MBps: Pengertian, Perbedaannya dengan Mbps, dan Contohnya

Pengertian MBps atau Mega Byte per second
MBps (Mega Byte per second)
Pengertian MBps
MBps (Mega Byte per second) adalah satuan untuk mengukur kecepatan internet dengan menggunakan satuan byte. Satuan MBps biasanya dipakai di perangkat misalnya smartphone, modem, komputer, laptop, konsol game dan perangkat lainnya.

Berikut penjabaran satuan untuk mengukur kecepatan internet di antaranya,
MBps = Mega Byte per second.
Mbps = Mega bit per second.
KBps = Kilo Byte per second.
Kbps = Kilo bit per second
B = byte.
b = bit
1 byte = 8 bit.

Perbedaan MBps dan Mbps
Berdasarkan ukuran satuan di atas, Mbps lebih kecil dibandingkan dari MBps. Misalnya, ukuran kecepatan internet 8 bit itu sama dengan 1 byte. Sebelumnya, bit adalah satuan unit data terkecil dalam komputasi digital yang pada dasarnya terdiri dari satu digit biner (bisa berupa nilai 0 ataupun 1).

Bit sendiri digunakan digunakan untuk mengukur data yang bergerak. Perbedaan MBps dengan Mbps dapat dilihat kedua kata ini hanya pada huruf 'b' dan 'B' yang kecil dan kapital. Meski demikian, makna dari Mbps dan MBps sangat berbeda jauh.

Jika Mbps biasanya digunakan untuk ISP, seperti, Indihome, Firstmedia, dan lainnya. Maka MBps biasanya dipakai di perangkat seperti smartphone, modem, komputer, laptop, konsol game dan perangkat lainnya.

Oleh karena itu, kecepatan internet yang diterima oleh Mbps dan MBps berbeda. Karena perbedaan satuan antara Mbps dan MBps, maka kedua satuan ini perlu untuk dikonversikan.

Contoh Konversi Satuan Mbps dan MBps
Diketahui: Kecepatan internet adalah 20 Mbps
Ditanyakan: Berapakah satuan 20 Mbps dalam MBps?
Jawab:
20 dibagi dengan 8.
Maka, yang dihasilkan adalah 2.5, jadi 20 Mbps sama dengan 2.5 MBps. 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "MBps: Pengertian, Perbedaannya dengan Mbps, dan Contohnya"