Google Keep: Pengertian, Fitur, Panduan Penggunaan, Manfaat, dan Keunggulannya

Pengertian Google Keep
Google Keep
Pengertian Google Keep
Google Keep adalah sebuah layanan penulisan catatan yang dikembangkan oleh Google. Diluncurkan pada Maret 20, 2013, Google Keep tersedia di web, dan aplikasi mobile untuk Android dan iOS sistem operasi mobile. Layanan yang mempunyai logo lampu berwarna putih dan warna latar oranye dikenal sebagai aplikasi untuk mencatat berbagai keperluan.

Google Keep diperuntukkan bagi pengguna yang selalu perlu mencatat segala sesuatu dengan cepat. Oleh sebab itu, Google Keep hadir dengan tampilan board dan sticky notes dalam berbagai warna supaya pengguna dapat langsung membuat catatan tanpa perlu merapikannya terlebih dahulu.

Berbeda dari aplikasi notes pada umumnya yang hanya menampilkan satu kanvas putih kosong dan hanya bisa diisi oleh kata-kata, Google Keep hadir dengan tampilan yang lebih menyenangkan untuk dilihat dan fitur yang lebih banyak untuk dieksplorasi.

Google Keep menawarkan berbagai alat untuk menulis catatan, termasuk teks, daftar, gambar, dan audio. Pengguna dapat mengatur pengingat, yang terintegrasi dengan Google Now. Teks dari gambar dapat diekstrak menggunakan pengenalan karakter optik, dan rekaman suara dapat ditranskripsi.

Antarmuka pengguna memungkinkan tampilan satu kolom atau multi kolom. Catatan dapat diberi kode warna, dan label dapat diterapkan. Update-update selanjutnya telah menambahkan fungsi pin catatan, dan berkolaborasi dengan pengguna Google Keep lainnya pada waktu bersamaan.

Fitur Google Keep
Meskipun fitur yang disediakan tidak sebanyak Google Docs dan tampilannya pun terkesan sederhana, setidaknya Google Keep mempunyai empat belas fitur fungsional yang dapat dimanfaatkan di antaranya,
1. Fitur pengingat. Anda bisa mengatur reminder di Google Keep sehingga kegiatan yang perlu dilakukan, seperti membeli stok makanan, mencuci baju, atau melakukan 1-on-1 session dengan rekan kerja tidak akan terlewat.
2. Fitur pengingat berulang. Ketika Anda mempunyai aktivitas yang selalu dilakukan dalam kurun waktu tertentu–katakanlah setiap hari atau setiap minggu–Anda bisa mengaktifkan fitur pengingat berulang supaya tidak repot membuat reminder baru setiap hari atau setiap minggunya.
3. Fitur label. Anda bisa menggunakan Google Keep untuk berbagai keperluan sehingga boleh jadi catatan yang disimpan di dalamnya cenderung beragam. Untuk memudahkan dalam menemukan catatan yang diperlukan, Google Keep menyediakan fitur label sehingga Anda bisa menamai setiap catatan berdasarkan kategorinya.
4. Fitur menyematkan catatan. Anda bisa menyematkan catatan yang paling penting untuk dilakukan atau diselesaikan dalam waktu dekat sehingga pengingat tersebut tidak akan tertimbun dengan puluhan atau ratusan catatan lainnya.
5. Fitur hashtag. Google Keep menyediakan beberapa fitur supaya Anda tidak melupakan catatan secara spesifik. Fitur lainnya yang disediakan oleh Google Keep untuk kepentingan ini adalah fitur hashtag. Anda bisa menamai dan mencari catatan menggunakan tagar yang dibuat.
6. Fitur untuk mengembalikan catatan yang tidak sengaja terhapus. Anda bisa langsung mengklik ikon tempat sampah untuk meralat tindakan tersebut.
7. Fitur dark mode. Anda bisa mengatur tampilan Google Keep-Anda dalam tiga mode, yaitu light, dark, dan system default.
8. Fitur mengatur reminder. Pengaturan waktu reminder di Google Keep secara umum hanya terbagi ke dalam tiga bagian, yaitu pagi (08.00), siang (13.00), dan sore (18.00). Jika Anda perlu waktu yang lebih spesifik, Anda bisa langsung mengaturnya sesuai keinginan melalui settings.
9. Fitur kolaborasi. Anda bisa membagikan catatan kepada sesama pengguna Google Keep, Anda tidak perlu repot-repot meng-copy paste seluruh catatan lalu mengirimkannya melalui aplikasi pesan singkat.
10. Fitur speech-to-text. Tidak punya waktu untuk mengetik? Tenang, Google Keep akan mencatatkannya untukmu melalui fitur ini. Anda hanya perlu merekam voice note lalu secara otomatis Google Keep akan menyimpan catatan.
11. Fitur grab text from image. Ada informasi yang ingin Anda gunakan untuk bahan laporan namun informasi tersebut dimuat dalam bentuk gambar dan Anda tidak punya banyak waktu untuk menyalinnya? Gunakan saja fitur grab text from image dari Google Keep. Tulisan dalam gambar bisa secara otomatis diubah menjadi ketikan biasa.
12. Fitur konversi ke dokumen. Jika Anda sudah terlanjur mencatat di Google Keep dan ingin mengirimkan catatan tersebut dalam format yang lebih formal, Anda bisa mengonversinya terlebih dahulu ke dokumen.
13. Fitur doodle. Tidak hanya ketikan biasa, Anda juga bisa menggambar doodle di Google Keep.
14. Fitur untuk mengatur catatan agar lebih rapi. Anda bisa menggunakan pembeda warna pada sticky notes untuk mengatur catatan.

