Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian OEM, Karakteristik, Perbedaan, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian OEM, Karakteristik, Perbedaan, Kelebihan, dan Kekurangannya


A. Pengertian OEM (Original Equipment Manufacturer)

OEM (Original Equipment Manufacturer)/Produsen peralatan asli adalah suatu perusahaan yang memproduksi produk atau komponen yang kemudian dibeli oleh perusahaan lain ataupun ritel dengan memakai merek dagang dari perusahaan pembeli tersebut. Produk OEM merujuk pada perusahaan OEM, yakni perusahaan yang membangun sebuah komponen yang kemudian dijual kembali untuk pembuatan produk baru dengan nama atau brand berbeda.

Umumnya terdapat tiga jenis kualitas produk yang dijual di pasaran yaitu original, OEM, dan KW. Produk original merupakan produk yang dijual langsung oleh produsen atau pembuatnya, sesuai dengan standardisasi dari perusahaannya. Sedangkan produk OEM merupakan produk yang memiliki kualitas sama dengan produk originalnya tetapi memiliki standardisasi yang berbeda. Sedangkan produk KW atau biasa disebut replika merupakan produk yang dibuat semirip mungkin dengan produk originalnya.

Produk OEM banyak dijumpai pada produk gadget, perangkat komputer, komponen otomotif, dan berbagai jenis produk lainnya. Misalnya pada perangkat komputer, perusahaan-perusahaan yang membangun sistem komputer seperti Dell, Asus, Toshiba, Acer, dan lainnya merupakan perusahaan retail produk OEM. Pada software komputer, Microsoft merupakan salah satu contoh produk OEM yang populer. Dalam hal ini, Microsoft adalah perusahaan produsen produk OEM untuk sistem Operasi komputer Windows, sedangkan Dell, Asus, Toshiba, Acer, dan perusahaan lainnya merupakan perusahaan retailnya.

B. Karakteristik OEM (Original Equipment Manufacturer)
1. OEM menjual lisensi. OEM biasanya menjual lisensi produk untuk menggunakan suku cadang mereka ke pengecer bernilai tambah yang mereka pasarkan.
2. OEM untuk perangkat keras. Perangkat keras dapat dengan mudah dibeli dari internet, baik dari produsen produk eceran atau melalui OEM. Namun, perangkat keras OEM biasanya dikirimkan dengan suku cadang yang tidak lengkap seperti kabel dan adaptor yang diperlukan untuk pemasangan dan pengoperasian perangkat keras.
3. OEM untuk perangkat lunak. Perangkat lunak OEM, seperti perangkat keras, biasanya tidak disertai dengan banyak hal, kecuali perangkat lunak dasar dan kunci lisensinya.

C. Perbedaan OEM, KW, KW Super dan Original
1. OEM
Original Equipment Manufacturer atau OEM adalah sebuah barang atau produk yang diproduksi dari perusahaan yang kemudian dibeli, diolah, dan dijual kembali oleh perusahaan yang menggunakan nama atau brand mereka sendiri. Umumnya, perangkat keras dan lunak OEM dikirim dan didistribusikan ke perusahaan manufaktur besar yang memproduksi produk asli brand mereka sendiri. Biasanya, hal ini dilakukan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. Namun masalahnya, banyak yang salah kaprah dengan mengartikan OEM adalah produk palsu. Dengan begitu, membeli produk jenis ini sangat berisiko.

2. KW
Berbeda dengan OEM, KW sebenarnya merupakan singkatan dari kwalitas atau kualitas. Barang KW biasanya memiliki tingkatan kualitas, mulai dari 1, 2 dan seterusnya. Produk fokus pada bentuk yang dibuat agar mirip, namun tentu kualitasnya jauh dibanding barang asli. Jika diperhatikan secara sekilas, biasanya produk KW masih jelas terlihat meski belum diteliti dengan cara dipegang atau diraba. Karena fisiknya sering kali terlihat tidak rapi dan kadang tidak proporsional bentuknya, terutama pada sepatu.

Soal harga, produk KW biasanya ditawarkan sangat rendah, jauh lebih murah dari produk originalnya. Misalnya, ada suatu produk asli seharga Rp 2 juta. Diproduksi barang KW-nya dan hanya dibanderol hanya sekitar Rp 200 ribu – Rp 500 ribu. Jadi, soal harga juga kamu harus teliti, Toppers.

