Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inode: Pengertian, Cara Cek, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Pengertian Inode
Inode
Pengertian Inode
Inodes adalah jumlah file maksimal yang dapat ditampung dalam sebuah akun hosting. Inodes bisa berisi folder, file, image dan apapun file yang diupload dalam panel hosting. Setiap akun hosting memiliki batasan jumlah inode tergantung besar kecilnya hosting.

Ketika mencapai limit batas, Website masih bisa digunakan seperti biasa tetapi penambahan file tidak bisa dilakukan. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus beberapa file yang dirasa tidak perlu atau melakukan upgrade kapasitas hosting yang lebih besar.

Cara Cek Inodes
Anda bisa mengeceknya secara langsung pada panel hosting yang digunakan agar bisa mengetahui jumlah pemakaian inode. Bagi Anda yang menggunakan cPanel, jumlah penggunaan inodes berada pada bagian samping dashboard.
1. Login akun cPanel hosting dengan beberapa cara berikut di antaranya,
– http://namadomain.com/cpanel
– http://cpanel.namadomain.com/
– http://IPAddress/cpanel
– http://IPAddress:2028
– http://namadomain.com:2028

2. Setelah berhasil login, Anda akan masuk pada dashboard cPanel hosting.
3. Scroll kebawah dan pada bagian samping akan terlihat statistik jumlah inodes yang sudah terpakai.

Dampak Inodes Penuh
Berikut beberapa akibat apabila inodes penuh atau telah mencapai batas maksimal di antaranya,
1. Performa Hosting Menurun
Hal pertama yang bisa Anda identifikasi saat inodes sudah mencapai batas maksimal ada performa hosting yang menurun. Ini bisa terlihat dari kinerja website yang lambat dan kesulitan saat akan mengakses halaman-halamannya.

2. File Tidak Ter-backup
Ketika inodes sudah penuh, maka hosting tidak dapat ter-backup dengan sempurna. Proses backup bekerja dengan menyalin file ke direktori lain, dilanjutkan dengan sistem compressing data pada direktori tersebut.

Sehingga, apabila jumlah file yang hendak di-compress cukup besar, CPU akan bekerja lebih berat pula. Ini dapat menyebabkan auto backup tidak berfungsi lagi. File-file yang sudah terlanjur Anda unggah, kemungkinan hilang karena hosting tidak melakukan backup.

3. Ancaman Suspend Akun
Apabila Anda menggunakan shared hosting, maka inodes akun Anda yang penuh dapat mengganggu server dan performa situs lainnya juga. Sehingga, akun Anda bisa saja dibekukan apabila tidak cepat-cepat mengambil tindakan.

4. Tidak Bisa Mengunggah File Baru
Apabila inodes sudah penuh, maka sudah pasti Anda tidak bisa mengunggah file baru lagi. Oleh karena itu, Anda harus segera mengatasi masalah inodes yang penuh ini.

Cara Mengatasi Masalah Inodes di Hosting
Karena Inodes merupakan jumlah file di hosting, maka cara mengurangi jumlah inodes adalah dengan menghapus file yang ada di hosting. Anda bisa memulai dengan mulai mencari file yang tidak terpakai di direktori/ database, back up yang sudah tidak terpakai, atau dengan menghapus email lama di hosting.

Jika selama ini Anda men- setting auto backup, maka file ini akan tersimpan di File Manager, dan bisa menjadi sumber permasalahan Inodes yang besar. Bisa juga email yang banyak terisi spam, pesan atau notifikasi yang masuk ke email domain.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengurangi jumlah inodes di antaranya,
1. Jangan buru- buru pindah hosting
2. Identifikasi masalah, cari tahu apa penyebabnya
3. Back up Data : WAJIB
4. Lakukan action nya sekarang juga

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Inode: Pengertian, Cara Cek, Dampak, dan Cara Mengatasinya"