Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Repeater: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Pengertian Repeater atau wifi extender
Repeater (Wifi Extender)
Pengertian Repeater
Repeater (pengulang) adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menerima sinyal dan kemudian memancarkannya kembali. Repeater digunakan untuk memperpanjang transmisi, sehingga sinyal dapat mencakup jarak yang lebih jauh atau dapat diterima di sisi lain dari suatu penghalang.

Agar dapat menggunakan repeater paling tidak Anda harus mendapatkan sinyal terlebih dahulu kemudian baru disebarkan dengan sinyal yang lebih kuat. Dengan menggunakan repeater maka pengiriman data dari satu node ke node lain akan memiliki kualitas yang sama.

Repeater umumnya digunakan pada topologi bus, di mana sinyal hanya diperkuat dari satu segmen kabel lainnya saja. Karena manfaatnya yang bisa memperluas jangkauan wifi, repeater juga disebut dengan wifi extender.

Selain untuk WiFi, terdapat juga jenis repeater untuk kabel. Fungsi repeater kabel ini untuk menguatkan sinyal data yang ditransmisikan melalui kabel jaringan, biasanya setiap jarak berapa meter Anda perlu menambahkan repeater kabel agar sinyal data tetap kuat.

Fungsi Repeater
Terdapat beberapa fungsi penting yang dimiliki repeater di antaranya,
1. Untuk mencakup daerah yang memiliki sinyal lemah dari jaringan server.
2. Untuk memberikan kemudahan akses sinyal wifi dari server utama.
3. Untuk memperluas jangkauan sinyal dari
wifi utama.

Jenis Repeater
Terdapat beberapa jenis repeater yang ada saat ini di antaranya,
1. Telephone repeater
Telepon repeater merupakan jenis repeater yang memiliki fungsi untuk menguatkan sinyal telepon yang melemah karena jarak yang jauh. Alat ini biasanya dipasang pada saluran telepon jarak jauh agar sinyal yang diterima antar pengguna bisa selalu bagus.

2. Optical Communications Repeater
Optical communication repeater ini merupakan jenis repeater yang memiliki fungsi untuk menguatkan sinyal pada kabel fiber optic.

3. Radio Repeater
Jenis repeater yang terakhir adalah radio repeater. Repeater jenis ini fungsinya untuk menguatkan sinyal radio termasuk jaringan WiFi. Jenis radio repeater seperti ini biasanya memiliki bentuk dengan beberapa antena yang berfungsi sebagai receiver dan transmitter.

Cara Kerja Repeater
Berikut cara kerja repeater sebagai penguat sinyal di antaranya,
1. Menerima sinyal dari server.
2. Sinyal dipancarkan menuju wilayah yang dapat terjangkau oleh alat tersebut.
3. Sinyal diperkuat melalui 2 komponen yaitu client dan access point.
4. Setelah menerima sinyal yang dipancarkan dari access point, maka akan ada perubahan frekuensi.
5. Perubahan frekuensi memancarkan sinyal kembali (pengulangan) agar lebih kuat.
6. Sinyal kuat, jangkauan luas.

Prinsip kerja tersebut dilakukan oleh sistem analog dan juga digital repeater. Analog merupakan sebuah sistem yang dapat mengirim sinyal dalam bentuk data analog. Daya listrik dari sistem analog menyesuaikan besaran sinyal yang terkirim atau besar amplitudo.

Sedangkan sebuah digital merupakan sistem pengiriman sinyal dalam bentuk digital, dan data yang terkirim menggunakan angka binary (1 dan 0) serta beberapa proses kerja tambahan lainnya.

Sinyal yang kuat sangat bermanfaat untuk mengakses sebuah data, akan tetapi data tersebut tidak akan terkirim maupun diterima oleh perangkat jaringan komputer tanpa adanya alat yang disebut dengan Router.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Repeater: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya"