Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

NAS: Pengertian, Fungsi, dan Keuntungan Penggunaannya

Pengertian NAS atau Network Attached Storage
NAS (Network Attached Storage)
Pengertian NAS
NAS (Network Attached Storage) adalah piranti penyimpanan data dengan sistem operasi yang dikhususkan untuk melayani kebutuhan backup dan share data. NAS dapat di akses langsung melalui jaringan dengan protokol seperti TCP/IP.

NAS dilengkapi dengan tempat penyimpanan berupa harddisk, memiliki perangkat lunak sendiri untuk pengelolaan dan bertugas untuk menyimpan/backup serta men-share file dalam sebuah jaringan. NAS Storage Server terhubung ke jaringan LAN menggunakan Ethernet Switch.

Komputer-komputer yang berada dalam jaringan LAN tersebut dapat menggunakan NAS secara langsung melalui jaringan LAN. Contoh aplikasinya adalah file server.  NAS ini lebih tepatnya dipahami sebagai storage yang dimasukkan(diattach) ke jaringan/network LAN.

Fungsi NAS
NAS memegang peran penting dalam menjaga semua data perusahaan agar tetap akurat, aman dan juga terjaga. Berikut beberapa fungsi NAS di antaranya,
1. Mengakses Data Jauh Lebih Cepat
Jika Anda menggunakan perangkat NAS, proses akses data akan jauh lebih cepat. Karena hardware sudah progress dengan LAN, sehingga NAS akan membantu perusahaan Anda dalam mengelola data tanpa harus menyita waktu yang cukup banyak. Anda akan mendapatkan kemudahan dalam mengolah data yang masuk maupun yang akan di bagi ke staf-staf terkait data tersebut.

2. Minim Biaya Dan Mudah Dalam Perawatannya
Selain sudah memiliki instruktur untuk melakukan perawatan dan juga perbaikan. NAS juga dibuat dengan sangat simple dan ringan. Sehingga Anda juga bisa melakukan perawatan sendiri. Tentunya, hal ini akan sangat menghemat biaya perusahaan daripada harus membeli hardware data yang biaya maintenancenya cukup mahal dan juga besar.

Jadi, NAS akan memangkas biaya maintenance perusahaan Anda terkait dengan data yang dimiliki.

3. Memiliki Software Yang Open Source
Dengan menggunakan NAS, Anda tak harus lagi menginstal software yang disediakan pihak ketiga. Karena software ini sudah terinstal dengan otomatis di dalam perangkat. Jadi, NAS bisa dibilang sebagai sistem penyimpanan data berbasis jaringan yang memang cukup lengkap bagi Anda dan perusahaan Anda.

4. Cocok Untuk Semua Format data
Perangkat NAS tak hanya digunakan untuk menyimpan data kerja dengan format word, powerpoint atapun aplikasi yang berbasis arsip lainnya. Akan tetapi, NAS juga bisa dijadikan sarana untuk menyimpan data kerja dengan format video, audio, image maupun format data lainnya. Dengan begitu, Anda tidak usah kebingungan lagi.

5. Proses Back Up Data Yang Aman
NAS ternyata juga bisa digunakan untuk memback up data. Sehingga, semua kekhawatiran kia mengenai kerusakan atau kehilangan data bisa teratasi. Karena semua data yang Anda buat akan secara otomatis ter backup jika menggunakan NAS ini. NAS juga memiliki keamanan back up data yang luar biasa, karena aman dari kejahatan peretasan atau virus.

Keuntungan Penggunaan NAS
Berikut beberapa keuntungan menggunakan NAS di antaranya,
1. Pengaturan yang Mudah
Kemudahan dalam melakukan pengaturan pada NAS menjadi salah satu daya tarik yang bisa Anda pertimbangkan. Dengan sistem interface yang sangat mudah Anda dapat melakukan setting sesuai keinginan.

2. Keamanan Data yang Terjamin
NAS juga menawarkan perlindungan data yang mumpuni. Risiko hilang data akan sangat kecil terjadi karena biasanya terdapat fitur rescue data recovery yang akan memulihkan data-data Anda jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Data Tidak Mudah Diretas
Selain menjaga data agar tidak hilang, NAS juga menjamin data-data penting Anda tidak bisa diakses atau diretas orang lain untuk tujuan negatif. NAS sendiri bagian dari jaringan cloud yang sifatnya private jadi dokumen Anda tidak akan bocor ke tangan orang lain yang tidak berkepentingan.

4. Menambah Storage pada Komputer
NAS juga dapat dipakai sebagai tambahan storage pada komputer Anda. Dengan menggunakan NAS Anda bisa menerapkan metode cloud sehingga storage juga dapat ditambah secara cloud.

5. Adanya Fitur Data Share Media
Dengan adanya fitur data share media, NAS memungkinkan Anda untuk melakukan pengiriman data ke perangkat yang berbeda-beda dalam waktu singkat.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "NAS: Pengertian, Fungsi, dan Keuntungan Penggunaannya"