Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

WYSIWYG: Pengertian, Sejarah, dan Contohnya

Pengertian WYSIWYG
WYSIWYG
Pengertian WYSIWYG
WYSIWYG adalah istilah yang merujuk pada perangkat lunak yang secara akurat mewakili hasil akhir dalam tahap pengembangan. WYSIWYG merupakan singkatan dari What You See Is What You Get (Apa Yang Anda Lihat Adalah Apa Yang Anda Dapatkan).

Istilah tersebut digunakan dalam perkomputasian untuk menggambarkan suatu sistem di mana konten yang sedang disunting akan terlihat sama persis dengan hasil keluaran akhir, yang mungkin berupa dokumen yang dicetak, halaman web, slide presentasi, atau bahkan pencahayaan untuk acara teater.

Sejarah
Istilah WYSIWYG berawal dengan tidak sengaja, yaitu hasil tangkapan dari sebuah frasa yang populer pada tahun 1960-an oleh Flip Wilson’s drag persona “Geraldine”. Pada tahun 1971 frasa ini populer menjadi judul sebuah single pada The Drama dan sampai tahun 1974 frasa What You See Is What You Get selalu disebutkan pada The Flip Wilson Show.

Contoh
WYSIWYG awalnya disebut program yang menghasilkan output fisik, istilah ini sekarang juga digunakan untuk menggambarkan aplikasi yang keluaran software produk. Misalnya, sebagian besar program pengembangan Web disebut WYSIWYG editor karena mereka menunjukkan apa halaman Web akan terlihat seperti sebagai pengembang menciptakan mereka.

Hal Ini berarti bahwa pengembang dapat memindahkan teks dan gambar di sekitar halaman untuk membuatnya tampak persis bagaimana dia ingin sebelum menerbitkan halaman di Web. Ketika halaman ini diterbitkan, harus muncul hampir sama di Web sebagai cara itu tampak dalam program pengembangan Web.

Tentu saja, karena kebanyakan pengembang Web tahu, tidak ada jaminan bahwa sebuah halaman Web akan terlihat sama di dua browser yang berbeda, seperti Internet Explorer dan Firefo

Pada Microsoft Office khususnya Microsoft Word yang mana program ini diterbitkan pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Microsoft Word mempunyai fitur WYSIWYG dan word processor pertama yang dapat menampilkan huruf cetak miring dan cetak tebal.

Fitur ini merupakan salah satu fitur revolusioner yang sangat bermanfaat bagi penggunanya. Diciptakan untuk meminimalisasi terjadinya kesalahan, baik itu dalam proses pengetikan, pengeditan dokumen, maupun pencetakan dokumen.

Fitur ini juga berguna bagi Anda untuk mengetahui tampilan dokumen yang akan Anda cetak, Anda dapat menyesuaikan margin, ukuran kertas, dan semua yang Anda inginkan dari layar monitor. Dengan adanya fitur ini, Anda dapat mengatur segala yang diinginkan tanpa takut hasil output yang dikeluarkan tidak sesuai dengan kehendak Anda.

Contoh lain, sebuah program desktop publishing seperti Photoshop adalah program grafis WYSIWYG karena dapat menampilkan gambar pada layar dengan cara yang sama mereka akan terlihat ketika dicetak di atas kertas.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "WYSIWYG: Pengertian, Sejarah, dan Contohnya"