Pengertian Mockup, Fungsi, Model Anatomi, dan Keuntungannya

Table of Contents
Pengertian Mockup
Mockup

A. Pengertian Mockup

Mockup adalah media visual yang digunakan untuk melihat preview sebuah konsep desain yang kemudian diberikan efek visual sehingga hasil gambar terlihat menyerupai wujud yang sebenarnya. Mockup juga diartikan sebagai gambaran mid-fidelity ataupun high-fidelity yang menggambarkan pilihan warna desain, layout, tipografi, iconography, visual navigasi, dan keseluruhan tampilan produk yang didesain.

Baca Juga: Pengertian Desain Produk, Ruang Lingkup, Tujuan, Fungsi, dan Jenisnya

Dalam proses desain dan pengembangan produk, mockup adalah visualisasi sebuah konsep desain. Dengan menggunakan mockup, seorang desainer dapat melihat gambaran desain sebelum diaplikasikan menjadi benda yang nyata. Dengannya, ia bisa mengetahui apakah desainnya cocok atau tidak sebelum dicetak atau masuk tahap produksi.

Selain itu, dengan mockup, desain akan terlihat nyata dan lebih menarik berkat variasi 2 dan 3 dimensi. Tampilannya yang menarik dan terkesan modern cocok digunakan saat presentasi ataupun dimasukkan ke dalam graphic standard manual yang dikenal dengan sebutan buku GSM.  

B. Fungsi Mockup

1. Perkiraan waktu pengembangan
Mockup adalah tahap penting agar front-end developer tidak kesulitan untuk memperkirakan berapa lama proses pengembangan produk akan berjalan. Meskipun berupa gambaran statis, tetapi mockup dapat menjelaskan bagian-bagian yang akan didesain bergerak atau menggunakan animasi.

Dibanding langsung masuk ke proses coding, akan lebih cepat jika menggunakan mockup terlebih dahulu sehingga developer bisa tahu berapa waktu yang dibutuhkan untuk menerjemahkan desain mockup menjadi produk nyata.

2. Coding HTML
Para front-end developer membutuhkan mockup untuk mengetahui warna, bentuk, font, serta elemen lain dalam desain yang diinginkan dan menerjemahkannya ke dalam kode. Tanpa mockup, akan sulit untuk mengetahui itu semua dan proses perancangan akan menjadi lebih lama.

3. Mendatangkan investor
Mockup adalah cara awal agar sebuah rancangan produk dilirik investor. Tanpa desain mockup yang bagus dan rinci, investor tidak akan tahu seberapa besar potensi situs atau aplikasi yang Anda rencanakan, dan tentu saja akan sulit untuk merealisasikan sebuah proyek tanpa investor dan dana yang cukup.

4. Kenyamanan pengguna
Situs atau aplikasi buatanmu harus terlihat bagus. Selain itu, pengguna harus bisa menemukan apa yang mereka cari dengan mudah dan bernavigasi tanpa kesulitan. Tahap paling mudah untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna dan keselarasan fitur serta desain yang dirancang adalah mockup, oleh karena itu mockup sangatlah penting.

C. Model Anatomi Mockup

Saat membuat model desain UI/UX, anatomi model adalah beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan. Berikut contoh model dan bagian-bagiannya,
1. Tata letak konten
Pertimbangkan cara menampilkan konten dalam desain model, seperti pertukaran antara mode F, mode Z, kartu, atau teks. Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan ukuran setiap konten pada antarmuka dan berapa banyak konten yang ingin Anda tampilkan di layar sekaligus.

2. Kontras
Perbandingan antar muka situs atau aplikasi penting untuk menunjang kenyamanan pengguna. Tanpa kontras yang baik, pengguna akan kesulitan membaca teks yang ditampilkan. Anda dapat menggunakan alat perbandingan warna untuk menguji keterbacaan teks atau teks yang ditampilkan di situs web atau aplikasi.

3. Warna
Warna memengaruhi perasaan pengguna di situs web atau aplikasi Anda. Oleh karena itu, penting untuk benar-benar mempertimbangkan warna yang tepat dari produk yang Anda kembangkan sehingga dapat mewakili suasana yang ingin Anda ciptakan. Penentuan warna dalam proses pemodelan merupakan aspek penting untuk memastikan kenyamanan pengguna.

4. Pengaturan huruf
Melalui prototype, Anda dapat dengan bebas mencoba berbagai font, berbagai ukuran, gaya, spasi, dan lain-lain untuk mendapatkan tampilan yang paling sesuai.

5. Spasi
Ruang atau ruang kosong dalam desain model tidak berarti harus diisi. Ruang putih sebenarnya adalah elemen desain yang hebat. Desain harus memiliki ruang kosong untuk memudahkan pengguna membaca konten yang ditampilkan sehingga tidak bosan membaca konten pada antarmuka.

6. Navigasi
Pengguna harus dapat dengan mudah menelusuri situs atau aplikasi yang Anda kembangkan, sehingga desain navigasi sangat penting. Desain navigasi yang sederhana memungkinkan semua orang untuk memahami, mencampur warna, tipografi, dan spasi, memungkinkan pengguna untuk berinteraksi lebih baik dengan semua elemen.

D. Keuntungan Mockup

1. Mempermudah pemangku kepentingan
Menurut UXPin, model tersebut menggunakan gambar high-fidelity, yang merupakan rencana desain yang sudah menampilkan informasi detail dan menunjukkan dengan jelas bagaimana situs atau aplikasi akan dibuat.

Oleh karena itu, model merupakan cara sederhana bagi para pemangku kepentingan untuk dengan mudah melihat dan memahami produk akhir yang akan dibuat. Sebelum memasuki proses selanjutnya, para pemangku kepentingan juga dapat memberikan komentar dan kritik tentang desain.

2. Berikan tampilan yang realistis
Melalui desain model, desainer UI dan UX dapat melihat bagaimana semua elemen desain bekerja serealistis mungkin untuk menyerupai produk akhir yang direncanakan. Masalah yang mungkin terjadi selama penggunaan produk dapat dilihat melalui desain prototipe. Sulit untuk mengetahui hal ini hanya melalui desain di atas kertas, seperti pilihan warna yang tidak konsisten dan kesulitan navigasi.

3. Mudah diperbaiki
Sebelum desain memasuki tahap pengkodean, desainer lebih mudah untuk memperbaiki kesalahan atau cacat pada desain. Saat memasuki fase coding, perbaikannya akan lebih rumit. Jika pengembang web tahu bahwa desain yang mereka kodekan sepenuhnya final, mereka akan dapat membuat kode desain dengan bebas design

4. Hemat anggaran
Dengan memastikan tidak terjadi kesalahan saat desain selesai, jika melalui proses desain produk tanpa model, maka biaya produksi akan lebih murah daripada harus memperbaiki desain dan re-code dari awal. Uang yang dihemat karena perencanaan yang baik dapat digunakan di sektor produksi lainnya.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment