Pengertian Pola Penemuan Baru (Inovasi), Jenis, dan Contohnya

Pengertian Pola Penemuan Baru atau Inovasi
Pola Penemuan Baru atau Inovasi
A. Pengertian Pola Penemuan Baru (Inovasi)
Pola dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dapat diartikan model; sistem; cara kerja; bentuk (struktur) yang tetap. Sementara inovasi adalah pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru; pembaharuan; penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, atau alat). Demikian pola inovasi atau penemuan baru adalah cara kerja atau model dari adanya atau ditemukannya hal-hal yang baru. Cara kerja atau model di sini diartikan sebagai dampak atau pengaruh ditemukannya hal-hal yang baru dalam masyarakat.

Penemuan-penemuan baru dalam masyarakat memiliki sifat pengaruh yang beraneka ragam terhadap kehidupan masyarakat di antaranya penemuan-penemuan baru dapat menghasilkan pola yang memancar, pola yang menjalar, serta pola yang memusat atau beberapa penemuan baru menghasilkan satu jenis perubahan dalam pola kehidupan masyarakat. Untuk lebih jelasnya berikut akan dijelaskan pola-pola dari penemuan baru (inovasi) tersebut.

B. Pola Penemuan Baru (inovasi) dan Contohnya
1. Pola Memancar
Penemuan baru dengan pola memancar artinya penemuan hal yang baru memberi pengaruh atau dampak ke segala arah. Pengaruh penemuan ini tidak hanya pada satu bidang, tetapi dapat meluas ke bidang lainnya seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, agama dan lain-lain. Dengan kata lain penemuan baru yang diterapkan di masyarakat mempunyai dampak yang sangat besar dalam kehidupan masyarakat.

Keterpengaruhan tata kehidupan masyarakat terjadi dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Pengaruh penemuan baru dapat berdampak pada perubahan struktur  kehidupan sosial budaya masyarakat. Berikut ilustrasi gambar dari penemuan baru dengan pola memancar:
Penemuan Baru dengan Pola Memancar
Pola Memancar
Contoh penemuan baru dengan pola memancar:
a. Penemuan baru seperti televisi, radio, internet pengaruhnya memancar ke berbagai arah yang menyebabkan perubahan dalam lembaga-lembaga kemasyarakatan dan adat istiadat.
b. Penemuan satelit dapat berpengaruh dalam berbagai bidang, seperti komunikasi serta pengamatan cuaca dan iklim. Penemuan satelit sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia, misalnya manusia lebih mudah melakukan komunikasi dan dapat memprediksi cuaca.

2. Pola Menjalar
Penemuan baru dengan pola menjalar yaitu penemuan baru dapat mengakibatkan perubahan yang kemudian menjalar ke perubahan lainnya, atau suatu penemuan baru menyebabkan perubahan-perubahan yang menjalar dari suatu lembaga kemasyarakatan ke lembaga-lembaga kemasyarakatan lainnya. Berikut ilustrasi dari penemuan baru dengan pola menjalar:
Penemuan Baru dengan Pola Menjalar
 Pola Menjalar

Contoh penemuan baru dengan pola menjalar:
1. Penemuan pesawat terbang membawa pengaruh terhadap metode peperangan, kemudian menambah perbedaan kekuatan antara negara-negara besar dengan negara-negara kecil, kemudian berpengaruh pada kekuasaan industri-industri besar.
2. Penemuan tablet berpengaruh pada gaya hidup, sistem perdagangan yang dilakukan secara langsung menjadi online, serta penggunaan internet dengan waktu dan tempat kapan saja dan di mana saja.

3. Pola Memusat
Penemuan baru dengan pola memusat artinya beberapa penemuan baru mengakibatkan satu jenis perubahan, atau beberapa jenis penemuan baru memberikan pengaruh pada satu jenis perubahan sosial secara internal dengan posisi memusat. Berikut ilustrasi penemuan baru dengan pola memusat:

Penemuan Baru dengan Pola Memusat
Pola Memusat

Contoh penemuan baru dengan pola memusat:
Penemuan mobil, kereta api, dan sarana transportasi lainnya membuat semakin efisiennya gerak masyarakat. Atau penemuan beragam jenis alat transportasi menyebabkan pertumbuhan pola kehidupan sub urban di sekitar kota metropolitan.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Pola Penemuan Baru (Inovasi), Jenis, dan Contohnya"