Geosfer: Pengertian, Lapisan, dan Contoh Fenomena Geosfer

Pengertian Geosfer
Geosfer
Pengertian Geosfer
Geosfer adalah lapisan yang mencakup keseluruhan komponen baik fisik maupun non-fisik yang ada pada permukaan bumi. Geosfer sebagai sebuah fenomena juga memiliki pengertian yang hampir sama. Fenomena geosfer merupakan sejumlah kejadian alam yang berkaitan dan terjadi di dalam lapisan-lapisan yang ada di permukaan bumi.

Adapun lapisan-lapisan bumi yang dimaksud dalam buku tersebut ialah lapisan atmosfer, litosfer, biosfer, antroposfer, serta hidrosfer. Geosfer merupakan objek kajian material ilmu geografi yang mendalami segala proses dan fenomena yang terjadi pada kelima lapisan tersebut. Demikian, kajian geosfer berkaitan dengan seluruh fenomena alam yang terjadi di permukaan bumi.

Geosfer Menurut Para Ahli
1. Wikipedia, Geosfer adalah bagian nama kolektif untuk litosfer, hidrosfer, kriosfer, dan atmosfer.
2. Teks modern (dalam sains sistem Bumi), Geosfer mengacu pada bagian Bumi yang padat; ini digunakan bersama dengan atmosfer, hidrosfer, dan biosfer untuk menggambarkan sistem Bumi (interaksi sistem ini dengan magnetosfer kadang-kadang terdaftar).

Dalam konteks tersebut, terkadang istilah litosfer digunakan sebagai pengganti geosfer atau bagian Bumi yang padat. Litosfer, bagaimanapun, hanya mengacu pada lapisan paling atas dari Bumi padat (batuan kerak samudera dan benua dan mantel paling atas).

Di mana sejak eksplorasi ruang angkasa dimulai, telah diamati bahwa tingkat ionosfer atau plasmasfer sangat bervariasi, dan seringkali jauh lebih besar daripada yang sebelumnya, kadang-kadang meluas ke batas magnetosfer atau geomagnetosfer Bumi.

Batas luar yang dari materi geogenik ini telah disebut sebagai “geopause”, untuk menunjukkan kelangkaan relatif materi di luarnya, di mana angin dalam pengertian matahari mendominasi.

3. Fisika Aristotelian
Geosfer adalah istilah yang diterapkan pada 4 lapisan alami dunia yang berpusat di sekitar pusat Bumi, seperti yang dijelaskan dalam mata kuliah Fisika dan Meteorologi. Empat lapisan dapat digunakan untuk menjelaskan gerak empat unsur bumi.

Lapisan Geosfer
Geosfer terdiri atas 5 bentuk lapisan di antaranya,
1. Atmosfer
Atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa. Atmosfer bumi terdapat dari ketinggian 0 km di atas permukaan tanah, sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan Bumi.

Kepadatan atmosfer menurun jika semakin jauh ke luar angkasa, karena daya tarik gravitasi planet, yang menarik gas dan aerosol (partikel tersuspensi mikroskopis debu, jelaga, asap, atau bahan kimia) ke dalam, paling dekat dengan permukaan. Atmosfer beberapa planet, seperti Merkurius, hampir tidak ada, karena atmosfer primordial telah lolos dari daya tarik gravitasi planet yang relatif rendah dan telah dilepaskan ke angkasa.

Planet-planet lain, seperti Venus, Bumi, Mars, dan planet luar pada raksasa tata surya, telah mempertahankan atmosfer. Selain itu, atmosfer Bumi telah mampu menahan air pada masing-masing dari tiga fase (padat, cair, dan gas), yang sangat penting bagi perkembangan kehidupan di planet ini.

Evolusi atmosfer Bumi saat ini tidak sepenuhnya dipahami. Diperkirakan bahwa atmosfer saat ini dihasilkan dari pelepasan gas secara bertahap baik dari interior planet dan dari aktivitas metabolisme bentuk kehidupan – sebagai lawan dari atmosfer primordial, yang dikembangkan oleh gas luar selama pembentukan asli planet ini.

Atmosfer terdiri dari lapisan berdasarkan suhu. Lapisan-lapisan ini adalah troposfer, stratosfer, mesosfer, dan termosfer. Wilayah dan perwilayahannya lebih lanjut sekitar 500 km di atas permukaan bumi disebut eksosfer.

