Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kepribadian ENTJ: Pengertian, Karakteristik, Profesi yang Cocok, Tokoh, Kelebihan, Kekurangan, dan Faktanya

Pengertian Kepribadian ENTJ
 Kepribadian ENTJ
Pengertian Kepribadian ENTJ
Kepribadian ENTJ adalah akronim dari kepribadian Extraversion, Intuition, Thinking, Judgment (ENTJ). Tipe kepribadian ENTJ merupakan salah satu dari 16 jenis kepribadian yang diidentifikasi oleh indikator tipe Myers-Briggs (MBTI).

Secara umum, tes yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Briggs ini mengacu pada pada empat skala, yaitu Extraversion (E) – Introversion (I), Sensation (S) – Intuition (N), Thinking (T) – Feeling (F), dan Judging (J) – Perceiving (P).

Kepribadian ENTJ merupakan kepribadian extrovert yang mengutamakan intuisi, kemampuan berpikir yang mengandalkan fakta dan logika, dan menilai sesuatu untuk merencanakan hasil akhirnya. Kepribadian ENTJ termasuk tipe MBTI yang langka. Dikatakan jika di dunia hanya ada sekitar 1,8% orang memiliki kecenderungan kepribadian demikian.

Beberapa karakteristik paling menonjol dari mereka adalah keinginan, energi, dan rasa kompetisi yang kuat juga pintar membuat strategi. Karena itu, mereka cocok jadi 'komandan' atau pemimpin. Apabila dijabarkan satu-persatu, kepribadian ENTJ dapat dijelaskan sebagai berikut di antaranya,
1. Extraversion, individu dengan kecenderungan extrovert mendapatkan energi ketika berkumpul dengan orang lain dan menghabiskan waktu bersama mereka. Di sisi lain mereka tidak menyukai kesendirian.
2. Intuition, menekankan pada penggunaan intuisi, yakni lebih cenderung melihat segala sesuatu dari gambaran umum secara keseluruhan, bukan pada detail atau bagian-bagian kecilnya.
3. Thinking, menunjukkan individu yang lebih memilih pikiran logis yang masuk akal serta fakta-fakta objektif sebagai dasar untuk membuat suatu keputusan.
4. Judging, dengan arti individu cenderung menyukai hal-hal yang terstruktur, terencana, dan memiliki ketentuan yang jelas sehingga cenderung kurang menyukai spontanitas serta fleksibilitas.

Kepribadian ENTJ Menurut Para Ahli
1. Utami & Bahtiar (2020), ENTJ merupakan kelompok kepribadian dalam MBTI yang terdiri atas extraversion, intuition, thinking, serta judging disebut sebagai kepribadian pada individu yang cenderung extrovert atau terbuka dengan kemampuan berpikir intuitif dan rasionalitas yang tinggi.
2. Dari situs Very Well Mind, individu yang memiliki kepribadian ENTJ biasa disebut dengan “commander” atau pemimpin. Hal tersebut dikarenakan mereka memiliki bakat yang dibawa sejak lahir dalam hal kepemimpinan dengan kharisma, kepercayaan diri, dan kemampuan untuk mengatur pekerjaan dan orang banyak.

Karakteristik Kepribadian ENTJ
Orang dengan kepribadian ENTJ memiliki beberapa karakteristik utama di antaranya,
1. Suka bersosialisasi
Sebagai seorang extrovert, pribadi ENTJ sangat senang bersosialisasi dan menghabiskan waktunya bersama orang lain. Menurut pribadi ENTJ, berinteraksi dengan orang lain dapat membantunya merasa bersemangat dan berenergi. Tak heran, individu ENTJ biasanya memiliki lingkup pertemanan yang luas.

2. Visioner
Pribadi ENTJ adalah seorang visioner. Ini artinya, ia cenderung lebih fokus memikirkan masa depan daripada keadaan saat ini. Oleh sebab itulah, pribadi ENTJ sangat suka membuat rencana jangka panjang, karena baginya, setiap hal yang ia lakukan harus memiliki tujuan yang jelas.

Dalam mencapai tujuannya, individu ENTJ juga memiliki ambisi yang kuat dan tidak mudah menyerah, meski situasi dan keadaan yang dihadapinya mungkin tidaklah mudah.

3. Logis dan rasional
Orang dengan kepribadian ENTJ juga umumnya sangat logis. Individu dengan tipe kepribadian ini dapat menemukan titik masalah dengan tepat dan cepat mengambil keputusan yang logis.

Pribadi ENTJ mampu mengesampingkan perasaan, baik perasaannya sendiri maupun orang lain, sehingga ia dapat memecahkan setiap masalah dengan efisien. Kemampuannya itulah yang membuat pribadi ENTJ sangat cocok menjadi seorang pemimpin.

