Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Silent Generation

Pengertian Silent Generation


Silent Generation adalah generasi yang lahir dari pertengahan hingga akhir tahun 1920-an hingga awal hingga pertengahan 1940-an, saat berusia 80 tahun lebih dan rata-rata sudah pensiun. Generasi ini dikenal juga sebagai Veteran atau Tradisionalis.

Generasi ini mengalami berbagai kejadian besar, seperti Great Depression, Pearl Harbor, dan awal terjadinya Perang Dunia II. Akibatnya, sebagian besar Veteran percaya pada konsep ‘duty before pleasure’. Para veteran ini cenderung memiliki tanggung jawab yang besar, patriotik, dan sanggup menjadikan kewajibannya sebagai prioritas yang jauh lebih penting daripada bersenang-senang.

Sementara akibat dari krisis ekonomi global, mereka pun harus merasakan hidup dengan kondisi serba kekurangan. Pengalaman tersebut menjadikan mereka sangat berhati-hati dan cenderung konservatif dalam menggunakan uang.

Orang tua dari generasi ini kebanyakan berasal dari Lost Generation (Generasi yang ada pada saat perang dunia I). Generasi ini tumbuh dengan sebuah anggapan bahwa kehidupan yang mereka miliki di masa depan akan sulit untuk dijalani.

Generasi ini juga disebut sebagai Silent Generation atau generasi pendiam karena sebagai kelompok mereka tidak berani untuk menyuarakan pendapat atau suara mereka akan suatu hal. Generasi ini merasa bahwa menyuarakan suara atau pendapat adalah hal yang berbahaya bagi diri mereka sendiri.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Silent Generation"