Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nominalisme: Pengertian dan Alirannya

Pengertian Nominalisme
William Ockham
Pengertian Nominalisme
Nominalisme dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah aliran filsafat yang mengajarkan bahwa pengertian umum tidak mencerminkan aspek umum dan aspek yang mempunyai kesamaan tentang eksistensi suatu benda. Nominalisme merupakan aliran ilmu filsafat dan teologi yang muncul pada Abad pertengahan atau sejak abad ke-12.

Nominalisme menganggap bahwa gagasan atau konsep umum yang ada tidak menunjuk pada kenyataan apa pun, maka gagasan hanya kata-kata saja (dalam bahasa Latin nomina) yang disusun akal budi sebagai tanda belaka untuk mengatur keanekaan individual. Terdapat pernyataan umum, tetapi bukan hal yang umum.

Kenyataan adalah kumpulan rupa dari benda dan makhluk individual yang sama sekali berbeda karena tidak dapat dirangkum di bawah gagasan umum, sebab yang umum tidak menunjuk pada sesuatu dalam realitas. Berbagai hal diterangkan menurut apa adanya.

William (Ochkam) dianggap sebagai pelopor Nominalisme, dan dia berpendapat dengan kuat bahwa hanya individu yang ada daripada supra-individual universal, esensi atau bentuk, dan bahwa universal adalah produk abstraksi dari individu oleh pikiran manusia dan tidak memiliki tambahan. eksistensi -mental.

Aliran Nominalisme
1. Nominalisme Predikat
Nominalisme Predikat mengambil garis linguistik bahwa misalnya, dua individu Anjing sama-sama Anjing hanya karena predikat “Anjing” berlaku untuk keduanya meskipun sampai batas tertentu hal ini masih menimbulkan pertanyaan tentang apa sebenarnya predikat tersebut berlaku .

2. Nominalisme Kemiripan
Nominalisme Kemiripan menyatakan bahwa “anjing” berlaku untuk kedua anjing karena mereka menyerupai contoh anjing, contoh adalah model atau pola untuk disalin atau ditiru yang cukup dekat untuk digolongkan bersama sebagai anggota dari jenisnya, atau mereka kurang berbeda satu sama lain daripada mereka berbeda dari hal lain.

3. Nominalisme Psikologi
Nominalisme Psikologi adalah pandangan dalam psikologi yang menjelaskan konsep-konsep psikologis dalam konteks penggunaan bahasa publik.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Nominalisme: Pengertian dan Alirannya"