Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kepribadian ENFP: Pengertian, Karakteristik, Profesi yang Cocok, Tokoh, Kelebihan, Kekurangan, dan Faktanya

Pengertian Kepribadian ENFP
Kepribadian ENFP
Pengertian Kepribadian ENFP
Kepribadian ENFP adalah sebuah akronim dari kepribadian Extraversion, Intuition, Feeling, dan Perceiving (ENFP). Tipe kepribadian ENFP adalah salah satu dari 16 jenis kepribadian yang diidentifikasi oleh indikator tipe Myers-Briggs (MBTI).

Secara umum, tes yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Briggs ini mengacu pada pada empat skala, yaitu Extraversion (E) – Introversion (I), Sensation (S) – Intuition (N), Thinking (T) – Feeling (F), dan Judging (J) – Perceiving (P).

Seseorang dengan kepribadian ENFP biasanya mampu menyebarkan energi positif untuk orang-orang di sekitarnya. Mereka juga sangat menyukai sesuatu yang spontan. Tipe kepribadian ini disebut juga sebagai campaigner atau juru kampanye.

Orang dengan tipe kepribadian ini sering digambarkan sebagai orang yang penuh antusias, karismatik, kreatif, sangat menawan, energik, dan mandiri. Mereka kreatif dan melakukan yang terbaik dalam situasi di mana mereka memiliki kebebasan untuk menjadi kreatif dan inovatif.

Diperkirakan 5 hingga 7 persen populasi manusia memiliki kepribadian ENFP. Apabila dijabarkan satu-persatu, kepribadian ENFP dapat dijelaskan sebagai berikut di antaranya,
1. Extraversion, kecenderungan pada extrovert membuat individu sangat tidak menyukai kesendirian dan sebaliknya, menyukai berada bersama orang banyak serta menghabiskan waktu bersama untuk mengisi energi mereka.
2. Intuition, berarti individu lebih menekankan pada penggunaan intuisi dengan kurang memperhatikan detail-detail kecil dan cenderung melihat segala sesuatu dari gambaran umum atau secara keseluruhan.
3. Feeling, menunjukkan individu yang tidak terlalu menyertakan fakta-fakta objektif dalam membuat keputusan dan justru lebih menekankan pada penggunaan emosi subjektif untuk menetapkan sesuatu.
4. Perceiving, berarti individu tidak menyukai kondisi yang konstan dan sudah terstruktur sehingga cenderung lebih fleksibel dan penuh dengan spontanitas tergantung pada situasi yang terjadi.

Kepribadian ENFP Menurut Para Ahli
1. Utami dan Bahtiar (2020), ENFP adalah tipe kepribadian dalam tes MBTI yang terdiri atas extraversion, intuition, feeling, serta perceiving dan disebut sebagai kepribadian pada individu yang cenderung extrovert atau terbuka dengan kemampuan perasa dan berpikir yang intuitif secara spontan.
2. Dari situs Very Well Mind dan 16personalities, ENFP menunjukkan individu yang biasa disebut dengan “the champion” atau “campaigner”. Hal tersebut disebabkan oleh keinginan mereka yang kuat untuk membantu orang lain dan menciptakan dunia yang lebih baik untuk semua orang.

Karakteristik Kepribadian ENFP
Beberapa karakteristik utama orang dengan kepribadian ENFP di antaranya,
1. Berjiwa pemimpin
Individu dengan kepribadian ENFP biasanya memiliki keterampilan komunikasi, secara lisan maupun tulisan, yang sangat baik. Ia juga umumnya memiliki kekuatan untuk mendorong dan membantu orang lain dalam merealisasikan ide-ide yang positif.

Dengan keterampilan komunikasi yang sangat baik, individu dengan kepribadian ENFP sangat ideal untuk menjadi seorang pemimpin.

2. Memiliki kepedulian yang tinggi
Individu dengan kepribadian ENFP memiliki kemampuan untuk memahami apa yang dirasakan orang lain dengan cepat. Tak hanya memahami orang lain, ia juga memiliki rasa peduli yang tinggi terhadap sesama. Hal inilah yang membuatnya sangat suka menolong orang lain.

3. Mengutamakan perasaan
Saat individu dengan kepribadian ENFP dihadapkan pada pilihan, ia akan lebih mengikuti perasaannya dibandingkan mempertimbangkan logika atau hal-hal yang bersifat objektif saat membuat keputusan.

4. Memiliki kemampuan sosialisasi yang baik
Individu dengan kepribadian ENFP adalah seorang yang ekstrovert. Artinya, ia sangat suka menghabiskan waktu dengan orang lain. Hal ini karena bersosialisasi merupakan sumber energi dan cara yang tepat untuk meningkatkan semangatnya.

Meski individu dengan kepribadian ENFP sangat suka berada pada situasi sosial, ia tetap membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri. Biasanya, waktu tersebut digunakan untuk berpikir dan merenung.

5. Memiliki sikap fleksibel
Fleksibel juga merupakan salah satu karakteristik tipe kepribadian ENFP. Individu ENFP cenderung lebih suka saat ia memiliki banyak opsi terhadap suatu hal. Selain itu, orang dengan kepribadian ENFP umumnya juga spontan dan mudah beradaptasi dengan perubahan-perubahan dalam hidupnya.

