untuk merasa dirinya lebih 'eksklusif'. Orang dengan tipe ini juga mudah bosan dengan hal yang itu-itu saja.

4. Tidak Suka Hal Biasa
Seperti diketahui sebelumnya, ENTP tak menyukai sesuatu yang biasa saja. Karenanya, ia akan bergerak untuk selalu tampil beda. Ia cenderung mandiri, analitis, dan impersonal dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Artinya, ia menyukai ide-ide baru yang genius dan tidak membosankan.

Bahkan, hal-hal di luar nalar juga bisa menjadi pertimbangan untuk dirinya.

5. Takut Akan Kehilangan
Takut akan kehilangan atau tertinggal sesuatu menjadi kekurangan dari ENTP. Hal ini membuatnya agak sulit untuk berkomitmen dengan satu poin penting ke lainnya. Jika hal ini tidak terkendali, bisa memicu rasa jengkel bagi orang terdekatnya, seperti pasangan hidup.

Fakta Menarik Terkait Kepribadian ENTP
Situs Truity menyebutkan berbagai fakta menarik tentang kepribadian ENTP di antaranya,
1. Populasi kelompok kepribadian ENTP terhitungnya sedikit, yakni hanya sekitar 3,2 persen dan menjadi kelompok ke-5 yang paling sedikit.
2. Paling jarang di antara tipe kepribadian lain yang mengalami penyakit jantung dan hipertensi.
3. Lebih banyak individu yang cenderung bertipe A dibanding tipe T.
4. Salah satu dari dua tipe kepribadian yang paling sering menjadi pelanggar aturan di perguruan tinggi terkait minuman alkohol.
5. Tipe yang jarang melaporkan mengalami stres karena hal-hal yang berhubungan dengan keluarga atau kesehatan.
6. Termasuk dalam tipe kepribadian yang memiliki berbagai sumber untuk melakukan coping terhadap stres sehingga dapat segera diatasi.
7. Di antara tipe lainnya, ENTP adalah kelompok kepribadian yang memiliki tingkat kreativitas paling tinggi.
8. Individu yang berkepribadian ENTP paling banyak merasakan ketidakpuasan terhadap pekerjaannya meski justru mendapatkan penghasilan paling banyak di antara kepribadian yang lain.
9. Sering ditemukan pada kelompok karier dalam bidang sains, manajemen, teknologi, serta seni.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Kepribadian ENTP: Pengertian, Karakteristik, Profesi yang Cocok, Tokoh, Kelebihan, Kekurangan, dan Faktanya"