2. Litosfer
Litosfer adalah bagian Bumi yang padat atau paling kaku dan terluar. Meskipun litosfer masih dianggap elastis, tapi tidak kental. Litosfer jauh lebih getas daripada astenosfer. Elastisitas dan keuletan litosfer bergantung pada suhu, tekanan, dan kelengkungan bumi itu sendiri. Manfaat litosfer memiliki kemampuan untuk melakukan pemanasan yang terkait dengan konveksi yang terjadi di mantel plastik di bawah litosfer.

Litosfer bukanlah lapisan kontinu, ia terbagi menjadi lempeng tektonik yang bisa bergerak. Sehingga kedalaman lapisan yang memiliki kedalaman sekitar 100 km. Bagian paling dalam dan terpanas litosfer dikenal sebagai astenosfer.

Terdapat dua jenis litosfer di antaranya,
a. Litosfer Oseanik, di antaranya,
a) Berada di dasar badan air seperti laut dan laut
b) Kedalamannya hampir 50 sampai dengan 100 km. Menjadi kental seiring waktu karena pendinginan di astenosfer
c) Bertambah padat seiring usia
d) Terdiri dari kerak mafik dan mantel mafik ultra

b. Litosfer Kontinental, yakni,
a) Berada di bawah tanah yang padat
b) Kedalamannya sekitar 40 lebih dari 100 km
c) Litosfer kontinental lebih ringan daripada litosfer samudera
d) Terdiri dari batuan beku dan sedimen

3. Hidrosfer
Hidrosfer adalah jumlah total air di planet. Hidrosfer termasuk air yang ada di permukaan planet, di bawah tanah, dan di udara. Hidrosfer suatu planet dapat berupa cairan, uap, atau es. Secara keseluruhan, hidrosfer sangat besar jumlahnya, di lautan hidrosfer meliputi sekitar 71% dari luas permukaan Bumi.

Di Bumi, air cair ada di permukaan dalam bentuk lautan, danau dan sungai. Itu juga ada di bawah tanah – seperti air tanah, di sumur dan akuifer. Uap air paling terlihat sebagai awan dan kabut. Bagian beku dari hidrosfer Bumi berupa es seperti gletser dan gunung es. Bagian beku dari hidrosfer memiliki nama sendiri, cryosphere.

Pergerakan air dalam hidrosfer melalui suatu siklus yang disebut siklus hidrologi. Air terkumpul di awan, lalu jatuh ke Bumi dalam bentuk hujan atau salju. Air ini terkumpul di sungai, danau dan lautan. Kemudian menguap ke atmosfer untuk memulai siklus dari awal lagi.

Manfaat hidrosfer memainkan peran kunci dalam perkembangan dan kelangsungan hidup. Diperkirakan bahwa organisme hidup paling awal muncul dalam air. Selain itu, setiap kehidupan manusia dimulai di lingkungan berair rahim ibunya, sel dan jaringan kita sebagian besar adalah air, dan sebagian besar reaksi kimia yang merupakan bagian dari proses kehidupan terjadi di dalam air.

4. Biosfer
Pengertian biosfer adalah lapisan planet Bumi di mana kehidupan ada. Lapisan ini berkisar dari ketinggian hingga sepuluh kilometer di atas permukaan laut. Biosfer adalah salah satu dari empat lapisan yang mengelilingi Bumi bersama dengan litosfer (batu), hidrosfer (air) dan atmosfer (udara) dan itu adalah jumlah dari semua ekosistem.

Biosfer bersifat unik. Sejauh ini belum ada kehidupan di tempat lain di alam semesta. Kehidupan di Bumi bergantung pada matahari. Energi yang disediakan oleh cahaya matahari, ditangkap oleh tanaman, beberapa bakteri dan protista, yang digunakan dalam proses fotosintesis.

Energi yang ditangkap mengubah karbon dioksida menjadi senyawa organik seperti gula dan menghasilkan oksigen. Sebagian besar spesies hewan, jamur, tanaman parasit dan banyak bakteri tergantung secara langsung atau tidak langsung pada fotosintesis.

Sehingga dapat dikatakan bahwa biosfer adalah sistem yang dicirikan oleh siklus materi yang terus menerus dan aliran energi surya yang menyertainya di mana molekul-molekul besar dan sel-sel tertentu bereproduksi sendiri. Air adalah faktor predisposisi utama, karena semua kehidupan bergantung pada air.

