Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sumber Daya Alam Non Konvensional: Pengertian dan Contohnya

Pengertian Sumber Daya Alam Non Konvensional dan Contohnya
Sumber Daya Alam Non Konvensional

Pengertian Sumber Daya Alam Non Konvensional
Sumber daya alam non konvensional adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui kembali. Energi non konvensional berasal dari alam, akan tetapi untuk menggunakan harus diolah dan melalui teknologi. Pengembangan energi non konvensional dilakukan untuk mengganti sumber energi konvensional yang tidak bisa diperbaharui kembali.

Contoh Sumber Daya Alam Non Konvensional
1. Energi Matahari
Matahari merupakan sumber energi yang tidak dapat habis. Pemanfaatan energi matahari sebenarnya  telah lakukan misalnya  untuk mengeringkan jemuran. selain itu, pengubahan energi matahari menjadi Energi listrik mempunyai prospek yang baik karena energi listrik dapat diubah bentuknya sesuai dengan keperluan. Energi matahari juga dapat diubah menjadi energi panas yang dapat digunakan dalam bentuk kompor.

2. Energi Panas Bumi
Energi geothermal atau energi panas bumi adalah energi yang berasal dari inti bumi. Inti bumi merupakan bahan yang terdiri atas berbagai jenis logam dan batu yang berbentuk cair yang memiliki suhu tinggi. Energi geothermal yang dapat dimanfaatkan saat ini ialah panas bumi yang berasal dari magma.

Pada dataran tinggi yang mempunyai gunung berapi, biasanya terdapat sumber-sumber air panas (geyser). Bila yang menyembur keluar itu uap air panas, adalah sangat menguntungkan karena dapat  memutar turbin uap. Turbin ini dikaitkan dengan generator pembangkit listrik. Dengan begitu kita akan memperoleh energi listrik yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

3.  Energi Angin
Energi angin dapat dimanfaatkan, misalnya untuk mendorong kapal layar, menggerakkan mesin, atau menghasilkan energi listrik (Misalnya kincir angin). Pemanfaatan energi angin yang dirubah menjadi listrik sangat menguntungkan untuk daerah yang memang terdapat angin yang banyak.

4. Energi Pasang Surut
Energi pasang surut adalah suatu energi yang bersumber dari tenaga yang ditimbulkan oleh daya tarik antara bumi dengan bulan. Daya tarik antara bumi dengan bulan akan membuat bagian bumi yang berhadapan dengan bulan tertarik, sedangkan bagian yang lain tidak. Bagian yang tertarik itu mengakibatkan air laut menjadi pasang. Energi pasang surut tidak ada batasnya, selama bulan masih berfungsi sebagai satelit yang mengelilingi bumi.

Energi pasang surut dimanfaatkan dengan menggunakan dam yang memiliki pintu air yang dapat diatur pembukaannya. Ketika air laut pasang, maka air laut masuk ke dalam dam melalui pintu air laut dan ketika air surut maka air laut akan keluar juga melalui pintu air yang sama. Di pintu air tersebut dipasang turbin yang dapat menggerakkan generator listrik.

5. Energi Biogas
Biogas adalah suatu gas yang berasal dari sisa-sisa makhluk dan diuraikan oleh mikroba melalui proses penguraian. Bakteri diperoleh dari kotoran hewan yaitu kerbau atau sapi. Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan biogas yaitu batang pohon jagung, jerami, sisa ampas kelapa, dan tumbuhan lainnya.

Supaya proses penguraian dapat berjalan cepat, maka sampah organik tersebut dipotong-potong dan pada suhu 35-37 derajat celcius. Proses pembuatan biogas harus dilakukan di tempat yang tertutup rapat, agar tidak kemasukkan udara karena mikroba penguraian sangat peka terhadap oksigen. Biogas yang kaya akan metan tersebut dapat dibakar dan digunakan untuk keperluan memasak.

6. Energi Biomassa
Biomassa adalah sumber energi yang dibuat dengan mengkonversi bahan biologis berupa sampah-sampah organik sebagai sisa-sisa produksi pertanian. Pembuatan energi biomassa yaitu dengan membakar biomassa tersebut di dalam tungku pembakar.

Panas yang timbul digunakan untuk mendidihkan air, dan dari mendidih itu timbul uap yang dapat digunakan untuk menggerakkan turbin uap. Selanjutnya turbin ini dapat menggerakkan generator listrik.

Apabila masih ada tumbuhan ataupun mikro dan makroorganisme, maka energi biomassa akan tetap bisa diproduksi. Penggunaan energi biomassa dapat dijadikan alternatif dari terbatasnya energi yang tidak dapat diperbaharui.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Sumber Daya Alam Non Konvensional: Pengertian dan Contohnya"