Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Google Scholar: Pengertian, Cara Menggunakan, dan Manfaatnya

Pengertian Google Scholar atau Google Cendekia
Google Scholar (Google Cendekia)
Pengertian Google Scholar
Google Scholar (Google Cendekia) adalah layanan yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian materi-materi pelajaran berupa teks dalam berbagai format publikasi. Diluncurkan pada tahun 2004, indeks Google Cendekia mencakup jurnal-jurnal online dari publikasi ilmiah. Google Cendekia menyediakan cara yang mudah untuk mencari literatur akademis secara luas.

Google Cendekia bertujuan menyusun artikel seperti yang dilakukan peneliti, dengan memperhatikan kelengkapan teks setiap artikel, penulis, publikasi yang menampilkan artikel, dan frekuensi penggunaan kutipan artikel dalam literatur akademis lainnya. Hasil paling relevan akan selalu muncul pada halaman pertama.

Google Scholar adalah hasil karya seorang mantan akademisi bernama Anurag Acharya yang bergabung dengan tim web-indexing Google pada tahun 2000.
 
Cara Menggunakan Google Scholar
Cara penggunaan Google Scholar mirip dengan mesin pencari Google pada umumnya. Cukup dengan masuk ke situs https://scholar.google.com/. Tetapi karena Google Scholar adalah mesin pencari khusus rujukan akademis, maka ada beberapa cara yang bisa diikuti agar menemukan rujukan yang sesuai dan berbobot di antaranya,
1. Untuk mendapatkan hasil pencarian yang maksimal, usahakan menggunakan kata kunci spesifik. Hasil pencarian teratas yang ditampilkan merupakan hasil pencarian yang paling relevan dengan kata kunci dan hasil tersebut merupakan artikel atau jurnal yang banyak dikutip oleh pelajar dan mahasiswa lain.
2. Jika hasil pencarian yang ditampilkan dirasa kurang memuaskan, Anda dapat mencari jurnal dengan fitur ‘advance search’ pada sidebar halaman utama.
3. Bagi yang ingin menyimpan artikel dan jurnal hasil pencarian, klik ikon bintang pada bagian bawah artikel untuk memasukkannya ke perpustakaan pribadi. Untuk dapat mengakses perpustakaan pribadi, klik menu ‘My Library’ pada sidebar.
4. Jika ingin menerima pemberitahuan terkait artikel atau jurnal baru yang relevan dengan topik yang diikuti, klik menu ‘Alert’ dengan simbol amplop pada sidebar. Klik ‘Create Alert’ dan masukkan kata kunci yang diinginkan.
5. Salah satu fitur menarik lainnya dari Google Scholar adalah fitur ‘Related Articles’ yang bisa dimanfaatkan ketika menemukan satu artikel atau jurnal yang sangat relevan dengan kata kunci yang dimasukkan. Maka Google Scholar akan menampilkan hasil pencarian yang relevan dengan artikel tersebut.
6. Sebagai sebuah sumber rujukan, Google Scholar dilengkapi dengan fitur mengutip dengan cepat. Fitur ini membantu membuat daftar pustaka sesuai dengan format yang dibutuhkan. Anda hanya perlu menyalinnya dan memasukkan ke makalah atau karya tulis yang sedang dikerjakan.

Manfaat Google Scholar
Pada umumnya Google Scholar hanya diketahui sebagai mesin pencari bahan rujukan akademis, tetapi manfaat Google Scholar lebih dari itu. Berikut beberapa manfaat Google Scholar di antaranya,
1. Mencari Artikel dan Jurnal
Manfaat utama dari Google Scholar adalah mencari artikel dan jurnal penelitian yang relevan dengan kata kunci yang digunakan. Sehingga hasil pencarian tersebut dapat digunakan sebagai rujukan bahan pembelajaran.

2. Membuat Perpustakaan Pribadi
Dapat membuat perpustakaan pribadi dengan menyimpan hasil pencarian pada Google Scholar.

3. Membuat Profil Untuk Penulis dan Peneliti
Bagi para penulis ilmiah dan peneliti, dapat membuat profil khusus yang bisa digunakan untuk membagikan tulisan dan hasil penelitiannya.

4. Mengatur Pengingat
Jika sedang mengikuti perkembangan suatu isu tertentu, Google Scholar dilengkapi dengan fitur di mana dapat menghidupkan notifikasi jika artikel dan jurnal akademik baru telah diterbitkan.

Dari berbagai sumber

Download

Dani Ramdani
Dani Ramdani Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Google Scholar: Pengertian, Cara Menggunakan, dan Manfaatnya"