Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Internal Marketing dan Manfaatnya

Pengertian Internal Marketing atau Pemasaran Internal
Internal Marketing (Pemasaran Internal)
Pengertian Internal Marketing
Internal marketing (pemasaran internal) adalah upaya pemasaran dalam suatu perusahaan yang diarahkan pada pemangku kepentingan internal. Internal marketing mengadopsi pandangan bahwa penting untuk memahami kebutuhan dan keinginan pemangku kepentingan internal.

Internal marketing dilakukan ketika manajemen perusahaan berupaya mendapatkan dukungan untuk beberapa inisiatif dari pemangku kepentingan internal (misalnya karyawan, relawan organisasi).

Dimensi Internal Marketing
Menurut Gronroos (1990); Berry & Parasuraman (1991) ; Reynoso & Moores (1996) pemasaran internal terdiri dari tiga dimensi di antaranya,
1. Service Training Programmers
Service Training Programmers adalah kesadaran manajemen dan pimpinan untuk memberikan pelayanan yang baik kepada para karyawan dan kesadaran manajemen bahwa pengembangan pengetahuan dan keahlian para karyawan adalah sebuah investasi bagi mereka.

Organisasi juga harus memiliki fleksibilitas dalam mengakomodasi kebutuhan karyawan. Service training program dilaksanakan oleh organisasi untuk melatih para karyawan dalam menjalankan pelayanan.

2. Performance Incentive
Performance incentive adalah cara organisasi dalam memberikan reward terhadap karyawan yang bekerja dengan baik dan memberikan kontribusi terhadap visi organisasi. Performance incentive juga diberikan kepada karyawan yang telah melakukan fungsi pelayanan yang baik terhadap konsumen eksternal.

3. Vision about Excellence Service
Vision about excellence service adalah suatu kondisi di mana organisasi mengkomunikasikan kepada karyawan tentang visi organisasi mereka dan mengkomunikasikan pentingnya pelayanan tiap-tiap orang/bagian. Vision about excellence service juga mewajibkan pimpinan organisasi untuk dapat berkomunikasi secara baik dengan para karyawan.

Dasar Internal Marketing
Dalam pelaksanaan internal marketing memiliki dasar-dasar yang harus dipenuhi. Yang mana semua itu sudah termasuk bagian terpenting dari setiap perusahaan di antaranya,
1. Kesiapan
Dasar pertama yang harus dipenuhi adalah kesiapan. Setiap karyawan harus memiliki kesiapan dalam melaksanakan pekerjaan mereka masing-masing, yakni sesuai dengan aspek penting dari jenis job yang harus dipenuhi. Contohnya, ketika hendak bekerja sebagai sopir, tentu harus memiliki SIM dan memiliki kemampuan mengemudi yang baik.

2. Kepedulian
Mereka yang hendak belajar dan menerapkan internal marketing harus memiliki sikap peduli yang tinggi, yakni terhadap sesama karyawan dan juga kepada pelanggan. Sebab, salah satu kunci sukses dari perusahaan adalah kepedulian. Kepedulian dapat diterapkan dalam banyak, seperti : merasa senang ketika perusahaan meraih prestasi besar.

Hal ini dikarenakan, semakin tinggi rasa kepedulian yang dimiliki oleh setiap karyawan terhadap sesama karyawan, terhadap perusahaan hingga terhadap pelanggan, maka semakin besar pula nilai pengabdiannya terhadap perusahaan.

3. Pelayanan
Berikutnya adalah pelayanan, yakni setiap karyawan harus mampu memberikan pelayanan dalam memberikan informasi yang sistematis dan memadai agar mampu menarik minat masyarakat untuk menjadi pelanggan tetap.

Apabila perusahaan mampu memberikan pelayanan yang memuaskan dengan menghasilkan karyawan-karyawan yang informatif, baik, ramah dan bersahabat, maka strategi tersebut sangatlah efektif sebagai jangka panjang. Sebab, jika konsumen selalu mendapatkan pelayanan yang baik, maka mereka pun tidak akan enggan untuk datang dan melakukan transaksi pembelian kembali.

Peran Internal Marketing
Setiap karyawan dalam setiap perusahaan, terutama perusahaan yang menawarkan jasa, harus memiliki personil utama di garis depan, yakni beberapa karyawan maupun tim yang ditunjuk untuk menjalin komunikasi dengan para customer. Pasalnya, peran mereka memiliki peran langsung terhadap kepuasan para pelanggan.

Dalam pelaksanaannya tersebut, internal marketing diperkenalkan dan diterapkan sesuai dengan dasar-dasar yang terdapat di dalamnya (kesiapan, kepedulian & pelayanan).

Namun, sebelum melakukan proses pelaksanaannya, perusahaan terkait harus melakukan riset pasar, melakukan aktivitas segmentasi yang tepat, melakukan segmentasi pasar yang menarik minat customers hingga untuk mempertahankan dan membuat setiap karyawan bertindak sesuai dengan cara yang diinginkan oleh manajemen perusahaan.

Dengan demikian, setiap perusahaan memerlukan strategi internal marketing yang baik. Semakin mampu menciptakan karyawan yang berdedikasi tinggi terhadap perusahaan, maka mereka pun akan menjalankan setiap rencana yang diterapkan agar perusahaan yang dijadikan sebagai tempat bekerja memiliki prestasi yang baik dan dapat meraih setiap tujuannya.

