Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bcc Pada Email: Pengertian, Penggunaan, dan Perbedaannya dengan Cc

Pengertian Bcc atau Blind carbon copy Pada Email Bcc
Bcc (Blind carbon copy) Pada Email Bcc
Pengertian Bcc Pada Email
Bcc (Blind carbon copy) adalah fasilitas email yang digunakan untuk mengirim email salinan tanpa terlihat oleh penerima lainnya. Penerima email Anda hanya akan dapat melihat penerima lainnya di kolom Cc.

Misalnya Anda mengirim email pada atasan Anda dan menggunakan Cc untuk menyalin dan mengirimnya ke rekan kerja Anda. Kemudian Anda juga mengirimkan email tersebut dengan Bcc pada teman kuliah Anda.

Atasan dan rekan kerja Anda tidak akan tahu bahwa Anda mengirimkan email tersebut pada saat yang bersamaan pada teman kuliah Anda juga, karena Bcc tidak akan tercantum di email yang terkirim.

Penggunaan Bcc Pada Email
Bcc pada email dibutuhkan dalam beberapa situasi di antaranya,
1. Jika tidak ingin penerima utama tahu
Misalnya ketika memberikan bukti perilaku buruk atasan kepada HR atau ketika Anda ingin mengingatkan atasan tentang masalah yang Anda hadapi dengan klien. Meski begitu, diskusikan strategi ini dengan penerima Bcc agar mereka tidak membalas email tersebut dengan menekan Reply All sehingga penerima utama atau Cc email tahu bahwa Anda diam-diam meneruskan email tersebut ke pihak lain.

2. Mengirim email ke mailing list
Saat mengirimkan email ke banyak penerima yang tidak saling mengenal sangat penting untuk menggunakan Bcc agar Anda tidak melanggar privasi mereka.

3. Mengirim newsletter
Anda dapat menggunakan Bcc saat mengirim buletin perusahaan untuk menghindari kebocoran nama pelanggan dan alamat email satu sama lain tanpa persetujuan mereka.

Perbedaan Cc dan Bcc dalam E-mail
Perbedaan Cc dan Bcc terletak dari fungsi dan juga manfaatnya dalam berkirim email.
1. Memiliki arti pengertian yang berbeda antara Cc dan Bcc
Cc dan Bcc sama-sama untuk mengirim email, namun terdapat makna yang berbeda dari kedua hal tersebut. Cc lebih kepada Salinan karbon seperti pada umumnya sama dengan surat. Sedangkan Bcc juga sama Salinan karbon namun lebih bersifat rahasia atau tertutup.

2. Memiliki unsur penerima pesan yang berbeda
Pada Cc Salinan email yang dikirimkan bisa dilihat oleh seluruh penerima email bahkan meliputi seluruh histori balasan. Berbeda dengan penerima yang masuk ke dalam daftar Bcc. Penerima tersebut hanya bisa menampilkan email yang pertama kali dikirim oleh si pengirim.

3. Nama penerima email
Pada Cc seluruh penerima email memiliki fasilitas yang sama yaitu bisa melihat penerima lain yang turut dikirim email. Tentu saja hal ini berbeda dengan Bcc yang menyembunyikan nama penerima email lain.

Dari berbagai sumber

Lihat Juga: Cc dalam E-mail: Pengertian, Fungsi, Cara Menggunakan, dan Perbedaannya dengan Bcc

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Bcc Pada Email: Pengertian, Penggunaan, dan Perbedaannya dengan Cc"