Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Gamification, Elemen, Manfaat, Contoh, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Gamification, Elemen, Manfaat, Contoh, Kelebihan, dan Kekurangannya


A. Pengertian Gamification

Gamification adalah aplikasi teknik dan konsep game ke dalam strategi pemasaran. Gamification juga dapat diartikan sebagai proses mengintegrasikan mekanika permainan pada program-program yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi, engagement, dan loyalitas.

Gamification dapat dilakukan pada hampir semua bagian seperti marketing social media, operasi bisnis harian, produktivitas karyawan, dan lainnya. Gamification memasukan elemen-elemen permainan dalam proses-proses yang bukan permainan dengan tujuan untuk membuat pengerjaannya lebih menyenangkan dan interaktif.

Proses tersebut mengenal adanya kompetisi, poin, pencapaian, aturan main, status, dan ekspresi-ekspresi “pemainnya” untuk mendapatkan feedback yang positif. Saat ini, gamification merupakan tren baru dalam dunia marketing yang sedang sangat populer.
 
Lebih dari 70% perusahaan besar di dunia telah meluncurkan paling tidak satu aplikasi dengan gamification pada akhir tahun 2014. Angka ini terus menanjak setiap tahunnya, karena strategi gamification dipercaya mampu meningkatkan engagement hingga 150%.

B. Elemen Gamification
Agar dapat menghasilkan strategi gamification yang sukses, setidaknya terdapat tiga hal penting di antaranya,
1. Poin
Poin adalah suatu cara sederhana yang mana setiap pengguna akan memperoleh suatu hadiah ataupun imbalan saat selesai melakukan sesuatu. Contohnya adalah pemberian poin dalam jumlah tertentu saat mereka  melakukan pembayaran non tunai bila tujuannya adalah meningkatkan sistem pembayaran non tunai. Poin yang diterima oleh pelanggan nantinya bisa dikumpulkan agar bisa melakukan pembelian selanjutnya ataupun mengklaim hadiah lain.

2. Lencana
Lencana ini bisa diberikan sebagai suatu bentuk apresiasi saat pelanggan mampu mencapai poin tertentu, seperti jika telah mencapai suatu level saat selesai melakukan permainan berkali-kali atau melakukan pembelian setelah beberapa kali.

3. Papan peringkat
Leaderboard atau papan peringkat adalah suatu metode yang memudahkan setiap pelanggan untuk melihat hasil posisinya dengan dibandingkan pengguna lainnya berdasarkan skor yang sudah didapatkan. Hal tersebut mampu membuat pelanggan merasa semakin kompetitif dan terus menerus berkompetisi dengan pelanggan lain.

C. Manfaat Gamification
Salah satu manfaat dari gamification adalah membuat sales funnel menjadi lebih baik. Karena menarik, gamification cukup berkesan bagi banyak orang dan dapat menimbulkan brand awareness. Jika orang-orang sudah mengetahui brand Anda dan terus memikirkannya, mereka akan penasaran dan mulai berlangganan atau melakukan pembelian. Pada akhirnya, konsumen potensial dapat dikonversi menjadi pelanggan tetap lewat gamification.

D. Contoh Gamification
Salah satu gamification yang sangat populer adalah Goyang Shopee. Goyang Shopee adalah permainan yang juga merupakan kampanye marketing yang menarik dan disenangi banyak orang karena hadiahnya yang menarik, yaitu koin Shopee. Koin Shopee diperoleh dengan menggoyangkan perangkat dan hasilnya dapat dibelanjakan sebagai potongan harga barang.

Contoh lainnya yang juga pasti diketahui banyak orang adalah GoPoints yang mengajak pengguna untuk melakukan swipe agar mendapatkan poin setiap menggunakan jasa Gojek. Poin yang dikumpulkan dapat ditukarkan menjadi voucher potongan harga berbagai layanan Gojek.

E. Kelebihan dan Kekurangan Gamification
1. Kelebihan
Gamification adalah salah satu cara meningkatkan engagement pelanggan, calon pelanggan, dan rekan bisnis. Memberikan mereka hadiah lewat game dapat meningkatkan loyalitas dan opini positif mengenai brand atau produk. Tak hanya itu, gamification memberikan kesan pencapaian dan kompetisi bagi pengguna.

Orang-orang cenderung mau dipandang dan mendapatkan imbalan setelah melakukan pekerjaan yang baik atau menang dari orang lain. Oleh karena itu, gamification adalah cara meningkatkan engagement yang tepat.

Yang terakhir dan tak kalah bermanfaat, gamification juga membantu prospek mengenali satu sama lain. Dengan gamification, Anda dapat membuat segmentasi calon konsumen agar penawaran pemasaran dapat diberikan dengan lebih tepat.

2. Kekurangan
Gamification bisa jadi kurang efektif jika terlalu umum. Untuk membuat gamification yang menarik, penting untuk menyeimbangkan antara aspek kolaborasi dan kompetisi. Kemudian, jangan paksakan pengguna untuk bermain, karena jika tidak dilakukan dengan sukarela akan jadi kurang seru maupun berkesan.

Kadang, kekurangan lainnya mengenai gamification adalah sulitnya untuk membuat permainan sederhana tetap menarik untuk waktu yang lama.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Gamification, Elemen, Manfaat, Contoh, Kelebihan, dan Kekurangannya"