4. Tidak peka
Karena sifatnya yang sangat logis, pribadi ENTJ umumnya tidak peka, bahkan cenderung menyembunyikan perasaan dan emosinya sendiri. Pasalnya, menurut pribadi ENTJ, perasaan dan emosi adalah 2 hal yang bisa membuat seseorang menjadi lemah dan tidak berdaya.

Hal tersebut pada akhirnya bisa membuat pribadi ENTJ juga menjadi tidak peka terhadap perasaan orang lain.

Sementara dari situs Very Well Mind menyebutkan beberapa kunci karakteristik orang yang memiliki kepribadian ENTJ di antaranya,
1. Individu yang berkepribadian ENTJ cenderung menikmati menghabiskan waktu dengan orang lain. Hal ini dikarenakan mereka juga mempunyai kemampuan secara verbal dan interaksi yang kuat sehingga membantu mereka untuk merasa bersemangat.
2. Lebih memilih untuk memikirkan masa depan dibanding dengan apa yang terjadi saat ini dan di sini. Selain itu, mereka juga sering menemukan informasi yang abstrak dan teoritis itu lebih menarik dibanding informasi konkret yang detail.
3. Menekankan pada penggunaan informasi yang objektif dan logis dalam menetapkan sebuah keputusan sehingga mereka cenderung menghindari perasaan pribadi atau emosi orang lain yang menjadi dasar atas keputusan-keputusannya.
4. Bagi ENTJ, perencanaan adalah hal yang sangat krusial. Membuat keputusan dan memiliki jadwal kegiatan yang terencana membuat mereka memiliki nalar yang baik dalam melakukan prediksi dan kontrol.
5. Memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat karena kemampuan berpikir rasional, menemukan titik permasalahan, serta mampu mengambil alih sesuatu dengan baik untuk mengatasi permasalahan.
6. Orang dengan kepribadian ENTJ memang tidak memiliki kemampuan emosi yang baik, tetapi bukan berarti mereka memang bermaksud untuk bersikap kejam. Sering kali mereka memang cenderung menyembunyikan emosi yang dirasakan.

Profesi yang Cocok dengan Kepribadian ENTJ
Profesi yang dapat dipilih orang berkepribadian ENTJ sebenarnya sangat luas, berikut beberapa di antaranya finansial, pengusaha, analis bisnis, konsultan keuangan, pengacara, hakim, pimpinan organisasi, manajer perusahaan.

Tokoh yang Mempunyai Kepribadian ENTJ
Meskipun memiliki populasi yang sedikit, tetapi cukup banyak tokoh besar di seluruh dunia yang berkepribadian ENTJ, misalnya Napoleon Bonaparte, Carl Sagan, General Norman Schwarzkopf, Harrison Ford, David Letterman, Quentin Tarantino, Franklin D. Roosevelt, Whoopi Goldberg, Patrick Stewart, Candace Bergen, Douglas MacArthur, Margaret Thatcher, Jim Carrey, Richard M. Nixon, Steve Jobs, Kamala Harris, Gordon Ramsay.

Kelebihan Kepribadian ENTJ
Dari 16 Personalities, berikut beberapa kelebihan kepribadian ENTJ di antaranya,
1. Efisien
Ketidakefektifan bukan dilihat sebagai masalah tersendiri, tetapi sebagai sesuatu yang dapat menghambat tujuan akhir mereka. Mereka menganggap ketidakefektifan adalah kemalasan yang perlu dibasmi agar tujuan akhir dapat diraih tepat waktu.

2. Energik
Rumitnya proses dalam menjalankan tujuan bukan hambatan karakter si pemimpin. Mereka lebih menikmati proses kepemimpinannya, dan akan mengimplementasikan rencana dan tujuan ke dalam proses tersebut.

3. Percaya Diri
Karakter si pemimpin tidak dapat melakukan segala rencana jika memiliki keraguan diri. Mereka mempercayai kemampuan diri sendiri, percaya diri dalam mengungkapkan pendapat, dan percaya pada kapasitas diri sebagai pemimpin.

4. Berkemauan Keras
Saat keadaan menjadi lebih sulit, mereka juga tidak akan menyerah dalam kondisi tersebut. Kepribadian si pemimpin akan tetap berusaha keras untuk mencapai tujuan mereka. Mereka puas menghadapi tantangan dari setiap rintangan dalam perjalanan menuju tujuan akhir.

5. Karismatik dan Inspiratif
Kelebihan tersebut mampu menginspirasi dan memperkuat keyakinan orang lain, yang cocok menjadi pemimpin. Orang-orang yang berada di kelompoknya akan meniru cara kerjanya untuk mencapai tujuan.

