Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahasa Pemrograman C++: Pengertian, Sejarah, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Bahasa Pemrograman C++
Bahasa Pemrograman C++
Pengertian Bahasa Pemrograman C++
C++ adalah bahasa pemrograman hasil pengembangan bahasa C. C++ bisa dipakai untuk membuat berbagai aplikasi (general-purpose programming language) seperti antivirus, software pengolah gambar (image processing), aplikasi pengolah kata (word processing), hingga untuk membuat compiler bahasa pemrograman lain.

C++ merupakan bahasa pemrograman komputer yang dibuat oleh Bjarne Stroustrup, yang merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bell Labs (Dennis Ritchie). Pada awal tahun 1970-an, bahasa itu merupakan peningkatan dari bahasa sebelumnya, yaitu B.

Sejarah Bahasa Pemrograman C++
C++ ini adalah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh ahli komputer bernama Bjarne Stroustrup, pada tahun 1980-an awal. Sejarah C++ merupakan perkembangan dari bahasa C, dibuat di laboratorium yang sama yaitu Bell Labs.
 
Fitur-fitur yang disematkan pada bahasa C++ dibuat sedemikian rupa agar efisien dan mendukung pemrograman tingkat rendah (low level coding). Sehingga, banyak universitas yang menggunakan bahasa C++ sebagai bahasa wajib dalam pembelajaran pemrograman pemula.

Dari bahasa pendahulunya, yaitu bahasa C, pada bahasa C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat inheritance serta overloading, dikutip dari Modul Pengenalan Bahasa C++, Algoritma Permograman, Integrated Development, Equipment (IDE) Visual C++ dan Dasar Dasar C++, terbitan Universitas Negeri Malang.

Perbedaan lain yang paling mendasar dari bahasa C dan C++ ada pada dukungan konsep pemrograman berorientasi objek atau Object Oriented Programming.
 
Kelebihan Penggunaan Bahasa Pemrograman C++
C++ dibuat untuk mengompilasi kode yang ramping dan efisien, sambil tetap dapat memberikan abstraksi tingkat tinggi untuk mengelola proyek pengembangan besar dengan lebih baik. Berikut beberapa kelebihan penggunaan bahasa pemrograman C++ yang populer di antara programmer di antaranya,
1. Berorientasi pada objek
Konsep OOP (Object-Oriented Programming) seperti polimorfisme, enkapsulasi, pewarisan, dan abstraksi memberi C++ keuntungan terbesar dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. Ini terbukti sangat penting karena fitur ini tidak ada di bahasa asli C, yang dapat membantu pengguna untuk memperlakukan data sebagai objek dan kelas.

2. Cepat, kuat dan bisa diandalkan
Karena C++ adalah bahasa pemrograman berbasis compiler, programmer tidak perlu menginstal runtime khusus saat menjalankan program. Oleh karena itu, bahasa C++ ini dapat diinterpretasikan sebelumnya yang akhirnya membuat kode lebih cepat dan lebih kuat. Bahkan kompilasi dan eksekusinya lebih cepat sehingga memungkinkan untuk membuat beberapa jenis program mulai dari game hingga driver sampai GUI yang terkenal rumit.

3. Portabilitas yang baik
C++ menyediakan fitur portabilitas yang memungkinkan programmer untuk mengembangkan kode tanpa mempedulikan perangkat keras. Karena kepraktisannya ini memungkinkan pengembang dalam memindahkan pengembangan program dari satu platform ke platform lainnya. Programmer yang bekerja di Windows juga bisa membuka kode dan bekerja di Linux, ini adalah contoh yang membuat C++ semakin populer.

4. Mirip bahasa lain dan mudah dipelajari
Karena adanya kemiripan sintaks C++ yang mirip dengan C#, C, dan Java, membuat belajar C++ lebih mudah jika Anda sudah mengetahui salah satu bahasa ini. Di samping juga membuat peralihan ke dan dari bahasa lain juga menjadi lebih mudah. Kelebihan lainnya adalah C++ sangat kompatibel dengan program C yaitu setiap program C yang berjalan dapat dijalankan sebagai program C++.

5. Mempunyai dukungan dan komunitas tersendiri
Bahasa populer ini juga mempunyai dukungan dan komunitasnya tersendiri. Sebuah komunitas sangat penting jika programmer ini mendapatkan dukungan dan mencari bantuan. Semakin besar ukuran komunitas, semakin banyak bantuan yang Anda dapatkan untuk memecahkan masalah Anda. selain itu, tak jarang juga komunitas besar juga menyediakan kursus dan pembelajaran online untuk anggota maupun pengguna bahasa C++.
 
Kekurangan Penggunaan Bahasa Pemrograman C++
Terlepas dari berbagai kelebihan di atas, C++ juga mempunyai kekurangan di antaranya,
1. Tidak aman
Adanya pointer, variabel global, dan lain- lain adalah alasan utama dibalik masalah keamanan ini. Faktor- faktor ini berarti mungkin untuk merusak seluruh program hanya dengan menggunakan bagian dari memori sebagai jenis yang salah yang membuat C++ bisa menjadi tidak aman.

2. Kurang fleksibel
C++ sangat ketat mengenai sintaks, sedikit saja celah terbuka akan memberikan serangkaian kesalahan. Di samping itu tidak mudah juga untuk menulis kode C++ dengan cara yang mudah dibaca, membuat bahasanya kurang ramah pengguna dan kurang fleksibel bagi pengguna sehingga akan membutuhkan waktu untuk menguasai C++ jika dibandingkan dengan bahasa lain.

3. Sangat kompleks
Pemrograman C++ adalah bahasa multiparadigma, yaitu pemrograman berorientasi objek dengan polimorfisme runtime, template, dan polimorfisme statis, beberapa dukungan untuk pemrograman fungsional. C++ tidak berguna untuk aplikasi yang bergantung pada platform dan karenanya rumit dalam program tingkat tinggi yang sangat besar membuatnya menjadi kompleks untuk dipelajari dalam waktu singkat.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Dani Ramdani
Dani Ramdani Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Bahasa Pemrograman C++: Pengertian, Sejarah, Kelebihan, dan Kekurangannya"