Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Smart Home System: Pengertian, Manfaat, Contoh, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Smart Home System
Smart Home System
Pengertian Smart Home System
Smart home adalah rumah yang dilengkapi dengan sejumlah perangkat yang mengotomatiskan tugas-tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia. Dalam smart home pemilik rumah mengoperasikannya dengan aplikasi, perintah suara, otomatisasi, atau menggunakan kecerdasan buatan.

Sementara smart home system merupakan gabungan semua peralatan yang saling terkoneksi dalam rumah seperti kamera, komputer, tablet, televisi, sistem keamanan, peralatan, dan banyak lagi yang dapat dikontrol secara otomatis dari jarak jauh atau dari mana saja. Sistem ini menggunakan perangkat seluler atau perangkat jaringan lainnya.

Perangkat di rumah pintar saling terhubung melalui internet, memungkinkan pengguna untuk mengontrol fungsi seperti akses keamanan ke rumah, suhu, pencahayaan dari jarak jauh. Perangkat rumah pintar terhubung satu sama lain dan dapat diakses melalui satu titik kontrol seperti telepon pintar, tablet, laptop, atau konsol game.

Kunci pintu, televisi, monitor rumah, kamera, lampu, dan bahkan peralatan seperti lemari es dapat dikontrol melalui satu sistem otomasi rumah. Sistem dipasang di perangkat seluler atau jaringan lainnya, dan Anda dapat membuat jadwal waktu agar perubahan tertentu diterapkan.

Peralatan yang ada dalam rumah pintar hadir dengan berbagai keterampilan, alat-alat tersebut diberi kemampuan untuk mempelajari para pemiliknya, menyelaraskan jadwal sehari-hari, serta menyesuaikan dengan kebutuhan. Seperti memberitahukan kepada pemilik rumah saat ada hal-hal yang mencurigakan terjadi di sekitar rumahnya secara otomatis.
 
Manfaat Menggunakan Teknologi Smart Home
Menggunakan teknologi untuk kebutuhan rumah pintar tentu memiliki manfaat tersendiri, selain menjadikan rumah sebagai tempat aman dengan bantuan teknologi, pekerjaan Anda juga bisa lebih mudah dengan teknologi yang ada di rumah.

Berikut beberapa manfaat penggunaan teknologi smart home system di antaranya,
1. Kegiatan Rumah Lebih Praktis
Keunggulan yang diberikan oleh teknologi smart home membuat Anda memiliki akses untuk menggunakan fitur-fitur yang ada dalam satu genggaman. Kemudahan yang ada seperti mematikan lampu, televisi, menutup gorden menggunakan telepon pintar.

2. Menjamin Keamanan
Keamanan rumah ataupun apartemen Anda lebih terjaga dengan bantuan teknologi smart home, Anda bisa memasang CCTV dan mengeceknya menggunakan smartphone atau dengan menambahkan perangkat keamanan smart lock pada pintu rumah.

3. Ramah Lingkungan
Fitur utama dan paling penting dari teknologi ini adalah untuk memberikan perlindungan sumber daya serba terbatas yang ada di bumi. Semakin banyak yang sadar untuk menciptakan rumah cerdas dengan teknologi rumah pintar, maka semakin terjaga lingkungan yang tersisa.

4. Hemat Energi
Perangkat elektronik yang mudah dikontrol dengan bantuan smartphone bisa membuat Anda lebih menghemat listrik di dalam rumah sehingga tidak terbuang secara percuma.
 
Contoh Teknologi Smart Home System
1. Solusi Pencahayaan Cerdas
Anda mungkin tidak menyadarinya, namun teknologi pintar telah mengintegrasikan hampir setiap aspek kehidupan di dalam rumah, termasuk pencahayaan. Anda bisa mengontrol waktu hidup dan mati lampu rumah Anda, memprogramnya sesuai jadwal dari mana saja berada sehingga membuat Anda mampu melakukannya tanpa harus pulang langsung ke rumah. Salah satu contohnya terdapat pada lampu dengan merek Holî Sleep Companion.
 
Bola lampu pintar ini dirancang khusus untuk membangunkan Anda secara alami dengan warna biru yang disetel secara khusus yang mengurangi tingkat melatonin dalam tubuh Anda juga dilengkapi dengan mode lain untuk membantu Anda tertidur lebih cepat. Pada dasarnya, produk ini tidak hanya akan menerangi ruangan Anda, tetapi membantu Anda merasa lebih baik dalam waktu yang lama.

2. Peralatan Rumah Tangga Cerdas
Dengan teknologi rumah pintar, peralatan Anda menjadi lebih nyaman, aman, dan efisien. Peralatan rumah tangga pada umumnya tidak memiliki interaksi dengan penggunanya, contohnya ketika Anda membeli mesin pemanggang roti. Anda akan menggunakannya secara manual, saat rusak Anda tinggal menggantinya dengan yang baru.
 
