Fast Charging Smartphone: Pengertian, Standar Teknologi, Jenis, Kelebihan, dan Perbedaannya dengan Quick Charging

Pengertian Fast Charging Smartphone
Fast Charging Smartphone
Pengertian Fast Charging Smartphone
Fast charging adalah fitur pengisian daya baterai secara cepat yang umumnya dihantarkan melalui kabel (wired). Fitur ini membuat Anda bisa mengisi baterai smartphone dalam waktu yang cukup singkat.

Umumnya fast charging ditemukan dengan kabel berjenis USB Type-C. Sementara, charger harus memiliki daya hantar listrik sebesar 15 Watt untuk bisa masuk kategori fast charging.

Daya hantar ini diformulasikan dari kombinasi satuan Ampere (A) dan Volt (V). Singkatnya, pengisian daya pada 3 Ampere/5 Volt dapat menghantarkan daya hingga 15 Watt.

Standar Teknologi Fast Charging
Berikut beberapa jenis teknologi fast charging yang mungkin ditemukan pengguna saat akan membeli handphone baru di antaranya,
1. USB Power Delivery
USB Power Delivery atau bisa juga disingkat USB-PD merupakan sebuah standar fast charging yang diperkenalkan oleh USB-IF dan banyak digunakan oleh sejumlah perusahaan teknologi seperti Apple, Google, MediaTek, dan Motorola .

4. Qualcomm Quick Charge
Sebagai pengembang chip, Qualcomm pun menciptakan standar khusus pengisian yang disematkan ke dalam SoC buatannya dengan mengusung nama Qualcomm Quick Charge.

Meskipun demikian, perusahaan-perusahaan teknologi dalam hal ini tidak wajib mengaktifkannya dan bisa menggunakan standar sendiri saat membenamkan chip-chip buatan Qualcomm.

3. VOOC, DashCharge, dan WarpCharge
Berbeda dari sejumlah teknologi di atas, VOOC, DashCharge, dan WarpCharge merupakan standar pengisian cepat untuk perangkat buatan OPPO dan OnePlus yang menekankan pada peningkatan kuat arus.

4. Huawei SuperCharge
Huawei pun tak ketinggalan. Hadir secara eksklusif di perangkat premiumnya, teknologi bernama SuperCharge buatannya memiliki pemilihan mode dengan meningkatkan tegangan atau kuat arus.

Adaptor dari standar-standar di atas pun tetap aman digunakan untuk produk yang berlainan meski sebenarnya dirancang hanya untuk mendukung satu ekosistem.

Jenis Fast Charging Smartphone
1. Apple Fast Charging
Apple menggunakan USB Power Delivery untuk melakukan fast charging, sehingga mereka mengklaim pengguna bisa melihat 50 persen peningkatan baterai dalam hanya 30 menit. Hanya saja, untuk bisa mendapatkan kecepatan ini, paling tidak, kita perlu untuk menggunakan adapter 18W dengan kabel USB-C ke kabel lightning.

2. Media Tek Pump Express
Beberapa smartphone yang menggunakan MediaTek menggunakan standar perusahaan Pump Express, yang bisa digunakan dalam beberapa versi di gadget berbeda. Mereka mengklaim bisa mengisi baterai hingga 70 persen dalam waktu 30 menit. Bahkan Pump Express 3.0 dan 4.0 disebut hanya membutuhkan waktu setengahnya untuk mengisi daya tersebut.

3. Oppo SuperVooc Flash Charge
Vooc adalah standar yang digunakan oleh Oppo. Perusahaan ini sudah lama memimpin dalam teknologi fast charging. Bahkan saat ini perusahaan ini memegang rekor fast charging tercepat dengan adapter 65W yang bisa mengisi penuh Oppo Reno Ace hanya dalam 31 menit.

Sebagai tambahan, Oppo sendiri adalah satu-satunya perusahaan besar yang menggunakan baterai gallium nitride (GaN) di dalam smartphonenya untuk memberikan performa dan ketahanan yang lebih baik.

4. Samsung Adaptive Fast Charging
Dengan menggunakan adapter pilihan Samsung 10V/4.5W, Galaxy S20 Ultra dan Note 10+ secara teori bisa mengisi baterai dalam 45W. Sementara kebanyakan smartphone flagship Samsung terkini mendukung Adaptive Fast Charging hingga 25W dengan adapter yang sudah termasuk dalam dus pembelian.

Perlu dicatat bahwa beberapa smartphone Samsung mendukung versi lebih lama dari Qualcomm Quick Charge. Sehingga pengguna akan melihat lebih banyak kecepatan saat menggunakan adapter yang sudah tersertifikasi Samsung.

5. Wireless Fast Charging
Wireless fast charging tentu saja akan lebih memudahkan untuk gadget, hanya saja memang kecepatannya tidak sebaik fast charging menggunakan kabel. Kebanyakan wireless chargers tidak memiliki sistem pendingin atau kipas akan membatasi kecepatan charging hanya 5V/1A.

Kelebihan Fast Charging
Bisa dikatakan tidak ada kekurangan saat menggunakan fast charging untuk mengisi daya. Hal ini karena teknologi pengisi daya cepat ini sudah didesain sedemikian rupa agar tidak terjadi masalah.

Mungkin Anda akan mengalami keluhan handphone yang terasa lebih panas saat dilakukan pengisian daya. Cara menghindarinya adalah dengan tidak memainkan handphone saat sedang dilakukan pengisian daya dan pastikan smartphone diletakkan di suhu yang rendah.

Apabila Anda menggunakan teknologi daya isi cepat ini Anda akan lebih menghemat waktu untuk mengisi daya baterai. Hal ini sangat memudahkan karena tidak perlu menunggu terlalu lama sampai baterai terisi penuh. Sehingga bisa bermain handphone lebih lama dan tanpa khawatir baterai akan habis karena pengisian daya akan lebih cepat dan bisa digunakan kembali.

Umumnya teknologi satu ini memang sudah dilengkapi dan dijamin tidak akan mengalami kerusakan yang lebih parah. Teknologi yang digunakan sudah dirancang sedemikian rupa sehingga baterai akan selalu aman dan tidak mengalami kerusakan. Sehingga tidak perlu khawatir jika menggunakan teknologi pengisian daya yang cepat untuk smartphone Anda.

Untuk bisa menikmati teknologi fast charging ini tidak terlalu sulit untuk didapatkan. Hal ini karena banyak sekali brand yang sudah terkenal di pasaran menjual rilisan terbaru pengisian daya cepat. Anda bisa memilih untuk menggunakan smartphone dengan fitur tambahan untuk mempermudah pengisian daya pada smartphone Anda.

Perbedaan Fast Charging dan Quick Charging
Jadi, fast charging dan quick charging sebenarnya memiliki fungsi yang serupa. Keduanya sama-sama bisa mengisi daya baterai smartphone dalam waktu yang cukup singkat. Bedanya, quick charging hanya berlaku untuk smartphone yang ditanamkan chipset buatan Qualcomm.

Sementara, istilah fast charging bersifat universal. Seluruh smartphone dan charger yang telah mendukung teknologi pengisian daya cepat berhak memakai sebutan fast charging. Namun, fast charging dan quick charging hanya bisa berfungsi dengan baik jika digunakan pada perangkat yang tepat.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Fast Charging Smartphone: Pengertian, Standar Teknologi, Jenis, Kelebihan, dan Perbedaannya dengan Quick Charging"