Pengertian Silent Generation

Pengertian Silent Generation
Silent Generation

Silent Generation adalah generasi yang lahir dari pertengahan hingga akhir tahun 1920-an hingga awal hingga pertengahan 1940-an, saat berusia 80 tahun lebih dan rata-rata sudah pensiun. Generasi ini dikenal juga sebagai Veteran atau Tradisionalis.

Generasi ini mengalami berbagai kejadian besar, seperti Great Depression, Pearl Harbor, dan awal terjadinya Perang Dunia II. Akibatnya, sebagian besar Veteran percaya pada konsep ‘duty before pleasure’. Para veteran ini cenderung memiliki tanggung jawab yang besar, patriotik, dan sanggup menjadikan kewajibannya sebagai prioritas yang jauh lebih penting daripada bersenang-senang.

Sementara akibat dari krisis ekonomi global, mereka pun harus merasakan hidup dengan kondisi serba kekurangan. Pengalaman tersebut menjadikan mereka sangat berhati-hati dan cenderung konservatif dalam menggunakan uang.

Orang tua dari generasi ini kebanyakan berasal dari Lost Generation (Generasi yang ada pada saat perang dunia I). Generasi ini tumbuh dengan sebuah anggapan bahwa kehidupan yang mereka miliki di masa depan akan sulit untuk dijalani.

Generasi ini juga disebut sebagai Silent Generation atau generasi pendiam karena sebagai kelompok mereka tidak berani untuk menyuarakan pendapat atau suara mereka akan suatu hal. Generasi ini merasa bahwa menyuarakan suara atau pendapat adalah hal yang berbahaya bagi diri mereka sendiri.
 

Lihat Juga: 

1. Pengertian Generasi Alpha dan Karakteristiknya

2. Pengertian Generasi Y dan Karakteristiknya

3. Pengertian Generasi X, Ciri, Peninggalan, Kelebihan, dan Kekurangannya

4. Pengertian Generasi Z, Karakteristik, Faktor Pembentuk, dan Perilakunya dalam Dunia Kerja

5. Pengertian Generasi Baby Boomer, Karakteristik, Kelebihan, dan Kekurangannya

Dari berbagai sumber 

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Silent Generation"