Sebab, pada dasarnya untuk membangun dan meningkatkan kepercayaan dengan para pelanggan, semuanya berawal dari kualitas pelayanan yang diberikan oleh setiap karyawan yang telah diberikan mandat langsung oleh pihak perusahaan.

Tujuan Internal Marketing
Pelaksanaan internal marketing bukan hanya dilakukan semata-mata untuk kepentingan perusahaan saja, melainkan terdapat tujuan lain di antaranya,
1. Agar memiliki anggota staf karyawan yang sesuai sebagai customer service, manager hingga sebagai posisi lain yang bekerja untuk meningkatkan hubungan baik antar perusahaan dengan para pelanggan.
2. Untuk mengembangkan kemampuan para pegawai agar sadar akan arti dan pentingnya seorang pelanggan.
3. Untuk memotivasi setiap karyawan agar menunjukkan loyalitas dan dedikasinya secara penuh terhadap perusahaan.
4. Untuk menciptakan tenaga kerja yang rajin, disiplin dan memiliki sikap serta moral yang baik.
5. Untuk menciptakan para pekerja yang bertanggung jawab dan memiliki komitmen terhadap pelayanan kepada setiap pelanggan.
6. Untuk mengembangkan karyawan agar memenuhi setiap proses layanan yang terbaik dan mampu memenuhi kepuasan para pelanggan.
7. Untuk mempertahankan dan mengapresiasi para karyawan yang produktif dan loyal terhadap perusahaan.
8. Sebagai layanan penyampaian informasi penting seperti yang telah dijanjikan atau sesuai dengan layanan promosi yang diterapkan oleh perusahaan.
9. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan sekaligus untuk meningkatkan penghasilan perusahaan.

Semua tujuan tersebut tentu dicapai dengan kerja keras, sehingga untuk mencapainya perusahaan harus menciptakan lingkungan internal yang membuat para karyawan merasa nyaman dan aman ketika bekerja. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memberikan fasilitas yang menunjang kelancaran pekerjaan mereka, fasilitas yang membuat mereka nyaman dalam bekerja hingga mengadakan kegiatan fungsional yang menarik untuk dilakukan.

Bagi perusahaan pemula atau bisnis yang baru saja dirintis, dalam pelaksanaan pemasaran internal merupakan kegiatan yang tidak mudah untuk dilakukan. Padahal, internal marketing tersebut merupakan kegiatan yang menarik, yakni sebuah tindakan yang dilakukan untuk mengembangkan, memotivasi dan juga mempertahankan karyawan-karyawan yang berkualitas.

Apabila perusahaan telah mampu menciptakan karyawan-karyawan yang berkualitas, loyal dan mengabdi sepenuh hati kepada perusahaan, maka tidak sulit untuk menghasilkan pelayanan terbaik, sehingga tidak sulit juga untuk mendapatkan hati dan kepercayaan dari para pelanggan.

Selain itu, internal marketing juga dianggap sebagai sebuah metode, alat sekaligus teknik yang dapat membantu manajemen perusahaan dalam mengatasi adanya resistensi yang ingin diubah. Pelaksanaan dari internal marketing ini akan melibatkan banyak pihak, terutama seluruh karyawan. Yang mana, setiap karyawan harus mampu menyusun strategi dan rencana kegiatan yang hendak dijalankan dalam pekerjaan mereka.

Kunci Keberhasilan Internal Marketing
Dikarenakan pemasaran internal merupakan salah satu bagian dari metode dan strategi penting bagi setiap perusahaan, maka kegiatan tersebut tidak bisa dilakukan seorang diri. Sebab, ada beberapa hal yang menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan internal marketing ini di antaranya,
1. Hubungan baik antar anggota tim, hubungan baik antara sesama karyawan, hubungan baik antar tim dan hubungan baik antara karyawan dan atasan.
2. Pihak perusahaan harus percaya bahwa setiap karyawannya mampu menjalankan kewajiban dan tanggung jawab mereka dengan sebaik mungkin.
3. Selalu komunikatif terhadap para karyawan sekaligus kepada para pelanggan.
4. Perusahaan harus bertanggung jawab atas keamanan dan kenyamanan setiap karyawan ketika sedang bekerja.
5. Perusahaan harus selalu memotivasi setiap karyawan agar selalu bersemangat dan kompeten dalam menjalankan setiap tugas yang telah diberikan.
6. Perusahaan harus mampu memberikan apresiasi kepada karyawan berprestasi, agar karyawan lain bersemangat untuk mengukir prestasi yang lebih baik lagi.

Manfaat Internal Marketing
Jika sebuah perusahaan mampu menerapkan pemasaran internal dengan baik, maka perusahaan tersebut akan memperoleh manfaat dari kerja keras yang telah dilakukannya. Adapun manfaat yang dihasilkan di antaranya,
1. Perusahaan memiliki para karyawan yang berkualitas, produktif dan berkontribusi penuh terhadap perusahaan.
2. Perusahaan berhasil memiliki para karyawan yang menjadikan tempat kerjanya sebagai rumah kedua mereka, karena saking nyamannya dalam bekerja.
3. Perusahaan mampu menjalin hubungan kekeluargaan yang baik antar karyawan.
4. Perusahaan mampu mendapatkan banyak pelanggan dalam kurun waktu yang terbilang singkat.
5. Perusahaan mampu menjalin dan mempertahankan kepercayaan pelanggan dengan lebih mudah.
6. Perusahaan mampu mencapai setiap tujuannya, sehingga dapat berhasil sebagai perusahaan besar di masa depan.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Mengenal Internal Marketing dan Manfaatnya"