Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Paypal, Manfaat, Cara Menggunakan, dan Cara Pengisian Saldo Paypal

Pengertian Paypal, Manfaat, Cara Menggunakan, dan Cara Pengisian Saldo Paypal


A. Pengertian Paypal

PayPal adalah layanan keuangan online yang memungkinkan untuk melakukan transaksi jual beli online dengan menggunakan akun. Dalam akun tersebut dapat ditambahkan rekening bank, kartu kredit ataupun kartu debit. Selain pembayaran online, PayPal juga dapat digunakan untuk menerima uang secara online.

Paypal adalah salah satu alternatif pembayaran online yang digunakan untuk transaksi online. Salah satu keuntungan dari PayPal adalah kita dapat melakukan transaksi online kapan pun kita mau dan hingga ke luar negeri sekali pun. Kini, PayPal telah digunakan oleh lebih dari 179 juta pengguna aktif dengan jangkauan 200 pasar dan 100 jenis mata uang di seluruh dunia.

B. Manfaat PayPal
PayPal adalah salah satu metode transaksi yang paling cepat dan juga paling mudah untuk melakukan pembayaran suatu barang secara online. Cara pembayaran online yang satu ini sudah banyak disukai oleh berbagai situs web belanja online, seperti Amazon, Alibaba, eBay, dan lain-lain. Dengan menggunakan PayPal, bisa memperoleh berbagai manfaat di antaranya,
1. Fleksibilitas Untuk Penjual
Metode pembayaran PayPal sangat bermanfaat untuk setiap penjual yang menawarkan produk barangnya dengan menggunakan situs belanja online. Karena penjual tersebut bisa mendapatkan suatu transaksi penjualan dengan cepat dan mudah dari setiap pembeli saat ada pembeli yang memilih untuk membeli produk barangnya secara online.

Pembeli tersebut hanya harus menggunakan kartu debit atau kartu kreditnya, lalu uang tersebut akan dengan cepat masuk secara mudah ke pihak penjual. Adanya kehadiran fleksibilitas ini pastinya akan sangat memudahkan para penjual untuk bisa tetap menawarkan produk barang secara online.

2. Cepat
Setiap transaksi yang terjadi pada penjual dan pembeli akan berlangsung secara cepat. Karena, transfer yang dilakukan dari sesama akun PayPal atau dari akun PayPal ke suatu rekening bank hanya memerlukan waktu 24 jam lamanya.

3. Harga Terjangkau
Walaupun metode pembayaran PayPal tetap dikenakan biaya administrasi, namun biaya administrasi tersebut masih terbilang murah dan bahkan sangat terjangkau. Perlu diketahui bahwa biaya administrasi dalam menggunakan PayPal adalah sebanyak 30 sen dollar Amerika Serikat per transaksinya, ditambah lagi dengan biaya 3% dari seluruh jumlah transaksi pembelian.

4. Membeli dengan Aman
Dengan melakukan metode PayPal, maka sudah bisa dipastikan aman dan juga minim dari tindakan penipuan. Karena, PayPal mampu memberikan jaminan kepada kedua belah pihak, yaitu pihak penjual dan pembeli.

Untuk pihak pembeli, mereka bisa menghubungi pihak PayPal jika nantinya terjadi masalah pada pesanannya, seperti barang tidak sesuai atau barang tidak juga tiba di alamat rumah sampai batas waktu yang sudah ditentukan.

Untuk pihak penjual, PayPal dinilai sangat aman karena penjual tidak perlu khawatir pada tindakan penipuan yang bisa dilakukan oleh pembeli, karena hal tersebut bisa dihindari dengan metode PayPal.

5. Privasi Akun Paypal Aman
Sebagai pembeli, tidak perlu khawatir lagi pada tingkat keamanan dari akun PayPal milik kita. Karena PayPal mampu menjaga tingkat kerahasiaan data diri kita, dengan begitu data kita tidak akan menyebar kemana-mana dan bisa terhindar dari tindakan penyalahgunaan akun.

6. Mudah melihat histori transaksi
Saat menggunakan akun PayPal, kita bisa melihat riwayat transaksi apa saja yang sudah kamu lakukan dalam kurun waktu satu bulan atau bahkan seminggu terakhir.

7. Bersifat global
Dewasa ini, PayPal adalah salah satu cara pembayaran yang sangat mudah diterima oleh banyak sekali situs pembayaran online di berbagai negara. Dengan demikian, maka PayPal memiliki sifat yang global karena mampu melakukan kegiatan transaksi antar negara atau internasional

C. Cara Menggunakan PayPal
Terdapat dua hal yang dibutuhkan sebelum lanjut menggunakan PayPal. Kedua hal tersebut adalah device komputer, laptop, atau smartphone yang sudah terkoneksi dengan internet, serta rekening bank, kartu debit, atau kartu kredit.
1. Pergi ke Website Paypal
Tahap pertama yang harus dilakukan adalah pergi ke website resmi PayPal, lalu pilih sign up untuk melakukan pendaftaran.

