Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

NFC: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Jenis Perangkat, Model Operasi, dan Cara menggunakannya

Pengertian NFC atau Near Field Communication
NFC (Near Field Communication)
Pengertian NFC
NFC (Near Field Communication) atau komunikasi medan dekat adalah bentuk komunikasi nirkabel jarak-pendek di mana antena yang digunakan lebih pendek daripada gelombang sinyal operator. NFC memungkinkan dua perangkat elektronik berkomunikasi secara nirkabel ketika perangkat-perangkat tersebut berada dalam jarak dekat.

Untuk itu, kedua perangkat tersebut harus dilengkapi dengan chip NFC baik perangkat yang memancarkan sinyal maupun perangkat yang menerima sinyalnya. Jangkauan komunikasi NFC hanya sekitar 10cm atau sekitar 4 inci. Saat ini, standar NFC mendukung kecepatan transmisi data hingga 424 kbit/s.

Fitur NFC ditemukan dan dipatenkan oleh Charles Walton pada tahun 1983. Pada dasarnya, fitur NFC sendiri merupakan pengembangan lebih lanjut dari RFID (Radio Frequency Identification) yang lebih dulu ditemukan.

Fungsi NFC
Keunggulan NFC adalah pada kecepatan koneksinya. Dalam waktu kurang dari 10 detik, dua perangkat dapat terhubung menggunakan NFC, yang lebih cepat dari bluetooth. Saat ini, NFC masih terbatas pada smartphone kelas menengah dan smartphone flagship. Beberapa fungsi NFC yang dapat di gunakan di antaranya,
1. Pembayaran (Contactless Payments)
Smartphone NFC dapat melakukan pembayaran hanya dengan memberikan jarak yang lebih dekat dengan kantor pos. Misalnya, pembuat ponsel Android Samsung memiliki jalur pembayaran Samsung Pay. Aplikasi Samsung Pay awalnya dibuat untuk ponsel dengan NFC. Tanpa ponsel NFC, Samsung Pay tidak akan banyak berguna.

Bergunanya Samsung Pay dan NFC, hebatnya pengguna dapat melakukan pembayaran tanpa kontak. Masukkan data kartu kredit atau debit Anda ke Samsung Pay, ketika Anda ingin membayar kasir, cukup buka Samsung Pay dan tempelkan atau dekatkan ponsel Anda ke reader.

2. Membaca saldo elektronik (crypto)
Jika Anda sering menggunakan nomor telepon atau dompet elektronik, ponsel dengan NFC akan sangat berguna. Anda tidak perlu ke ATM atau ke Indomaret dan Alfamart untuk cek saldo.

3. Mentransfer data ke PC
Beberapa PC saat ini bahkan sudah dilengkapi dengan teknologi NFC. Jika ponsel Anda juga memiliki NFC, maka Anda dapat menggunakannya untuk mentransfer data dari ponsel Anda ke PC tanpa kabel, tanpa Bluetooth, cukup NFC.

4. Koneksi wifi
Saat ini terdapat alat Wi-Fi porter yang sangat berguna sehingga Anda dapat langsung mengakses Wifi publik tanpa memasukkan kata sandi. Anda bisa colokkan ponsel Anda yang sudah ada NFC, lalu ke porter Wi-Fi dan voila. Anda terhubung langsung ke wifi.

Cara Kerja NFC
Secara umum, NFC memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi daripada bluetooth karena jangkauannya lebih pendek. NFC lebih cocok untuk area ramai dalam menghubungkan sinyal dengan transmisi perangkat fisik.

Secara teknis, NFC diterapkan dengan basis teknologi identifikasi frekuensi radio menggunakan chip NFC sebagai tautan nirkabel. Pengaktifan chip ini lantas dilakukan oleh chip NFC lainnya dari kedua perangkat berbeda.

Setelah itu, sejumlah kecil data di antara kedua perangkat dapat ditransfer saat ditempelkan atau didekatkan satu sama lain.

Berbeda dengan Bluetooth, NFC tidak memerlukan kode pemasangan dan juga lebih menghemat daya karena penggunaan chip berjalan dalam daya rendah.

Jenis Perangkat NFC
Terdapat dua jenis perangkat NFC di antaranya,
1. Perangkat NFC Pasif (Passive NFC device) adalah perangkat NFC yang dapat mengirim informasi ke perangkat NFC lain tanpa memerlukan sumber daya sendiri. Contoh Perangkat NFC Pasif seperti NFC tag.
2. Perangkat NFC Aktif (Active NFC Device) adalah perangkat NFC yang dapat mengirim dan menerima data dengan perangkat pasif serta dapat berkomunikasi dengan perangkat aktif. Smartphone dan NFC Reader sejauh ini merupakan bentuk paling umum dari perangkat NFC aktif.

Model Operasi NFC
Perangkat NFC dapat beroperasi dalam tiga model yang berbeda berdasarkan standar yang ditentukan oleh Forum NFC di antaranya,
1. Model Pembaca (Reader Mode). Dalam model ini, Perangkat yang berkemampuan NFC seperti Ponsel dapat membaca atau menulis data ke salah satu jenis tag yang didukung dalam format data NFC standar.
2. Model Emulasi Kartu (Card Emulation Mode). Perangkat atau Ponsel yang berkemampuan NFC bertindak sebagai tag ketika melakukan kontak dengan perangkat lain yang bertindak seperti pembaca (reader), data-data dari ponsel pintar tersebut akan dipindahkan dari ponsel pintar ke pembaca (reader) NFC tersebut. Contohnya seperti Pembayaran dari Ponsel pintar, Ponsel Pintar bertindak sebagai Tiket.
3. Model Peer to Peer (Peer to Peer Mode). Dalam model ini, dua perangkat berkemampuan NFC dapat saling bertukar data. Kedua-duanya dapat berfungsi sebagai reader maupun writer.

Cara Menggunakan NFC
Berikut langkah-langkah penggunaan fitur NFC pada smartphone di antaranya,
1. Transfer file dengan teknologi NFC
Fungsi pertama NFC adalah mengirim file. Sebelumnya Anda harus mengaktifkan fitur NFC dulu.
a. Masuklah ke menu Pengaturan pada smartphone anda
b. Masuk ke menu Other atau Pengaturan Lainnya
c. Pilih pengaturan NFC dan aktifkan NFC

Adapun langkah-langkah untuk mengirim file dengan menggunakan fitur NFC di antaranya,
a. Pilih file yang akan dikirim dan tekan tahan hingga muncul menu baru atau pilihan
b. Setelah muncul menu atau pilihan, pilihlah menu Share atau Send
c. Pilih menu melalui atau android beam
d. Dekatkan smartphone android Anda agar file dapat terkirim
e. Tunggu laporan pengiriman dan selesai

2. Cara bertransaksi dengan menggunakan NFC
Untuk melakukan transaksi dengan fitur NFC, Anda harus mengaktifkan NFC terlebih dahulu.
a. Buka menu Pengaturan atau Setting pada smartphone Anda  
b. Pilih menu connection
c. Geser tombol NFC and Payment untuk menyalakannya
d. Pilih Tap and pay

3. Cara cek isi saldo E-Toll dengan NFC
Cara untuk mengecek dan mengisi saldo kartu E-Toll dengan menggunakan NFC di antaranya,
a. Buka menu pengaturan pada smartphone
b. Pilih NFC
c. Buka aplikasi terkait
d. Tempelkan kartu pada bagian belakang smartphone 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "NFC: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Jenis Perangkat, Model Operasi, dan Cara menggunakannya"