Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Visual Studio: Pengertian, Fitur, Kelebihannya

Pengertian Visual Studio atau VSCode
Visual Studio (VSCode)
Pengertian Visual Studio
Visual Studio (VSCode) adalah code editor gratis miliki Microsoft yang bisa digunakan pada perangkat Windows, Linux dan Mac OS dalam pengembangan aplikasi, baik itu aplikasi bisnis, aplikasi personal, ataupun komponen aplikasinya, dalam bentuk aplikasi console, aplikasi Windows, ataupun aplikasi Web.

Visual Studio mencakup kompiler, SDK, Integrated Development Environment (IDE), dan dokumentasi (umumnya berupa MSDN Library). Kompiler yang dimasukkan ke dalam paket Visual Studio antara lain Visual C++, Visual C#, Visual Basic, Visual Basic .NET, Visual InterDev, Visual J++, Visual J#, Visual FoxPro, dan Visual SourceSafe.

Bahasa Pemrograman yang Mendukung Visual Studio
Beberapa bahasa pemrograman yang didukung oleh visual studio di antaranya C#, Razor, Typescript, JavaScript, JSON, HTML, CSS, Markdown, PowerShell, Python, Visual Basic, C++, PHP, Julia, R, Rust, Go, F#, T-SQL, Dart, Ruby, .NET, Dan masih banyak lagi. Dari daftar tersebut hampir semua bahasa pemrograman bisa menggunakan code editor dari Microsoft Visual Studio.

Fitur Visual Studio
1. Cross Platform
Fitur pertama dari Visual Studio bisa Anda gunakan untuk platform yang berbeda seperti Windows, MacOS dan Linux. Jadi Anda cukup belajar satu aplikasi pemrograman saja untuk platform OS yang berbeda.

2. Debug
Debugging adalah fitur penting sebelum aplikasi benar-benar jadi. Prosesnya dengan mengeksekusi program yang sudah dibuat kemudian mencari bug/error program kemudian melakukan pembetulan. Proses debug ini memakan waktu yang tidak sedikit, karena Anda akan melakukan testing berulang sampai program benar-benar jadi.

3. Collaborate
Visual Studio memungkinkan Anda untuk membuat, membangun dan mengelola proyek dengan kemampuan untuk kolaborasi pekerjaan secara online. Program ini cocok untuk Anda yang sedang membangun perangkat lunak dengan tim yang banyak.

4. Extend
Visual Studio memungkinkan Anda menambahkan ekstension tambahan yang tidak dimiliki oleh code editor lain. Anda bisa install tools pendukung dari bahasa pemrograman lain yang Anda butuhkan sehingga proses develop program menjadi lebih enak.

5. Github Integration
Github merupakan platform manajemen proyek pemrograman terbesar di dunia. Kabar baiknya code editor Visual Studio sudah mendukung integrasi dengan Github. Cukup menambahkan tools extend saja pada Visual Studio.

Kelebihan Visual Studio
Berikut kelebihan dari Visual Studio di antaranya,
1. Gratis
Bagi Anda yang membutuhkan code editor gratis, Visual Studio menjadi pilihan yang paling tepat. Visual Studio dibangun secara open-source, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli lisensi program.

2. Support banyak platform
Seperti sudah dijelaskan di atas bahwa Visual Studio support untuk sistem operasi yang berbeda. Ini menjadi kelebihan yang tidak dimiliki oleh code editor lain, Anda bisa menggunakan satu code editor untuk platform yang berbeda.

3. Support banyak bahasa
Visual Studio memiliki support bahasa pemrograman yang banyak sehingga membantu Anda dalam proses pengembangan software. Contohnya JavaScript, TypeScript, CSS, HTML dan bahasa pemrograman populer lainnya.

4. Fitur lengkap
Kelebihan kedua dari Visual Studio adalah fitur yang lengkap dengan adanya extensions. Jadi Anda bisa menambahkan tools lain yang belum ada pada Visual Studio standar.

5. Performa cepat
Performa Visual Studio bisa dibilang cepat walaupun Anda banyak menambahkan ekstension. Hal ini terjadi karena ekstension sudah dilakukan optimasi yang bagus sehingga tidak mengganggu performa code editor utama.

6. Tampilan menarik
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Visual Studio adalah kemudahan dalam menulis code dengan bantuan warna. Sidebar pada Visual Studio juga sangat membantu pekerjaan Anda.

7. Arsitektur terbaik
Visual Studio dibangun dengan arsitektur terbaik, hal ini tidak lepas dari pemilik code editor ini adalah Microsoft. Bagi Anda yang mencari code editor lintas platform, Visual Studio adalah pilihan yang paling tepat.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Visual Studio: Pengertian, Fitur, Kelebihannya"