Unsur-unsur karbon, hidrogen, nitrogen, oksigen, fosfor, dan sulfur, ketika dikombinasikan sebagai protein, lipid, karbohidrat, dan asam nukleat, menyediakan bahan-bahan untuk penciptaan kehidupan. Aliran energi diperlukan untuk mempertahankan struktur organisme oleh pembentukan dan pemisahan ikatan fosfat.

Organisme bersifat seluler dan selalu mengandung semacam struktur membran yang melingkupi, dan semua memiliki asam nukleat yang menyimpan dan mengirimkan informasi genetik.

5. Antroposfer
Pengertian antroposfer (kadang-kadang juga disebut sebagai technosphere) adalah bagian dari lingkungan yang dibuat atau dimodifikasi oleh manusia untuk digunakan dalam aktivitas manusia dan habitat manusia.

Antroposfer merupakan bagian permukaan bumi yang dihuni oleh manusia. Adapun contoh antroposfer yaitu berupa wilayah dan perwilayahan perkotaan, pedesaan, lokasi pemukiman dan sebagainya. Seiring perkembangan teknologi manusia, seperti semakin besarnya kemampuan teknologi untuk menyebabkan deforestasi, dampak kegiatan manusia terhadap lingkungan berpotensi meningkat.

Contoh Fenomena Geosfer
Mempelajari geosfer sangat penting untuk berinteraksi dengan wilayah lain. Misalnya, perkembangan atmosfer modern merupakan hasil kombinasi proses geologis (letusan gunung berapi, pelapukan batuan, oksida besi) dan proses biologis, seperti fotosintesis.

Sumber utama karbon dioksida yang dapat menyebabkan pemanasan global adalah bahan bakar fosil yang diambil dari litosfer (yang merupakan salah satu lapisan geosfer) dan digunakan untuk menghasilkan energi.

Sebagian air yang membentuk lautan dunia berasal dari uap vulkanik. Distribusi tumbuhan, meskipun sebagian besar dikendalikan oleh iklim global, berubah sebagai respons terhadap perubahan elevasi dan distribusi bawah permukaan.

Fenomena geosfer adalah gejala atau peristiwa alam yang berkaitan dengan unsur-unsur geosfer, yaitu atmosfer, litosfer, biosfer, manusia, dan hidrosfer. Contoh fenomena geosfer dalam kehidupan sehari-hari dapat dipelajari bersama dengan ilmu geografi, karena geografi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari fenomena geosfer atau fenomena geosfer berdasarkan faktor-faktor unsur geosfer.

Fenomena geosfer meliputi 5 unsur yaitu biosfer, litosfer, hidrosfer, antroposfer, atmosfer. Semua unsur tersebut saling berhubungan dan membentuk kehidupan di bumi. Berikut beberapa contoh fenomena geosfer yang diklasifikasikan menurut unsur-unsur geosfer di antaranya,
1. Fenomena pada Atmosfer
Fenomena geosfer dalam atmosfer dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah contoh fenomena geosfer yang berhubungan dengan atmosfer:
a. Terjadi pergantian musim di belahan bumi yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi sebuah kehidupan. Sebagai contoh munculnya perubahan sebuah musim yang disebabkan oleh faktor iklim musiman di Indonesia, yaitu saat pada musim penghujan, petani memanfaatkan hal tersebut dengan mulai menanam padi di sawah berkat tadah hujan. Selain itu, saat musim hujan, para nelayan kerap mengurungkan niat melaut. Memang, pasang surut tidak bisa diprediksi dengan pasti.
b. Perubahan faktor cuaca. Misalnya, berbagai jenis pakaian yang digunakan oleh penduduk yang beriklim dingin cenderung memakai pakaian yang tebal, sedangkan penduduk yang beriklim hangat cenderung memakai pakaian yang tipis.
c. Aurora adalah fenomena atmosfer bercahaya yang muncul sebagai pita cahaya yang terkadang terlihat di langit malam di wilayah utara atau selatan bumi. Hal ini diduga disebabkan oleh partikel bermuatan dari matahari yang memasuki medan magnet bumi dan molekul yang menggairahkan atmosfer. Aurora yang bersinar di kutub selatan disebut aurora australis atau aurora borealis. Sedangkan aurora yang bersinar di kutub utara disebut aurora borealis atau aurora borealis.
d. Fatamorgana adalah ilusi optik yang terjadi akibat pembiasan sinar matahari melalui udara dengan berbagai tingkat intensitas. Penampakan fatamorgana seringkali berupa genangan air di tengah padang pasir atau di atas aspal yang diterpa panas terik matahari. Penampilan sebenarnya adalah sinar matahari yang dibiaskan oleh massa udara dengan kerapatan rapuh.