Sementara dari situs Very Well Mind yang menyebutkan karakteristik-karakteristik kunci yang umumnya dimiliki oleh individu dengan kepribadian ENFP di antaranya,
1. Individu yang berkepribadian ENFP mempunyai keterampilan dalam berhubungan dengan orang lain yang sangat baik. Mereka memiliki antusiasme yang sangat tinggi dan benar-benar tulus dalam memperhatikan orang lain.
2. Dapat memahami orang lain dengan sangat baik mengenai kondisi atau perasaannya dan membuat mereka mampu menjadi pemimpin yang baik dengan semangat tinggi, kharisma, serta kreativitas.
3. ENFP biasanya sangat tidak menyukai aktivitas yang rutin dan konstan. Mereka lebih memilih untuk fokus pada masa depannya dengan menciptakan berbagai ide baru hingga terkadang justru melakukan kewajibannya mendekati tenggat waktu.
4. Aktivitas yang bentuknya rutinitas membuat masalah pada mereka sehingga sering kali tidak dapat mengorganisasikannya atau justru menunda-nunda tugasnya.
5. Terkadang mereka bisa memikirkan berbagai ide dan gagasan, tetapi tidak dapat melihatnya hingga tuntas.
6. Mudah terdistraksi atau hilang fokus, terutama ketika sedang mengerjakan sesuatu yang dirasa membosankan atau kurang penting bagi mereka.
7. Merupakan pribadi yang fleksibel sehingga bersedia terbuka terhadap beberapa pilihan yang ada. Selain itu, mereka juga penuh dengan spontanitas sehingga memiliki kemampuan adaptasi yang sangat baik.

Profesi yang Cocok untuk Kepribadian ENFP
Dalam hal karier, orang dengan tipe kepribadian ENFP akan cocok dengan pekerjaan yang tidak dibatasi oleh jadwal ketat dan tugas-tugas rutin yang mendetail.

Individu dengan kepribadian ini cenderung menyukai pekerjaan-pekerjaan menantang dengan lingkungan kerja yang fleksibel. Dengan begitu, ia bisa melihat peluang-peluang baru untuk dijadikan inovasi di masa depan.

Beberapa contoh pekerjaan yang cocok untuk kepribadian ENFP meliputi psikolog, wartawan, aktor, penyiar TV, perawat, pekerja sosial, politikus, dan konselor.

Tokoh dengan Kepribadian ENFP
Berdasarkan situs 16personalities, Very Well Mind, Truity, dan Jagad.id, berikut adalah nama-nama tokoh yang sudah populer dengan kepribadian ENFP di antaranya Salvador Dali, Russell Brand, Quentin Tarantino, Edith Wharton, Phil Donahue, Julie Andrewa, Carol Burnett, Joan Baez, Regis Phibin, Andy Kaufmann, Meg Ryan, Bill Clinton, Dr. Seuss, Drew Barrymore, Alicia Silverstone, Mark Twain, Robin Williams, Ron Weasley, Kelly Clarkson, Will Smith, Ellen DeGeneres, Robert Downey, Jr., RM (Kim Nam-Joon).

Kelebihan Kepribadian ENFP
Juru kampanye yang kreatif dan berjiwa bebas ini punya banyak kelebihan di antara,
1. Punya banyak rasa penasaran membuat mereka suka mengeksplor, tidak takut keluar zona nyaman, imajinatif, dan open minded.
2. ENFP punya kecenderungan peduli pada banyak orang. Mereka juga memperhatikan dan mempertimbangkan mood dan ekspresi sekitarnya.
3. Tipe kepribadian MBTI ini adalah orang yang pandai berkomunikasi dan mudah bersosialisasi dengan banyak orang. Mereka suka pembicaraan yang dalam tapi juga bisa basa-basi.
4. Kelebihan lain dari ENFP adalah mereka orang yang hangat dan punya niat baik. Mereka seperti bisa menyukai dan akrab dengan semua orang.

Kekurangan Kepribadian ENFP
Ada kelebihan ada pula kekurangan atau sisi gelap dari kepribadian ENFP. Sifat mereka yang kreatif dan berjiwa bebas juga bisa mendatangkan masalah.
1. Karena niatnya yang baik, ENFP kerap kali jadi people pleaser. Ingin menyenangkan banyak orang tentu kadang bisa merugikan diri sendiri.
2. Kadang mereka juga kurang fokus dan disiplin karena suka mengeksplor banyak hal dan kesukaan.
3. ENFP bisa jadi orang yang sangat antusias dengan banyak hal tapi melewatkan kerapian.
4. Punya sikap yang positif dan selalu ceria bisa membuat mereka merasa kelelahan juga. Apalagi hal itu dilakukan di berbagai tempat, seperti kantor, rumah, dan dalam hubungan asmara.

Fakta Terkait Kepribadian ENFP
Dilansir dari situs Truity, berikut merupakan berbagai fakta menarik tentang kepribadian ENFP di antaranya,
1. Populasi ENFP di seluruh dunia terhitung sedang, yakni terdapat sekitar 8,1 persen orang dengan kepribadian ini.
2. Berdasarkan penilaian beberapa psikolog, ENFP adalah kepribadian yang paling sering mengalami masalah di sekolah dibanding kepribadian lain.
3. Tipe kepribadian yang memiliki sumber-sumber coping stress terbanyak dibandingkan dengan tipe kepribadian lainnya.
4. Laki-laki yang berkepribadian ENFP paling jarang mengalami penyakit kronis.
5. Perempuan yang berkepribadian ENFP paling jarang mengalami penyakit jantung.
6. Secara akademis menjadi orang yang paling bertalenta di sekolah dasar.
7. Memiliki nilai pribadi berupa keluarga, persahabatan, kreativitas, pendidikan, serta pelayanan publik.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Kepribadian ENFP: Pengertian, Karakteristik, Profesi yang Cocok, Tokoh, Kelebihan, Kekurangan, dan Faktanya"