3. KW Super atau Premium
Produk berstatus KW super atau premium ini merupakan bentuk imitasi dari produk aslinya. KW Super biasanya menggunakan bahan dengan versi yang lebih murah. Misalnya, antara tas kulit original dengan yang KW Super. Kalau tas kulit ori bahan kulitnya tebal, kualitas ritsleting tasnya bagus, tak mudah rusak. Nah, kalau KW Super bisa membuat kemiripan seperti original, namun dengan kualitas yang jauh berbeda.

Meski begitu, kadang banyak juga produk KW super alias premium yang dibuat sangat mirip sekali dengan barang aslinya. Baik dari bentuk maupun bahan yang mirip-mirip. Kamu harus lebih teliti agar tidak terkecoh. Jika ragu karena bentuk dan kualitas bahan yang mirip, kamu bisa bandingkan soal harga. Biasanya, barang premium di banderol sekitar setengah harga lebih murah dari produk originalnya.

4. Original
Produk berstandar original adalah barang resmi dari pihak pembuatnya. Barang original memiliki standar tingkat tinggi dan kualitasnya tidak akan mengecewakan pembeli. Tetapi, tentu dengan harga yang lebih tinggi karena kualitas barang yang serta prestise tersendiri untuk penggunanya. Namun, meski harganya mungkin dianggap lebih mahal, tapi sebenarnya soal ketahanan, produk original begitu kokoh.

D. Kelebihan dan Kekurangan OEM (Original Equipment Manufacturer)
Kelebihan dari produk OEM biasanya harganya lebih murah dibanding produk originalnya. Sebagai contoh, ketika Anda membeli laptop dengan merek Asus dengan sistem operasi Windows tentu harganya lebih murah dibanding Anda membeli Windows dalam bentuk softwarenya langsung. Hal ini dikarenakan produk OEM kebanyakan hanya dikemas dalam box atau pembungkus biasa. Tidak seperti ketika Anda membelinya secara original langsung ke perusahaan Microsoft.
a. Harga Produk OEM Lebih Murah
Masih banyak yang bertanya-tanya, jika kualitas produk OEM sama dengan produk original, lantas mengapa produk OEM harganya jauh lebih murah? Nah, perlu diketahui jika barang OEM dibanderol dengan harga yang murah karena jaminan produknya masih terbatas. Seperti contoh yang sudah dibahas seperti tidak adanya fitur support saat membeli software kualitas OEM. Berbeda dengan produk original yang dilengkapi dengan dukungan teknis yang langsung ditangani perusahaan langsung.

Harganya yang murah juga memungkinkan produk OEM diproduksi dalam jumlah yang besar sehingga waktu produksi dan harga juga bisa ditekan. Meski demikian, jangan berpikir bahwa produk OEM sama dengan produk KW ya. Produk KW adalah barang tiruan fisik dari produk original. Sedangkan produk OEM memiliki kualitas yang sama dengan produk original, hanya saja tidak memiliki dukungan teknis.

b. Produk OEM Legal dan Aman
Banyak masyarakat yang masih bingung mengenai perbedaan produk OEM dan KW, untuk itu banyak masyarakat yang masih bingung untuk membelinya. Produk OEM legal dan aman, meskipun risiko dari produk OEM tidak memiliki dukungan teknis. Karena harganya yang lebih murah, akan sulit untuk melakukan klaim garansi produk berkualitas  OEM.

Saat Anda membeli produk atau perangkat OEM, jangan heran bila produk tidak dilengkapi dengan kartu garansi atau petunjuk penginstalan. Anda hanya akan mendapat perangkat dengan bungkus biasa dan harus diinstall sendiri. Hal itu bertujuan untuk mengurangi cost atau biaya yang harus dikeluarkan perusahaan. Produk OEM juga lebih diminati pembeli terutama untuk mereka yang memang mencari produk-produk dengan harga yang lebih terjangkau. Produk OEM biasanya justru jadi incaran pembeli dibanding produk originalnya.

Sedangkan untuk kekurangan produk OEM adalah tidak dilengkapi komponen pendukung seperti kabel penghubung, adapter, kartu garansi, kartu petunjuk penggunaan, dan lain-lain. Pembeli hanya mendapatkan produknya saja tanpa barang pendukung di dalamnya. Dan untuk kemasannya pun hanya menggunakan box atau kardus biasa tanpa logo asli perusahaan.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian OEM, Karakteristik, Perbedaan, Kelebihan, dan Kekurangannya"