Berbeda jika menggunakan teknologi smart home system, peralatan tersebut bisa Anda beri perintah sederhana bahkan hanya dengan suara. Alat tersebut akan menerima perintah yang Anda katakan dan melakukan tugas sesuai yang dikatakan.

Demikian juga setelah menjalankan perintah Anda, peralatan tersebut akan memberikan pemberitahuan yang bisa Anda mengerti. Hal ini menimbulkan interaksi antara Anda dengan peralatan tersebut.

3. Kunci Pintu Cerdas
Banyak sekali contoh baru dari teknologi rumah pintar yang memberikan kenyamanan, keamanan, konektivitas, dan ketenangan pikiran bagi pemilik rumah, tetapi tidak ada yang merasa sepenting dan mengubah hidup seperti kunci pintar baru ini. Anda bisa menggunakan dan mengunci pintu rumah tanpa menggunakan kunci secara fisik, entah itu dengan akses kode atau berbagai simbol hingga dengan hanya menggunakan sidik jari biometrik.
 
Selain itu Anda juga bisa mengontrol jadwal dan orang-orang yang bisa masuk dengan akses yang mereka miliki, seperti pengurus rumah tangga yang hanya bisa masuk dan keluar dalam waktu pagi hingga siang hari dan pengasuh bayi yang memiliki jadwal kerja pada sore hingga malam hari sehingga akses mereka akan otomatis ditolak jika tidak sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

4. Jendela Rumah Cerdas
Teknologi rumah pintar berfungsi untuk menjadikan rumah kita lebih nyaman dan aman untuk ditinggali, salah satu teknologi itu kini juga terdapat di jendela. Teknologi yang membuat Anda menghemat uang untuk membeli gorden baru sebagai alternatif untuk menghindari sinar matahari langsung masuk ke dalam rumah, jendela cerdas ini bisa otomatis menutup seperti gorden dengan bantuan perangkat seluler. Anda hanya perlu mengklik pengaturan untuk membuka dan menutupnya dengan mudah.

5. Kontrol Jarak Jauh Cerdas
Salah satu teknologi dalam rumah pintar bisa adalah pengaturan kontrol dari jarak jauh, Anda bisa menggunakan remote dalam ponsel yang dimiliki. Kontrol penuh terkait Air Conditioner, pintu, lampu, televisi, jendela, bahkan kulkas dan barang elektronik lain bisa Anda lakukan dengan satu klik.

Selain bisa digunakan secara manual, Anda bisa mengaksesnya meski dari luar rumah. Bahkan Anda bisa mengakses perangkat tersembunyi yang ada di dalam rumah Anda.

Kelebihan Smart Home System
Daripada mengontrol peralatan, termostat, pencahayaan, dan fitur lainnya menggunakan perangkat yang berbeda, pemilik rumah dengan smart home system dapat mengontrol semuanya menggunakan satu perangkat yang biasanya menggunakan smartphone atau tablet.

Karena smart home system terhubung ke perangkat portabel, pengguna bisa mendapatkan pemberitahuan dan pembaruan tentang masalah di rumah mereka. Misalnya, smart doorbeels memungkinkan pemilik rumah untuk melihat dan berkomunikasi dengan orang-orang yang datang ke rumah mereka bahkan ketika mereka tidak di rumah.

Dengan smart home system, pemilik rumah dapat mengatur dan mengontrol suhu internal, pencahayaan, dan juga peralatan lainnya. Untuk biayanya, pemilik rumah bisa mendapatkan keuntungan dari penghematan biaya yang signifikan. Peralatan elektronik dapat digunakan lebih efisien, di mana hal tersebut dapat menurunkan biaya energi.

Kekurangan Smart Home System
Risiko keamanan dan bug terus mengganggu pembuat dan pengguna teknologi. Peretas yang mahir misalnya, dapat memperoleh akses ke peralatan smart home system yang terhubung di internet.

Pada Oktober 2016, sebuah botnet bernama Mirai menyusup ke perangkat DVR, kamera, dan router yang saling terhubung untuk menjatuhkan sejumlah situs web utama melalui serangan penolakan layanan, yang juga dikenal sebagai serangan DDoS.

Langkah-langkah untuk mengurangi risiko serangan tersebut termasuk melindungi peralatan dan perangkat smart home system dengan kata sandi yang kuat, menggunakan enkripsi jika tersedia, dan hanya menghubungkan perangkat terpercaya ke jaringan seseorang.

Selain itu, biaya pemasangan smart home system juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Smart Home System: Pengertian, Manfaat, Contoh, Kelebihan, dan Kekurangannya"