2. Pilih Akun Pribadi
Setelah memilih sign up, nantinya kita akan dihadapkan dengan dua pilihan, yakni akun untuk bisnis atau akun untuk pribadi. Pilih akun pribadi jika kita mendaftar untuk akun pribadi. Setelah itu, pilih lanjutkan.

3. Isi Data Diri
Selanjutnya, kita akan diminta untuk mengisi seluruh data diri kita, seperti nama, alamat email, dan juga password. Setelah itu, pilih lagi lanjutkan.

4. Isi Alamat Lengkap
Isi kolom alamat dengan lengkap, karena nantinya alamat ini akan dijadikan sebagai tempat kita akan menerima suatu barang dari barang yang akan kita beli secara online di situs web luar negeri. Setelah sudah diisi dengan lengkap, pilih kotak kedua untuk melakukan konfirmasi bahwa kita sudah memahami dan juga membaca seluruh perjanjian pengguna.

5. Pilih Belanja Online
Di dalam tahapan ini, kita akan diminta untuk mengisi salah satu pilihan, yakni belanja online atau melakukan pengiriman uang untuk orang lain. Setelah sudah diisi, selanjutnya pilih mulai sekarang.

6. Tambahkan kartu kredit atau debit
Jika sudah memilih mulai, kita hanya harus menambahkan kartu kredit ataupun kartu debit sebagai salah satu pembayaran online dengan menggunakan PayPal nantinya.

7. Mulai Belanja
Saat kita ingin berbelanja atau melakukan suatu donasi secara online dengan memanfaatkan akun PayPal, maka kita hanya perlu memilih logo paypal dan masuk pada akun PayPal kita dengan menggunakan alamat email dan juga kata sandi untuk melakukan pembayaran.

Nantinya, PayPal akan secara otomatis memberikan jaminan pada produk barang yang sudah kita beli apabila terjadi suatu kerusakan atau ketidaksesuaian pesanan.

D. Cara Pengisian Saldo Paypal
Lihat halaman resmi PayPal, kita dapat mengisi saldo Paypal kita. Temukan menu untuk menambahkan dana untuk melanjutkan
1. Klik Tambah Dana di bawah saldo PayPal kita.
2. Pilih rekening bank kita (jika kita memiliki lebih dari satu), masukkan jumlah yang ingin kita transfer, dan klik Tambah. Untuk menemukan waktu konfirmasi untuk memasukkan saldo ke Paypal, silakan jalankan
3. Klik acara di bagian atas halaman.
4. Klik pada transaksi terkait. Kita akan melihat perkiraan tanggal likuidasi.

Isi ulang saldo Paypal dapat dilakukan melalui Android atau komputer. Jika kita menggunakan komputer untuk mengisi saldo Paypal, langkah-langkah yang harus kita lakukan di antaranya,
1. Masuk ke akun PayPal kita
Setelah itu, masuk untuk memasukkan akun PayPal kita. Jika kira belum memasukkan rekening bank di akun PayPal, silakan klik “Uang” atau “Dompet” untuk masuk ke akun terlebih dahulu. Setelah itu, masukkan rekening bank kita, karena proses pengisian saldo membutuhkan rekening bank.

2. Klik untuk mentransfer
Di akun kita, akan ada menu “Transfer”, lalu klik “Transfer”, lalu klik “Got it” (ikuti instruksi yang diberikan oleh paypal)

3. Tambahkan saldo
Klik “Tambahkan dana ke saldo Anda” untuk menambahkan saldo ke akun PayPal kita, dan tuliskan jumlah yang akan kita tambahkan sebagai saldo Paypal kita.

4. Klik individu/personal
Jangan lupa untuk mengklik individu setelah menyelesaikan semua putaran. Nantinya, saldo yang kita tambahkan akan masuk ke rekening PayPal Anda dalam waktu 3-5 hari kerja.

Saldo PayPal selanjutnya dapat diisi ulang menggunakan Andorid, langkah-langkahnya di antaranya,
1. Masuk aplikasi PayPal
Pastikan kita memiliki aplikasi PayPal untuk mempermudah, dan proses ini juga membutuhkan rekening bank agar Anda dapat mengisi saldo nanti.

2. Klik saldo
Akan ada menu “Your Balance”, lalu klik menu yang ada di tengah layar, lalu klik “Recharge”.

3. Masukkan total saldo
Jika akun PayPal kita menunjukkan penambahan bank, tambahkan dari bank kita dengan mengklik nama rekening bank yang digunakan untuk mentransfer saldo ke akun PayPal kita. Catat saldonya dan klik “Next”. Selanjutnya adalah menu “Tambahkan ke saldo Anda”, dan saldo PayPal akan selesai dalam waktu sekitar 3-5 hari kerja kemudian.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Paypal, Manfaat, Cara Menggunakan, dan Cara Pengisian Saldo Paypal"