Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Amazon Web Services (AWS): Pengertian, Jenis Layanan, Kelebihan, Kekurangan, dan Penggunanya

Pengertian Amazon Web Services atau AWS
Amazon Web Services (AWS)
Pengertian Amazon Web Services (AWS)
Amazon Web Services (AWS) adalah layanan berbasis Cloud Computing yang di sediakan oleh Amazon sejak tahun 2002. Dari situs resminya, AWS menyediakan lebih dari 175 layanan global dari pusat data. Jika dibandingkan dengan platform lainnya, AWS menawarkan layanan yang jauh lebih variatif.

Karenanya, banyak startup dan perusahaan besar yang menggunakan layanan AWS untuk memotong pengeluaran, meningkatkan inovasi, dan tentu saja agar bisa tetap tangkas di industrinya. Fungsionalitas di dalam rangkaian layanan AWS juga sangat apik, seperti contoh variasi database yang dimiliki.

Jenis Layanan Amazon Web Services (AWS)
Layanan AWS sendiri pada dasarnya dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis di antaranya,
1. Migration (Migrasi)
2. Cloud Computing (Komputasi Awan)
3. Storage (Penyimpanan)
4. Security services (Layanan keamanan)
5. Database services (Layanan database)
6. Analytics (Analitik)
7. Management services (Layanan manajemen)
8. Internet of Things
9. Application Services (Layanan Aplikasi)
10. Deployment and Management (Penerapan dan Manajemen)

Kelebihan Amazon Web Services (AWS)
1. Skalabel dan dapat Diadaptasi
Semua biaya AWS dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, dengannya platform ini cukup populer di kalangan UMKM dan perusahaan startup. AWS juga diklaim cocok digunakan untuk membangun bisnis dari awal. Platform ini menyediakan semua alat yang diperlukan untuk memulai komputasi cloud.

Selain itu, Amazon juga menyediakan layanan migrasi berbiaya rendah sehingga semua infrastruktur Anda dapat dipindahkan dengan mudah ke AWS. Model bisnis AWS memungkinkan penggunaan sumber daya yang fleksibel. Jadi, Anda tidak perlu menghabiskan waktu melakukan anggaran biaya.

2. Aman dan Terpercaya
Soal keamanan, tentunya Amazon Web Services jauh lebih aman dibandingkan banyak perusahaan  web hosting atau bahkan Anda server sendiri. Saat ini, AWS juga memiliki puluhan data center yang tersebar di seluruh bagian dunia. Semua pusat data AWS cloud ini terus dipantau dan dipelihara dengan ketat.

Data pengguna akan disimpan dan disebar di beberapa pusat data untuk bahwa bencana yang menimpa satu wilayah tidak menyebabkan kehilangan data permanen. Selain itu, AWS juga menempatkan data center mereka di lokasi terpencil dan hanya mengizinkan akses ke personal penting dengan izin masuk tertentu.

Berkat pengalaman Amazon dalam layanan cloud, semua data di dalam data center aman dari gangguan dan dapat diperbaiki dengan mudah.

Selain itu, AWS juga mempunyai banyak kelebihan lain di antaranya,
1. Customizable. AWS memungkinkan pengguna untuk menggunakan model pemrograman, sistem operasi, database, dan arsitektur sesuai dengan kebutuhan.
2. Pay-as-you-go. Amazon web services juga memungkinkan Anda untuk membayar resources yang Anda gunakan, tanpa uang muka atau komitmen jangka panjang.
3. Managed. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk menjalankan dan memelihara server di data center.
4. Scope yang luas. Aws memungkinkan Anda untuk merilis aplikasi Anda ke beberapa wilayah di seluruh dunia hanya dengan beberapa klik.
5. Biaya terjangkau. Total biaya kepemilikan AWS lebih rendah dibandingkan dengan menyewa dedicated maupun private server.

Kekurangan Amazon Web Services (AWS)
Salah satu kekurangan dari Amazon Web Services (AWS) adalah kalau membutuhkan layanan yang cepat dan lebih mendalam, kamu harus membayar. Tak hanya itu, AWS juga memiliki permasalahan teknis seperti kontrol terbatas dan perlindungan backup yang terkadang sulit diandalkan.

Pengguna Layanan Amazon Web Services (AWS)
Banyak perusahaan ternama di berbagai belahan dunia yang menggunakan layanan AWS dalam mengembangkan bisnis merek di antaranya,
1. Adobe systems
Adobe systems menggunakan layanan AWS dalam memberikan tempat untuk menjalankan multi-terabyte bagi penggunanya yang pada sistemnya telah dilengkapi dan terintegrasi dengan layanan AWS Cloud. Adobe systems juga bisa melakukan pengembangan pada sistemnya dan dapat menjalankan sejumlah perangkat lunaknya sendiri yang dibarengi dengan mengelola berbagai infrastruktur dan tindakan deployment lainnya.

