Pengertian Robotic Process Automation, Manfaat, dan Contohnya

Pengertian Robotic Process Automation atau RPA
Robotic Process Automation atau RPA

A. Pengertian RPA (Robotic Process Automation)
RPA (robotic process automation) adalah sebuah teknologi canggih yang dapat menerapkan otomatisasi pada proses bisnis melalui alat-alat RPA. Umumnya segala otomatisasi proses bisnis membutuhkan tenaga manual, dengan RPA maka sebuah perusahaan bisa merancang software dalam bentuk bot.

RPA pada dasarnya adalah sebuah konsep teknologi yang menggunakan robot untuk membantu manusia dalam melakukan pekerjaan yang bersifat repetitif. RPA merupakan software yang mampu meniru aktivitas manusia di dalam komputer dengan kecepatan dan akurasi sampai 100%.

B. Manfaat Penggunaan RPA (Robotic Process Automation)

Manfaat Penggunaan RPA atau Robotic Process Automation
Robotic Process Automation (RPA)
McKinsey menyebutkan, bahwa perusahaan yang telah melakukan implementasi RPA akan mendapatkan manfaat di antaranya,
1. Reduce Cost. Dengan mengotomasi tugas-tugas rutin karyawan, RPA akan  mencapai  penghematan biaya operasional mencapai 30% di atas output produktivitas yang dihasilkan
2. Better customer experiences. Dengan mengimplementasikan RPA akan memberikan manfaat nyata bagi sumber daya perusahaan untuk tetap fokus pada kepuasan pelanggan.
3. Lower operational risk. RPA akan membantu perusahaan untuk menurunkan  risiko human error yang terjadi karena kurangnya pengetahuan dalam mengoperasikan sistem.
4. Improved internal processes. RPA akan membantu perusahaan untuk meningkatkan proses pelaporan menjadi lebih cepat, onboarding employee lebih cepat dan kegiatan internal. Dengan meningkatkan kemampuan robot melalui Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) maka perusahaan akan  dipaksa untuk mendefinisikan prosedur tata kelolanya dengan jelas.

RPA tidak menggantikan sistem IT legacy yang berjalan saat ini, namun dengan  RPA akan meningkatkan sistem IT yang ada.

C. Contoh Penerapan RPA (Robotic Process Automation)
Teknologi RPA dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya proses transaksi pembayaran di jalan tol dan parkiran. Pada sebuah case study yang  dikeluarkan oleh Infosys, implementasi RPA dapat menghasilkan penurunan Full Time Equivalent (FTE) sebesar 50%, dan menurunkan pekerjaan manual sebesar 58%. Namun RPA bukan ada untuk menggantikan peran manusia di dalam korporasi perusahaan, tetapi RPA bertujuan untuk meningkatkan outcome dari karyawan, sehingga robot akan menjadi asisten yang efektif dan powerfull.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Robotic Process Automation, Manfaat, dan Contohnya"