Memahami Kesetaraan Ricardian dan Ekuivalensi Ricardian

Kesetaraan Ricardian
David Ricardo (1772-1823)

Kesetaraan Ricardian
Kesetaraan Ricardian adalah teori ekonomi yang mengatakan bahwa ketika pemerintah berupaya untuk merangsang perekonomian dengan meningkatkan pengeluaran yang dibiayai oleh utang tidak akan efektif karena investor dan konsumen memahami bahwa utang tersebut pada akhirnya harus dibayar dalam bentuk pajak di masa mendatang.

Dengan kata lain, kesetaraan Ricardian merupakan teori yang menunjukkan bahwa pembiayaan pengeluaran pemerintah dari pajak saat ini atau pajak masa depan (dan defisit saat ini) akan memiliki efek yang setara pada perekonomian secara keseluruhan. Hal ini karena peningkatan defisit publik akan menyebabkan pajak yang lebih tinggi di masa depan.

Dengannya, untuk menjaga pola konsumsi mereka tetap stabil, wajib pajak akan mengurangi konsumsi dan meningkatkan tabungan mereka untuk mengimbangi biaya kenaikan pajak di masa depan ini. Jika pembayar pajak mengurangi konsumsi mereka dan meningkatkan tabungan mereka dengan jumlah yang sama dengan hutang yang harus dibayar pemerintah, tidak ada efek pada permintaan agregat .

Konsep dasar dari ekuivalensi Ricardian adalah bahwa apa pun metode yang dipilih pemerintah untuk meningkatkan pengeluaran, apakah dengan menerbitkan utang publik atau melalui pajak (menerapkan kebijakan fiskal ekspansif ), hasilnya akan tetap sama dan permintaan akan tetap tidak berubah. Dengannya, kebijakan fiskal Keynesian secara umum tidak akan efektif dalam meningkatkan output dan pertumbuhan ekonomi.  

Baca Juga: Memahami Keynesianisme atau Teori Ekonomi John Maynard Keynes

Ekuivalensi Ricardian
Teori ini dikembangkan oleh David Ricardo pada awal abad ke-19 dan kemudian dielaborasi oleh profesor Harvard Robert Barro. Untuk alasan ini, kesetaraan Ricardian juga dikenal sebagai proposisi kesetaraan Barro-Ricardo.

Pemerintah dapat membiayai pengeluaran mereka baik dengan memungut pajak atau dengan meminjam (dan mungkin memajaki nanti untuk membayar hutang). Dalam kedua kasus tersebut, sumber daya riil ditarik dari ekonomi swasta ketika pemerintah membelinya, tetapi metode pembiayaannya berbeda.

Ricardo berpendapat bahwa dalam keadaan tertentu, bahkan dampak finansial dari hal ini dapat dianggap setara, karena wajib pajak memahami bahwa meskipun pajak mereka saat ini tidak dinaikkan dalam kasus pengeluaran defisit, pajak masa depan mereka akan naik untuk membayar hutang pemerintah. 

Baca Juga: Pengertian Utang Negara, Jenis, Indikator, Kelebihan, dan Kekurangannya

Akibatnya, mereka terpaksa menyisihkan sebagian pendapatan saat ini untuk ditabung guna membayar pajak di masa depan. Karena penghematan ini harus melibatkan konsumsi saat ini yang hilang, dalam arti sebenarnya mereka secara efektif mengalihkan beban pajak di masa depan ke saat ini.

Dalam kedua kasus tersebut, peningkatan pengeluaran pemerintah saat ini dan konsumsi sumber daya riil disertai dengan penurunan yang sesuai dalam pengeluaran swasta dan konsumsi sumber daya riil. Dengan demikian, mendanai pengeluaran pemerintah dengan pajak atau defisit saat ini (dan pajak masa depan) setara baik secara nominal maupun riil.
 
Ekonom Robert Barro secara formal memodelkan dan menggeneralisasikan kesetaraan Ricardian, berdasarkan teori ekonomi modern tentang ekspektasi rasional dan hipotesis pendapatan seumur hidup. Kesetaraan Ricardian versi Barro telah ditafsirkan secara luas sebagai merongrong kebijakan fiskal Keynesian sebagai alat untuk meningkatkan kinerja ekonomi.

Karena investor dan konsumen menyesuaikan perilaku belanja dan tabungan mereka saat ini berdasarkan ekspektasi rasional perpajakan di masa depan dan pendapatan setelah pajak seumur hidup yang diharapkan, pengurangan konsumsi swasta dan belanja investasi akan mengimbangi setiap pengiriman pemerintah yang melebihi pendapatan pajak saat ini.

Ide dasarnya adalah bahwa tidak peduli bagaimana pemerintah memilih untuk meningkatkan pengeluaran, baik melalui pinjaman lebih banyak atau pajak lebih banyak, hasilnya tetap sama dan permintaan agregat tetap tidak berubah.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Memahami Kesetaraan Ricardian dan Ekuivalensi Ricardian"