Memahami Keynesianisme atau Teori Ekonomi John Maynard Keynes

Teori Ekonomi John Maynard Keynes
John Maynard Keynes (1883-1946)
Teori Ekonomi John Maynard Keynes
Keynesianisme adalah teori ekonomi yang didasarkan pada ide ekonom Inggris abad ke-20, John Maynard Keynes. Keynesianisme mempromosikan suatu ekonomi campuran, di mana baik negara maupun sektor swasta memegang peranan penting.

Kebangkitan ekonomi Keynesianisme menandai berakhirnya ekonomi laissez-faire, suatu teori ekonomi yang berdasarkan pada keyakinan bahwa pasar dan sektor swasta dapat berjalan sendiri tanpa campur tangan negara.

Keynes menekankan pentingnya permintaan agregat sebagai faktor utama penggerak perekonomian, terutama dalam perekonomian yang sedang lesu. Ia berpendapat bahwa kebijakan pemerintah dapat digunakan untuk meningkatkan permintaan pada level makro, untuk mengurangi pengangguran dan deflasi.

Jika pemerintah meningkatkan pengeluarannya, uang yang beredar di masyarakat akan bertambah sehingga masyarakat akan terdorong untuk berbelanja dan meningkatkan permintaannya sehingga permintaan agregat bertambah. Selain itu, tabungan juga akan meningkat sehingga dapat digunakan sebagai modal investasi, dan kondisi perekonomian akan kembali ke tingkat normal. 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Memahami Keynesianisme atau Teori Ekonomi John Maynard Keynes"