2. Airbnb
Airbnd ialah marketplace yang menyediakan jasa seputar sewa tempat penginapan yang juga menggunakan layanan AWS cloud yang bertujuan supaya pemilik bangunan dan para pengunjung dapat terhubung satu sama lain dalam sistem marketplace.

3. America online (AOL)
America online telah memilih AWS dalam melakukan peningkatan layanannya, menutup pusat data, dan mematikan server co-located serta in-house yang berjumlah sekitar 14.000. Dengan menggunakan layanan AWS, perusahaan ini juga mendapatkan sejumlah keuntungan seperti menghemat sumber daya energi hingga jutaan dollar, jangkauan global yang lebih luas, beban kerja yang terkonversi ke layanan berbasis cloud dan sebagainya.

4. Autodesk
Autodesk merupakan perusahaan multinasional yang berfokus untuk membuat dan mengembangkan berbagai perangkat lunak komputer yang dikhususkan pada industri desain, hiburan dan teknik.

Perusahaan ini menggunakan layanan amazon cloud seperti Amazon S3 dan Amazon RDS, dalam hal lainnya Autodesk juga dapat melakukan pengembangan berbagai alat untuk media pembelajaran dari software yang telah dibuat dan meningkatkan infrastrukturnya.

5. BMW
BMW menjalankan layanan AWS dalam melakukan integrasi berbagai program model terbaru ke produk mobil yang telah dibuat, salah satu contohnya ialah mengumpulkan berbagai data sensor dari produk mobil BMW seri 9 yang dirancang untuk menyediakan informasi pada pengemudi mengenai peta yang telah diupdate secara dinamis.

6. BitDefender
BitDefender merupakan perusahaan software yang berfokus pada keamanan data internet, hasil produk perangkat lunak yang banyak diketahui saat ini ialah produk khusus antivirus dengan nama Bitdefender dan anti-spyware. Perusahaan ini menggunakan layanan Amazon EC2 dalam mengatur ratusan layanan yang mengelola data hingga lima terabyte.

Dalam layanannya, BitDefender juga menggunakan fitur aws lainnya seperti Elastic Load Balancer yang digunakan dalam mengatur keseimbangan berbagai koneksi data yang masuk ke layanan tersebut dan memberikan layanan pengiriman data secara global dengan sangat baik.

7. Comcast
Comcast ialah penyedia layanan internet di negara Amerika Serikat dan salah satu perusahaan kabel terbesar di dunia yang menggunakan layanan AWS dalam lingkungan hibrid. Dari berbagai pilihan penyedia layanan cloud, perusahaan comcast menggunakan layanan AWS dikarenakan mempunyai kelebihan berupa fleksibilitas dan pembangunan infrastruktur lingkungan hibrid yang dapat diatur sesuai kebutuhan.

8. Docker
Pengguna layanan amazon web service selanjutnya ialah docker yang juga perusahaan yang menggunakan layanan berupa Amazon EC2 dalam memudahkan para developer untuk membangun, mengirim dan mengembangkan perangkat lunak.

9. General electric (GE)
General electric juga menggunakan layanan aws dalam memindahkan sekitar 9.000 layanannya termasuk 300 modul ERP yang berbeda-beda, hal ini juga diikuti oleh perusahaan ternama lainnya seperti McDonald’s, Kellogg’s, Howard Medical School, NASA dan sebagainya.

10. Canon inc
Salah satu divisi yang dimiliki perusahaan canon menggunakan layanan aws dalam sistemnya yang mempunyai sejumlah kelebihan seperti biaya yang dibutuhkan lebih kecil, jangkauan global yang lebih luas, penerapan layanan yang lebih cepat dan sebagainya.

11. Surat kabar guardian
Dalam operasinya, surat kabar guardian telah memanfaatkan berbagai layanan AWS dalam mengatur tampilan dashboard yang ditujukan pada editor untuk mengetahui tren yang sedang diminati oleh masyarakat di berbagai belahan dunia secara real time.

12. Financial times
Financial times ialah salah satu bentuk organisasi terkenal di dunia yang bergerak di bidang berita bisnis. Dalam operasinya, financial times memanfaatkan layanan Amazon Redshift dalam melakukan analisa secara mendalam dan cepat. Layanan amazon ini seringkali digunakan oleh the times dalam mengetahui berbagai pertanyaan dengan memperoleh hasil yang tepat.

13. European space agency
Walaupun sebagian besar tugas dan pekerjaan european space agency dikerjakan oleh perangkat satelit, ada beberapa sistem infrastruktur yang dibuat dengan layanan Amazon Web Services, di antaranya seperti penyimpanan data dan sistem komputasi data program yang canggih. 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Amazon Web Services (AWS): Pengertian, Jenis Layanan, Kelebihan, Kekurangan, dan Penggunanya"