Panduan Menggunakan Google Keep
Berikut beberapa cara dan tips untuk mencatat di Google Keep dilansir dari laman Android Police di antaranya,
1. Cara membuat catatan di Google Keep
Ketika membuka Google Keep, Anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan untuk mencatat. Jika ingin membuat daftar belanjaan atau kegiatan yang bisa dicentang ketika sudah selesai dilaksanakan, pilih fitur “List”. Jika Anda ingin membuat catatan dengan tulisan tangan atau perlu membuat sketsa, pilih fitur “Drawing”.

Apabila Anda ingin mencatat menggunakan suara, pilih fitur “Audio”. Apabila Anda ingin mencatat dengan menyertakan gambar, pilih fitur “Photo”. Anda bisa memilih fitur “Regular” jika ingin mencatat seperti biasa.

Jika Anda ingin mengarsipkan atau menghapus catatan, Anda bisa menekan catatan Anda selama beberapa detik kemudian memilih lambang tiga titik yang terletak di pojok kanan layar. Setelah itu, Anda bisa langsung klik “Archive” atau “Delete”.

2. Cara mengatur reminder di Google Keep
Untuk mengatur reminder di Google Keep, ikuti langkah berikut ini.
a. Tekan layar selama beberapa detik.
b. Klik lambang lonceng yang terletak di pojok kanan atas layar.
c. Pilih tab “Time” atau “Place”.
d. Masukkan detail waktu dan tempat yang kamu inginkan lalu klik “Save”.

3. Cara menambahkan kolaborator di Google Keep
Untuk menambahkan kolaborator, ikuti langkah berikut ini.
a. Buka catatan yang Anda inginkan.
b. Klik lambang tiga titik yang terletak di pojok kanan bawah layar.
c. Pilih “Collaborator”.
d. Masukkan alamat email kolaborator yang ingin Anda tambahkan.
e. Klik “Save”.

Kirim ke Google Docs
Catatan atau daftar yang telah dibuat, bisa dikirim atau dipindahkan ke Google Docs. Dengan fitur ini, catatan yang sudah dibuat dapat dengan mudah dipindah ke Google Drive untuk nantinya digunakan di saat Anda membutuhkannya.

Manfaat Google Keep
1. Membuat Daftar Belanja
Ini merupakan salah satu fitur unggulan dari Google Keep. Fitur ini adalah membuat daftar belanja dengan mudah menggunakan aplikasi keluaran Google ini. Dengan menggunakan fitur ini, kita dapat membuat daftar apapun dengan dibantu adanya checkbox.

