Folder: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Membuat, dan Jenisnya

Pengertian Folder
Folder
Pengertian Folder
Folder adalah suatu tempat penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan dokumen atau bahkan folder lain yang berisi file-file. Istilah folder sering digunakan dalam bidang kearsipan dan komputer. Dalam bidang kearsipan, folder adalah tempat untuk menempatkan arsip atau sekelompok arsip di dalam file. Folder umumnya berwujud lembaran berlipat seperti map yang terbuat dari bahan kertas atau karton manila.

Dalam bidang komputer, pengertian folder adalah tempat untuk menyimpan atau menampung berbagai file di dalam komputer, baik itu file data, file dokumen, dan file sistem. Pada perangkat komputer, secara default folder di dalam komputer ditunjukkan dengan gambar atau ikon kecil berbentuk map  atau amplop coklat.

Folder berisi file-file berupa gambar, teks, angka, video, program, slide dan jenis file lainnya. Jika tidak ada folder, mungkin file-file yang tersimpan di komputer tidak tertata dengan baik dan cenderung berkumpul menjadi satu. Oleh karena itu, penggunaan folder dapat membantu memudahkan untuk mengarsipkan data.

Fungsi dan Jenis Folder
Aktivitas pembuatan folder pada komputer umumnya adalah untuk menyimpan file berdasarkan kategori atau jenis dari file. Pemberian jenis dan kategori folder tersebut dibuat agar memudahkan user atau pengguna dalam mencari dan juga menemukan file atau dokumen yang pernah disimpan sebelumnya.

Berikut beberapa jenis dan kategori folder dalam komputer pada umumnya di antaranya,
1. Folder Foto. Folder Foto adalah folder yang khusus berisi berbagai file foto dan sub-folder foto lainnya yang juga berisi Foto.
2. Folder Video. Folder video adalah khusus berisi berbagai file video dan juga sub-folder video lainnya.
3. Folder Music. Folder music atau musik adalah folder yang dibuat khusus untuk file musik seperti .mp3, .midi, .wav dan lain sebagainya.
4. Folder Dokumen. Ini adalah folder yang dibuat khusus untuk menyimpan file dokumen dengan aplikasi seperti Word, Excel, Powerpoint dan lain sejenisnya.

Cara Membuat Folder Pada Komputer
Adapun beberapa cara membuat folder dalam komputer dengan sistem operasi Windows di antaranya,
1. Membuat Folder pada Drive Tertentu
Cara membuat folder pada drive tertentu di antaranya,
a. Langkah pertama adalah dengan masuk ke My computer, atau Anda dapat masuk dengan menekan tombol Windows + E pada Keyboard secara bersamaan.
b. Tentukan drive atau lokasi tempat kita untuk membuat folder baru sebagai contoh, misalnya dengan memilih drive D atau drive F.
c. Arahkan kursor ke area kosong di drive tersebut, klik kanan pada mouse Anda, lalu arahkan kursor ke bagian new>folder.
d. Beri nama pada Fflder yang baru dibuat, atau bisa juga dengan rename folder tersebut
e. Selesai, folder berhasil dibuat.

2. Membuat Folder di Desktop
Umumnya membuat folder di desktop bertujuan untuk memudahkan membuka file yang sering digunakan, jadi, Anda tidak perlu repot-repot lagi dan bersusah payah untuk masuk ke dalam drive di dalam komputer.

Berikut cara membuat folder pada desktop di antaranya,
a. Setelah Anda menghidupkan PC, komputer atau laptop, klik kanan pada area kosong di desktop Anda, kemudian klik kanan dan arahkan ke new>folder.
b. Berikan nama pada folder yang baru dibuat, folder juga bisa di-rename setelah Anda membuatnya.
c. Selesai, folder telah berhasil dibuat.

Manajemen Data Digital
Berikut beberapa cara atau tips yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan manajemen penyimpanan folder yang baik dan benar di dalam perangkat data digital di antaranya,
1. Hindari menyimpan dokumen yang tidak perlu
Tips pertama yang bisa dilakukan adalah menghindari atau sebaiknya berhenti menyimpan dokumen yang tidak diperlukan. Pasalnya, kebiasaan ini tanpa disadari dapat membuat folder menumpuk dan pada akhirnya penuh karena hal yang tidak diperlukan.

2. Konsisten memberi nama folder sesuai dengan isinya
Selanjutnya adalah sikap konsisten untuk memberi nama folder yang sesuai dengan isi file di dalamnya. Tips ini bisa memudahkan seseorang untuk mengidentifikasi dokumen yang sedang dicari.

3. Simpan dokumen yang berkaitan dalam satu folder
Menyimpan dokumen yang berkaitan dalam satu folder dapat mempercepat Anda menemukan dokumen untuk proyek tertentu. Misalnya, dokumen yang berhubungan dengan skripsi dikumpulkan dalam satu folder yang sama.

4. Atur dokumen sesuai dengan tanggal yang sudah ditentukan
Ketika menyusun suatu dokumen di dalam folder, pastikan bahwa tanggal dokumen tersebut sudah jelas agar nantinya Anda bisa mengatur kembali mana dokumen lama yang sudah tidak diperlukan dan mana yang diperlukan.

5. Buat salinan digital dari dokumen yang disimpan
Salinan digital tanpa disadari dapat bermanfaat apabila folder yang dimiliki sudah tidak memiliki banyak ruang. Apabila folder sudah penuh, bukan tidak mungkin beberapa file tak bisa dibuka dan pada akhirnya menghambat untuk mengerjakan beberapa hal yang berhubungan dengan dokumen tersebut.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Folder: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Membuat, dan Jenisnya"