Disfungsi Sosial: Pengertian dan Contohnya

Pengertian Disfungsi Sosial
Pengertian Disfungsi Sosial
Disfungsi sosial dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kondisi seseorang yang tidak mampu melaksanakan peran sosial sesuai dengan harapan orang lain. Hal ini terjadi karena kondisi dan perubahan yang sedang terjadi ketika masyarakat mulai melepaskan ikatan sosial, hingga akhirnya menyebabkan adanya pergeseran tatanan hidup yang lebih baru.

Gejala tersebut tampak pada perilaku anak-anak dan remaja dalam merespons peran sosial yang seharusnya dia emban. Hal ini terjadi selain karena kondisi emosionalnya yang masih labil juga karena realitas lingkungan sosialnya yang mengalami banyak perubahan.

Baca Juga: Pengertian Perubahan Sosial, Ciri, Teori, Model, Bentuk, Faktor, dan Dampaknya

Anak yang mengalami disfungsi sosial bibit-bibitnya dapat dilihat dimulai dari kurangnya tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan, kurang patuh terhadap aturan, kurangnya menghormati kepada orang yang lebih tua, kebiasaan berbicara kasar, merokok, dan pendiam atau yang biasa disebut dengan introvert, sampai kepada narkoba, miras, tawuran, bullying, dan perilaku negatif lainnya.

Contoh Disfungsi Sosial
Berikut beberapa contoh adanya disfungsi sosial di antaranya,
1. Keluarga tidak harmonis
Keluarga yang tidak harmonis gagal menjalankan fungsi-fungsinya seperti halnya dengan memberikan afeksi (kasih sayang). Hingga seorang anak kemudian menjadi membangkang pada perintah kedua orangtuanya. Yang lebih parah lagi anak tidak ingin hidup bersama kedua orangtuanya.

Baca Juga: Broken Home: Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Cara Mencegahnya

2. Penggunaan teknologi untuk hal yang melanggar hukum
Teknologi yang pada awalnya bisa dimanfaatkan dengan lebih baik malah dijalankan dengan melanggar hukum, misalnya saja dengan melakukan hecker pada situs-situs pemerintahan, menyebarkan link phising (penipuan) pada seseorang, dan lain sebagainya.

3. Perbedaan dianggap sebagai perlawanan
Setiap manusia harusnya menyadari bahwa kita dilahirkan dengan ciri khas yang berbeda. Namun dalam kenyataannya proses kesadaran ini kadang tidak berjalan sebagai mestinya hingga terjadi perusakan pada fasilitas umum akibat bentrok dan tawuran beberapa kelompok sosial lainnya.

4. Pendidikan yang mahal
Memperoleh pendidikan adalah hak bagi setiap masyarakat, akan tetapi kadangkala biaya pendidikan terlalu tinggi menyebabkan sebagai kecil masyarakat miskin tidak memperolehnya sehingga fungsi-fungsi pendidikan yang mampu menghilangkan kebodohan tidak berjalan dengan baik, alasannya karena tekanan ekonomi.

5. Membangun industri dan perusahaan akan tetapi tidak merekrut pekerja di lingkungan sosial
Disfungsi dalam bidang ekonomi juga terlihat manakala ada pembangunan industri yang dilakukan dengan tujuan dan fungsi menyerap tenaga kerja lebih banyak serta mengurangi pengangguran akan tetapi malah tidak memerdulikannya.

Sumber:
https://ejournal.umm.ac.id
https://dosensosiologi.com/contoh-disfungsi-sosial/

Download

Lihat Juga:

Materi Sosiologi SMA

Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 2: Permasalahan Sosial Akibat Pengelompokan Sosial (Kurikulum Merdeka)

Bab 2. Permasalahan Sosial dalam Masyarakat
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.1 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.2 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.3 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)

Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)

4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Disfungsi Sosial: Pengertian dan Contohnya"