Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

VCC (Virtual Credit Card): Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Manfaat, dan Kelebihannya

Pengertian VCC atau Virtual Credit Card
VCC (Virtual Credit Card)
Pengertian VCC (Virtual Credit Card)
VCC (Virtual Credit Card) adalah kartu kredit yang berbentuk virtual dan dapat digunakan secara online. Berbeda dengan kartu kredit biasa yang bisa dilihat fisiknya, VCC pada umumnya tidak diterbitkan oleh penerbit kartu kredit biasa. Selain itu, kartu ini memiliki batas dalam masa penggunaannya, kadaluarsa dari kartu kredit virtual lebih singkat dibandingkan kartu kredit reguler.

Kartu kredit virtual dilengkapi dengan nomor kartu, tiga angka card verification value (CVV), serta tanggal kadaluwarsa. VCC memiliki 16 digit nomor yang dibuat secara acak yang terkait langsung dengan akun kartu kredit Anda. Penyedia kartu kredit menawarkan layanan ini sebagai cara melindungi dari penipuan setiap kali Anda berbelanja tanpa menunjukkan kartu kredit secara fisik.

Setelah Anda melakukan pembelian dengan nomor kartu kredit virtual, nomor tersebut tidak lagi digunakan dan tidak pernah digunakan lagi. Ini mencegah penipu mencuri nomor kartu kredit Anda. Kartu kredit virtual menciptakan lapisan keamanan ekstra dalam melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit.

Fungsi VCC (Virtual Credit Card)
Fungsi utama dari kartu kredit virtual adalah sebagai alat pembayaran yang tidak tampak secara fisik, selain fungsi utama tersebut ada beberapa fungsi lain di antaranya,
1. Pengganti Kartu Kredit
Untuk Anda yang ingin menggunakan kartu kredit namun kerepotan dalam pengurusannya, Anda bisa menggunakan kartu kredit virtual sebagai alternatif untuk mengakomodir segala kebutuhan transaksi. Jasa membuat kartu kredit virtual ini bisa Anda pilih sesuai dengan budget yang dimiliki.

2. Membatasi Penggunaan Kartu Kredit
Kartu kredit virtual yang memiliki saldo maksimum otomatis sedikit mengurangi intensitas penggunaan. Pengguna akan berpikir dua kali untuk menggunakan kartu kreditnya sebagai alat untuk melakukan transaksi menjadi tidak terlalu penting.

3. Permudah Pembayaran Internasional
Sebagai pengganti kartu kredit, VCC masih tetap mempertahankan fungsi-fungsi yang ada pada kartu kredit konvensional yang bisa dipakai untuk melakukan transaksi ke website e-commerce berlogo Visa dan Mastercard.

4. Batas Minimum dan Maksimum Bisa Diatur
Fitur untuk membatasi dana keluar bagi pengguna VCC menjadi salah satu daya tarik tersendiri, ini berdampak pada kecenderungan pengguna menjadi lebih hemat dibandingkan menggunakan kartu kredit biasa.
 
Cara Kerja VCC (Virtual Credit Card)
Proses pembelian VCC mirip seperti logika pulsa handphone, di mana saat pulsa kosong, maka handphone tidak bisa digunakan untuk telepon maupun SMS, sedangkan kartu SIM card itu sendiri ada masa berlakunya. Begitupun dengan VCC yang berisi saldo dengan nominal tertentu yang bisa diisi ulang dengan menghubungi agen penjual VCC tersebut.

Setelah proses pembayaran berhasil, maka data 16 digit nomor VCC bisa Anda dapatkan dan VCC pun bisa digunakan dengan cara memasukkan 3 nomor CVV tersebut. Namun ingat, jika masa berlaku habis dan terlambat isi saldo, maka VCC akan otomatis ditutup.

Setelah mengetahui alur kerja VCC di atas, supaya Anda lancar dalam menggunakannya, maka carilah agen penjual VCC yang menyediakan garansi minimal 3 hari. Dengan adanya garansi ini tentu Anda bisa dengan mudah mengajukan keluhan jika memang terjadi kecurigaan tertentu terhadap VCC yang sudah dibeli.