2. Fenomena pada Litosfer
Berikut contoh fenomena geosfer yang berhubungan dengan litosfer di antaranya,
a. Seperti terjadinya gempa yang disebabkan oleh perpindahan lempeng tektonik. Contoh fenomena geospasial dalam kehidupan sehari-hari dapat dijumpai di Indonesia. Gempa bumi akibat pergerakan lempeng tektonik banyak terjadi di berbagai wilayah Indonesia, seperti gempa di Karo, Yogyakarta dan juga gempa di Papua.
b. Erosi terjadi pada daerah yang miring sehingga perlu dibangun parit atau tangga pada daerah yang curam untuk mengurangi laju erosi.
c. Longsor, definisi tanah longsor atau yang biasa dikenal dengan ground displacement adalah peristiwa geologis yang terjadi akibat bergesernya batuan atau massa tanah dalam berbagai bentuk dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau massa tanah pondasi yang besar.

Tanah longsor secara umum disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor tolak menolak adalah faktor yang mempengaruhi keadaan materi itu sendiri, sedangkan pemicu adalah faktor yang menyebabkan materi bergerak.

3. Fenomena pada Hidrosfer
Jumlah air limpasan (air yang mengalir di permukaan tanah) yang dipengaruhi oleh intensitas curah hujan dan dipengaruhi penggunaan lahan oleh manusia.
a. Banyaknya air yang tersimpan di dalam tanah dipengaruhi oleh infiltrasi air ke dalam tanah serta faktor-faktor lain yang mempengaruhi potensi air tanah. Batuan ini juga merupakan penutup tanah yang dapat atau dapat mempengaruhi penyerapan air. Selain itu, penggunaan air tanah oleh manusia juga mempengaruhi sumber daya air tanah.
b. Salju di pegunungan Jaya Wijaya, Papua, Indonesia. Contoh fenomena geosfer dalam kehidupan sehari-hari merupakan contoh unik di Indonesia, dikarenakan salju ada di Indonesia yang diketahui beriklim tropis.

4. Fenomena pada Biosfer
Berikut contoh fenomena geosfer yang berhubungan dengan biosfer di antaranya,
a. Ada persebaran flora dan fauna di belahan bumi. Fenomena ini disebabkan oleh kondisi habitat yang mendukung seperti keberadaan harimau Jawa, unta di arab bahkan burung cendrawasih di Papua serta habitatnya. Selain itu, keberadaan satwa liar di belahan dunia ini juga dimanfaatkan oleh manusia, misalnya di Indonesia masyarakat memanfaatkan hewan seperti sapi, kerbau bahkan kuda, sedangkan di Thailand masyarakat memanfaatkan gajah untuk menunjang aktivitas atau kehidupan sehari-hari.
b. Konsumsi makanan bervariasi karena perbedaan flora dan fauna. Misalnya di Indonesia, makanan pokoknya adalah nasi karena Indonesia merupakan daerah penghasil beras.

5. Fenomena pada Antroposfer
Berikut contoh fenomena geosfer yang berhubungan dengan antroposfer di antaranya,
a. Adanya keragaman adat serta juga budaya di belahan bumi. Keragaman ini juga sangat mempengaruhi kehidupan manusia itu sendiri, mencakup juga cara berinteraksi, keterampilan yang berbeda dan juga kebutuhan yang berbeda.
b. Adanya potensi sumber daya alam (SDA) yang berbeda yang bisa atau dapat menyebabkan perbedaan pada cara pemanfaatannya ini juga, maka dari itu pengolahan dan juga alat yang digunakan akan berbeda juga disebabkan karna perbedaan jenis – jenis sumber daya alam ini.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Geosfer: Pengertian, Lapisan, dan Contoh Fenomena Geosfer"