Kekurangan Kepribadian ENTJ
Ada kelebihan, tentu ada kekurangan. Berikut kekurangan kepribadian ENTJ di antaranya,
1. Keras kepala dan Dominan
Terkadang, semua kepercayaan diri dan kemauan keras bisa terlalu jauh. Karakter ENTJ terkadang sulit untuk diberi masukan ketika debat. Mereka cenderung mengutamakan visi dan misi sendiri.

2. Tidak Toleran
Orang dengan kepribadian ini tidak mendukung ide apa pun yang mengalihkan perhatian dari tujuan utamanya. Apalagi, jika ide baru didasarkan pada pertimbangan emosional. Karakter ENTJ tidak akan ragu untuk menjelaskan fakta yang ada.

3. Tidak Sabar
Beberapa orang membutuhkan lebih banyak waktu untuk berpikir daripada yang lain. Nah, hal tersebut tidak dapat ditoleransi bagi si pemikir cepat. Karakter ini akan salah mengartikan kontemplasi sebagai kebodohan atau ketidaktertarikan pada aturan yang dibuat.

Padahal, orang lain hanya membutuhkan waktu lebih lama untuk berpikir saja.

4. Sombong
Mereka suka dengan seseorang yang memiliki pemikiran cepat, keyakinan teguh, dan berkualitas. Sebaliknya, mereka akan memandang rendah orang-orang yang tidak memiliki semua hal yang disukai. Jika dilihat, karakter ENTJ tampak sombong dan terlihat suka merendahkan orang lain yang dianggap tidak setara.

5. Emosi yang Buruk
Emosi yang buruk merupakan bagian dari ekspresi emosional mereka. Karakter ini terkadang dengan tega mencemooh orang lain. Parahnya lagi, orang dengan tipe kepribadian ini sering menginjak-injak perasaan orang lain secara tidak sengaja

Apalagi ketika mereka sedang berada di bawah tekanan atau situasi emosional.

6. Dingin dan Kejam
Obsesi mereka terhadap apapun target dan keinginannya, membuat karakter ini tidak peka. Mereka cenderung tidak rasional dan tidak relevan, sehingga cenderung mengabaikan perasaan orang lain.

Fakta Menarik Kepribadian ENTJ
1. ENTJ adalah kepribadian paling langka kedua setelah INFJ
Dikutip dari 16personalities.com jumlah tipe ENTJ hanya ada 3% dari total populasi di dunia. Banyak yang menganggap kalau sampai jumlah tipe ENTJ terlalu banyak, mereka akan mendominasi tipe kepribadian lain yang lebih sensitif dan pemalu.

2. Dikenal sebagai pemimpin yang visioner
Tipe ENTJ dikenal sebagai the commander atau sering disebut pemimpin yang visioner. Orang dengan tipe kepribadian ini memiliki karisma dan rasa percaya diri yang tinggi.

Mereka ambisius dan tidak ragu menunjukkan kekuasaannya untuk dapat mencapai tujuan tertentu. ENTJ menerapkan strategi dan visi yang baik dalam usahanya. Namun, terkadang sifatnya yang ambisius membawa dampak yang tidak baik bagi ENTJ. Terkadang, mereka jadi keras kepala, intoleran, dan mudah tidak sabar.

3. Pengambil keputusan yang baik
Tipe ENTJ dikenal memiliki rasionalitas yang baik dalam mengambil keputusan. Mereka dapat menerapkan strategi dan mengambil tindakan yang tepat untuk mencapai hasil maksimal. Tipe ENTJ bersikap terbuka dalam  proses pengambilan keputusan. Sehingga mereka memahami tingkat risiko yang diambil.

4. Mudah bergaul
Sesuai dengan kepribadiannya yang extrovert, tipe ENTJ sangat menyukai interaksi dengan orang lain. Ia percaya diri dan suka berterus terang. Itulah yang menyebabkan ia memiliki relasi yang baik dengan sekitarnya. ENTJ menyukai ilmu pengetahuan. Ia juga tidak sungkan untuk membagikannya kepada orang lain.

5. Orangnya sangat terencana
Tipe ENTJ dikenal sangat terorganisir dalam melakukan perencanaan. Ia suka menyusun rencana jangka panjang berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Tipe ENTJ juga dapat membaca situasi dengan baik. Sehingga rencana yang ia susun tepat sasaran.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Kepribadian ENTJ: Pengertian, Karakteristik, Profesi yang Cocok, Tokoh, Kelebihan, Kekurangan, dan Faktanya"