Untuk kisaran harga VCC sendiri sangat bervariasi, di mana semakin lama masa berlaku kartu VCC, maka akan semakin mahal harganya ketika dipasarkan. Setiap VCC yang Anda beli memiliki saldo dengan jumlah nominal tertentu dan bisa diisi ulang dengan mudah melalui jasa agen penjual VCC.

Manfaat VCC (Virtual Credit Card)
Kartu kredit virtual memang memiliki sederet fungsi yang sedikit berbeda dibandingkan kartu kredit berbentuk fisik, tetapi beberapa manfaat yang ada pada kartu kredit fisik bisa digantikan dengan Virtual Credit Card di antaranya,
1. Transaksi Secara Online
Metode pembayaran yang ada di Indonesia untuk melakukan transaksi online menggunakan kartu kredit, jika tidak memiliki kartu kredit berbentuk fisik Anda bisa membayarnya menggunakan kartu kredit virtual. Kartu kredit virtual ini paling dibutuhkan bagi Anda yang gemar melakukan belanja online menggunakan situs luar negeri seperti Amazon dan eBay. Meski tanpa kartu kredit, pembayaran Anda bisa tetap lancar menggunakan Virtual Credit Card.

2. Sarana Membuka Akun Sistem Pembayaran Global
Jika Anda seorang pekerja lepas atau freelance, menggunakan kartu kredit virtual bisa untuk membuka akun sistem pembayaran global seperti PayPal. Seperti halnya Bank virtual, PayPal bisa digunakan untuk menerima dan mentransfer dana secara internasional mulai dari lintas negara hingga lintas benua.

Lewat PayPal, sistem pembayaran dari situs pencari kerja lepas menjadi lebih mudah. Hanya dengan mendaftarkan ke akun PayPal dan masukkan identitas kartu kredit virtual. Honor freelance Anda yang menggunakan mata uang asing akan masuk ke akun PayPal dan bisa dicairkan ke dalam mata uang rupiah.

Banyak situs freelance favorit yang menggunakan skema pembayaran ini, sehingga memudahkan Anda untuk mencari pekerjaan lepas dalam jaringan yang lebih luas bukan hanya dalam negeri tetapi juga mancanegara.

Keunggulan Virtual Credit Card
1. Tidak Ada Biaya Bulanan
Meskipun memiliki fungsi yang sama dengan kartu kredit, menariknya VCC tidak membutuhkan biaya admin bulanan seperti halnya kartu kredit konvensional. Satu-satunya biaya yang kita keluarkan ketika menggunakan VCC adalah biaya jasa generate VCC yang dibayarkan satu kali saja.
 
2. Proses Transaksi Lebih Aman
Salah satu resiko terbesar dari penggunaan kartu kredit secara digital adalah adanya potensi pencurian data. Ada banyak kasus terkait phising dan pencurian informasi kartu kredit yang terjadi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Dengan menggunakan VCC (Virtual Credit Card) maka potensi kerugian bisa diminimalisir karena sifat VCC yang hanya sekali pakai dan tidak mengandung informasi dari kartu kredit asli pengguna.
 
3. Harga VCC Murah
Jika belum berubah, harga VCC (Virtual Credit Card) di tahun 2020 berkisar antara Rp50 ribu sampai Rp 150 ribu. Tiap VCC ini bisa digunakan untuk melengkapi verifikasi PayPal, membuat akun trial, atau melakukan pembayaran online.
 
4. Mudah Didapatkan
VCC saat ini sudah sangat mudah di dapatkan oleh para pengguna. Di Indonesia sendiri sudah bertebaran penyedia jasa VCC yang membuka lapak di ranah digital. Soal masalah harga, sebenarnya tidak ada patokan khusus yang menjadi standar. Namun, antar penjual biasanya tidak ada perbedaan harga yang signifikan.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "VCC (Virtual Credit Card): Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Manfaat, dan Kelebihannya"