2. Sebagai Pengingat
Anda juga dapat membuat pengingat pada Google Keep dengan mengetikkan catatan dan mengatur waktu pengingat tersebut. Google Keep akan otomatis memunculkan notifikasi pada PC dan ponsel Anda. Jadi Anda tidak perlu khawatir kehilangan pengingat apa pun. Untuk dapat menyinkronkan Google Keep ke PC, install Google Keep Chrome Extension pada browser Chrome Anda.

3. Berbagi Daftar/Catatan dengan Teman
Kita dapat dengan mudah membagikan daftar atau catatan kita ke siapa pun dengan menggunakan Google Plus, Gmail, dan aplikasi apa pun. Dengan fitur ini, catatan atau daftar yang telah dibuat dapat dibaca juga oleh teman atau kelompok kerja. Caranya adalah dengan menekan tombol berbentuk tiga titik yang berada di kanan bawah layar, kemudian pilih Collabolator.

4. Ambil Tulisan dari Gambar
Jika kita menggunakan Google Keep di ponsel, pasti tahukan bahwa aplikasi ini bisa memasukkan gambar ke dalam catatan kita? Tapi banyak orang tidak tahu bahwa kita juga dapat mengambil tulisan yang terdapat pada gambar dengan menggunakan aplikasi ini. Caranya adalah dengan menekan gambar yang Anda sudah masukkan ke dalam catatan, dan pilih tombol yang berada di kanan atas layar, lalu tekan Grab image text.

Keunggulan Google Keep
Terdapat beberapa alasan yang merupakan keunggulan menggunakan Google Keep untuk menyimpan beragam catatan di antaranya,
1. Tersedia di berbagai platform, memiliki ekstensi browser untuk menyimpan informasi yang cepat ketika browsing
Salah satu poin penting yang menurut saya harus ada di aplikasi penyimpan catatan adalah kemudahan dan kecepatannya diakses. Karena aplikasi Google Keep tersedia di beragam platform, Anda bisa menambahkan atau mencari catatan informasi dengan cepat.

Google pun menyediakan ekstensi browser yang bisa Anda pasang pada Google Chrome untuk clipping sebuah halaman web dengan cepat dan menyimpannya di Google Keep.

2. Bisa dipakai untuk menyimpan checklist beragam keperluan plus reminder
Keep bukan hanya bisa dipakai untuk menyimpan catatan biasa. Anda bisa membuat checklist daftar belanja, ataupun kebutuhan lainnya. Ingin menambahkan reminder notifikasi? Keep pun punya fitur tersebut. Tinggal atur kapan dan jam berapa Keep mengirimkan notifikasi pengingat.

3. Organisir catatan dengan label dan warna
Fitur organisir catatan di Google Keep terbilang cukup mumpuni. Anda bisa mengelompokkan catatan berdasarkan label ataupun warna. Misalnya catatan dengan latar belakang merah untuk catatan sekolah atau kuliah, catatan dengan latar belakang kuning untuk kegiatan di rumah, dll. Memberi label pada catatan juga akan mempermudah dalam mencari catatan sejenis.

4. Maksimalkan fitur OCR untuk mengubah foto menjadi sebuah catatan
Kalau Anda malas mengetik sebuah informasi yang perlu disimpan, Anda bisa mengambil fotonya lalu menggunakan fitur OCR yang ada di Google Keep.

Teks yang tadinya ada di foto akan diubah menjadi teks catatan di Google Keep. Sejauh pengalaman saya, fitur OCR yang dimiliki oleh Google Keep cukup akurat dan dapat diandalkan. Tentunya hal ini juga bergantung pada seberapa jelas teks yang ada di foto.

5. Tambahkan Voice Memos, ubah jadi catatan
Bukan hanya foto yang bisa diekstrak teksnya, voice memos yang ada Anda simpan pun bisa diubah jadi teks. Dengan demikian informasi yang Anda simpan dapat dengan mudah dicari di Google Keep.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Google Keep: Pengertian, Fitur, Panduan Penggunaan, Manfaat, dan Keunggulannya"