Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cc dalam E-mail: Pengertian, Fungsi, Cara Menggunakan, dan Perbedaannya dengan Bcc

Pengertian Cc dalam E-mail
Cc dalam E-mail
Pengertian Cc dalam E-mail
Cc (Carbon Copy) dalam e-mail adalah cara yang mudah untuk mengirimkan salinan e-mail ke orang lain selain ke penerima utama. Istilah Cc berasal konsep membuat salinan dengan menggunakan kertas karbon. Umumnya, email ini digunakan saat ingin mengirim pesan ke banyak pihak atau tim di kantor yang sudah saling mengenal. Pada kolom ini penerima utama bisa melihat siapa saja yang menerima Cc email.

Cc pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan kolom “to” saat mengirimkan email. Kemudian, penerima utama yang dimasukkan pada kolom “to” akan berpengaruh langsung oleh email dan diharapkan untuk menanggapi email tersebut.

Biasanya kolom Cc digunakan untuk memasukkan penerima tambahan dengan maksud untuk membuat orang tersebut tetap terhubung dengan rangkaian email tersebut tanpa ada kewajiban untuk merespon atau memberikan tanggapan terkait email. Cc juga kerap disebut sebagai “courtesy copy”.

Fungsi Cc dalam E-mail
Singkatan CC berasal dari "carbon copy". Dengan menyelipkan kertas karbon di antara dua kertas, maka ketika Anda menulis di kertas teratas, tekanan pena akan membuat apa yang Anda tulis akan tersalin ke kertas di bawah kertas karbon. Dengan begitu, Anda tidak perlu menulis dua kali.

Fungsi CC pada email memiliki fungsi yang sama. CC digunakan untuk mengirimkan salinan sebuah email ke orang lain.

Bagian "Kepada" dan "CC" memiliki fungsi yang sama. Orang-orang yang alamat emailnya dimasukkan ke dua bagian ini akan menerima email yang dikirimkan dan mengetahui bahwa orang lain juga mendapatkan email tersebut.
 
Biasanya, penggunaan CC berdasarkan etika mengirimkan email. Alamat email dari penerima utama biasanya dimasukkan ke dalam bagian "Kepada", sementara orang lain yang perlu tahu tentang informasi dalam email, alamatnya akan masuk ke bagian "CC". Namun, tidak ada pakem tentang penggunaan bagian "Kepada" dan "CC".

Cara Menggunakan Cc dalam E-mail
Dalam email, terdapat tiga 3 kolom yang disediakan, yaitu ‘to’, ‘Cc’, ‘Bcc’.
1. Kolom ‘to’
Kolom ini biasanya diisi dengan alamat penerima utama email kita. Kolom ini bisa diisi hanya 1 alamat email atau lebih. Anda dapat mengisinya lebih dari satu alamat email dengan menggunakan tanda koma sebagai pemisah antar alamat email.

Contoh: abcd@gmail.com, efgh@gmail.com, ijkl@yahoo.com. Perlu Anda perhatikan bahwa masing-masing penerima email biasanya akan mengetahui kepada siapa saja email tersebut dikirimkan.

2. Kolom ‘Cc’
Jika Anda sering menulis laporan nota kwintansi, Anda pasti tahu fungsi Cc. Fungsinya sama seperti kopi karbon pada nota kwitansi. Jadi kolom Cc berfungsi membuat kopi dari email yang dibuat. Umumnya, Cc dapat diisi dengan alamat email pihak ketiga sebagai bukti bahwa Anda telah mengirimkan email tersebut, misalnya alamat email kantor.

Alamat email yang baik pada ‘Cc’ maupun ‘to’ dapat saling melihat alamat email masing-masing, dikirimkan kemana saja email tersebut, termasuk copy-nya.

3. Kolom ‘Bcc’
Kolom Bcc ini memiliki tujuan untuk menutupi semua alamat email yang ada sehingga penerima email tidak mengetahui email tersebut ditujukan kemana saja.

Pada email tersebut seakan-akan ditujukan hanya kepada penerima email. Biasanya kolom Bcc ini difungsikan untuk menghindari email spam, dan dipakai pada mailing list yang mengirimkan email pada banyak orang sekaligus.

Cara menggunakannya yaitu mengisikan alamat email pada kolom ‘to’, kemudian semua alamat email penerima pada ‘Bcc’.

Perbedaan Cc dan Bcc dalam E-mail
Perbedaan Cc dan Bcc terletak dari fungsi dan juga manfaatnya dalam berkirim email.
1. Memiliki arti pengertian yang berbeda antara Cc dan Bcc
Cc dan Bcc sama-sama untuk mengirim email, namun terdapat makna yang berbeda dari kedua hal tersebut. Cc lebih kepada Salinan karbon seperti pada umumnya sama dengan surat. Sedangkan Bcc juga sama Salinan karbon namun lebih bersifat rahasia atau tertutup.

2. Memiliki unsur penerima pesan yang berbeda
Pada Cc Salinan email yang dikirimkan bisa dilihat oleh seluruh penerima email bahkan meliputi seluruh histori balasan. Berbeda dengan penerima yang masuk ke dalam daftar Bcc. Penerima tersebut hanya bisa menampilkan email yang pertama kali dikirim oleh si pengirim.

3. Nama penerima email
Pada Cc seluruh penerima email memiliki fasilitas yang sama yaitu bisa melihat penerima lain yang turut dikirim email. Tentu saja hal ini berbeda dengan Bcc yang menyembunyikan nama penerima email lain.

Dari berbagai sumber

Lihat Juga: Bcc Pada Email: Pengertian, Penggunaan, dan Perbedaannya dengan Cc

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Cc dalam E-mail: Pengertian, Fungsi, Cara Menggunakan, dan Perbedaannya dengan Bcc"