Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Traceroute: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Pengertian Traceroute atau Tracert
Traceroute (Tracert)
Pengertian Traceroute
Traceroute (Tracert) adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Traceroute digunakan untuk memecahkan masalah terkait jaringan dengan melakukan pelacakan pada rute perjalanan paket jaringan internet yang digunakan. Jika dalam proses perpindahan data ditemukan gangguan, traceroute akan menunjukkan di mana masalah tersebut terjadi.

Hasil pelacakan memakai Traceroute ini akan ditampilkan di layar komputer berupa deretan coding di mana kata-kata request timed out yang menunjukkan asal muasal masalah jaringan internet bisa terputus. Dengan begitu pengguna dapat melihat peringkat perantara mana saja yang telah menyebabkan masalah yang muncul.

Cara Kerja Traceroute
Semua yang terhubung pada situs web maka sebuah koneksi telah dibuat di antara komputer pengguna dan server mereka. Banyak paket informasi yang dikirim ulang-alik berputar dari dua perangkat yang terhubung tadi. Paket informasi yang dikirim mau pun yang diterima selama keseluruhan sesi akses akan berjalan melalui rute dengan menggunakan perangkat perantara yang dikenal dengan istilah penghuni.

Sederhananya, traceroute akan melacak semua rute paket informasi Anda. Dari sini Anda akan dapat melihat seluruh jalur yang diambil oleh paket informasi Anda untuk mencapai titik tujuan mereka. Hasil penelusuran yang di dapat juga akan menyertakan perangkat atau host yang telah digunakan selama paket informasi Anda melakukan perjalanannya.
 
Fungsi Traceroute
Traceroute dapat melakukan pelacakan paket dan melihat semua lompatan yang telah terjadi dan juga seluruh lintasannya. Berdasarkan informasi yang diberikan traceroute nantinya, Anda akan dapat melihat host mana saja dari rute yang menimbulkan masalah atau bahkan dimana posisi paket Anda yang bisa saja tersesat.

Pengguna juga dapat menentukan apakah masalah yang ada berada di jaringan atau host. Jika masalah ada pada host, Anda pun dapat mencari tahu host mana yang membawa masalah. Traceroute bekerja dengan simpel, praktis serta efisien dalam menentukan tempat masalah atau perangkat yang menyebabkan masalah.
 
Cara Menggunakan Traceroute
Traceroute Online
1. Unduh program Traceroute dan install pada komputer atau laptop Anda.
2. Buka atau akses Traceroute.
3. Masukkan IP Address dari perangkat akhir misalnya server dengan jaringan, lalu klik tombol Pelacakan.
4. Tunggu sebentar karena Traceroute sedang bekerja.
5. Traceroute akan melacak semua paket Anda kemudian menunjukkan rute paket Anda termasuk di dalamnya rincian tentang hop, perangkat, latensi, alamat Ip dan juga nama host.

Traceroute Komputer
1. Windows
Anda bisa menjalanakan command prompt traceroute di semua platform Windows di semua seri.
a. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuka “Command Prompt”. Anda bisa melakukannya dengan klik ikon “Start”, kemudian ketikkan “CMD, lalu klik enter.
b. Jika sudah, Anda bisa menggunakan “tracert command”. Caranya ialah dengan ketikkan “tracert” bersama dengan target untuk melacak rute tujuan.

2. Linux
a. Langkah pertama, Anda bisa membuka Terminal Linux. Silakan tekan Ctrl + Alt + T, atau bisa mengetik “terminal” pada bilah pencarian.
b. Langkah kedua adalah menginstal traceroute. Jika Anda belum memiliki traceroute, Anda harus menginstalnya terlebih dahulu. Misalnya, di Ubuntu, perintah untuk menginstal traceroute adalah “sudo apt-get install traceroute”.
c. Menggunakan traceroute command. Tuliskan “traceroute” disertai dengan hostname atau alamat IP tujuan.

3. Mac OS
a. Buka Terminal. Pertama, Anda harus membuka Terminal. Anda bisa menuju ke “Applications”, kemudian “Utilities”, dan double click pada “Terminal”.
b. Tuliskan perintah traceroute. Anda bisa menggunakan perintah traceroute dan masukkan target.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Traceroute: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, dan Cara Menggunakannya"