Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Palapa Ring: Pengertian dan Wilayahnya

Pengertian Palapa Ring atau Tol Langit
Palapa Ring (Tol Langit)
Pengertian Palapa Ring
Palapa Ring (Tol Langit) adalah proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi dan 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, dan kabel darat 21.807 kilometer.

Proyek jaringan data ini dibangun oleh pemerintah dan pihak swasta yang bertujuan untuk menciptakan tol informasi internet cepat yang merata di seluruh Indonesia. Proyek tersebut telah selesai dibangun pada Agustus 2019 dan menghubungkan 33 provinsi di Indonesia memakai kabel serat optik.

Palapa ring disebut sebagai proyek infrastruktur telekomunikasi terbesar di Indonesia. Secara teknis, Ring merupakan jaringan berbentuk cincin yang mengitari Indonesia dan menghubungkannya dengan yang lain. Proyek ini adalah proyek investasi dengan nilai Rp 5,13 triliyun.

Akselerasi pemerataan dan pertumbuhan pembangunan ekonomi sosial dengan ketersediaan infrastruktur jaringan diharapkan bisa memberi jaminan kualitas internet untuk semua penggunanya. Bukan hanya itu, adanya proyek ini juga diharapkan bisa menjamin komunikasi yang lebih murah, mudah dan juga aman.

Wilayah Proyek Palapa Ring
Proyek Palapa Ring memiliki tujuan untuk mengintegrasikan wilayah Indonesia yang membentang dari Sumatra Utara hingga Papua bagian Barat. Palapa Ring merupakan proyek strategis nasional pembangunan jaringan tulang punggung (backbone) serat optik nasional yang menghubungkan seluruh Ibu Kota di 514 kota atau kabupaten di Indonesia.

Sebanyak 457 kota atau kabupaten di antaranya merupakan daerah yang terjangkau jaringan telekomunikasi. Jejaring tersebut dibangun oleh pihak swasta.

Sementara, 57 kota atau kabupaten lainnya merupakan daerah terpencil dengan kondisi dan kontur geografis yang sulit untuk mendapatkan jaringan telekomunikasi. Hal itu dinilai tak bernilai keuntungan bagi perusahaan yang membangun.

Berdasarkan geografis yang sudah terpetakan, proyek Palapa Ring akan dibagi ke dalam 3 (tiga) bagian. Di antaranya Paket Barat, Tengah, dan Timur untuk usaha merealisasikan mimpi seluruh Indonesia saling terintegrasi 100 persen.
1. Palapa Ring Timur
Teknologi palapa ring paket timur memakai kabel serat optik sepanjang 6878 kilometer. Proyek ini adalah proyek terakhir telekomunikasi setelah proyek barat dan tengah selesai dilakukan. Bisa disebut jika proyek ini adalah yang paling sulit dan juga mahal dibanding dua proyek sebelumnya. Wajar karena medan yang cukup sulit ditambah SDM yang kurang memadai.

Proyek ini telah selesai dan mulai beroperasi sejak 29 Agustus 2019 lalu. Proyek Palapa sektor timur ini menjangkau 51 kota dan kabupaten dan melalui 4 provinsi, yakni Provinsi Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua dan Papua Barat. Setidaknya ada 35 kabupaten kota layanan dan 16 kota interkoneksi. Di dalamnya ada banyak proyek tambahan untuk setiap kabupaten dengan biaya per bulan yang berbeda.

2. Palapa Ring Barat
Jaringan backbone Ring Barat ini menghubungkan kabupaten dan juga kota yang ada di Kalimantan dan Sumatera. Untuk menghubungkan setiap kota dan kabupaten di dua pulau tersebut, setidaknya ada 1980 kilometer kabel serat optik yang membentang.

Ring Barat ini telah berfungsi normal sejak Maret 2019 lalu. Sama dengan Ring lain, ada  batasan penetapan tarif untuk menggunakannya. Di mana tarif penggunaannya dibagi menjadi dua bagian, yakni tarif penyediaan kapasitas pita lebar atau bandwidth dan juga dark fiber atau tarif penyediaan kabel serat optik pasif.

3. Palapa Ring Tengah
Selain dua proyek besar Palapa Ring tersebut, ada juga proyek Ring tengah yang menghubungkan 27 kabupaten di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Kalimantan, dan juga Maluku Utara.

Ring tengah menggunakan kabel serat optik sepanjang 1326 kilometer dengan kabel laut sepanjang 1787 kilometer. Dengan adanya proyek ini tentu kemudahan internet dan komunikasi bakal lebih mudah, aman dan nyaman.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Palapa Ring: Pengertian dan Wilayahnya"