Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sublime Text: Pengertian, Fitur, Keunggulan, Cara Instalasinya

Pengertian Sublime Text
Sublime Text
Pengertian Sublime Text
Sublime Text adalah text editor yang sering digunakan oleh programmer khususnya seorang web developer. Sublime sangat berguna untuk menulis sejumlah code serta mampu membuka berbagai macam jenis file, serta mendukung berbagai bahasa pemrograman seperti C++, C, C#, CSS, ASP, html, dan sebagainya.

Web developer menggunakan aplikasi Sublime Text untuk mendukung website Mereka. Warna dari tulisan koding yang sangat variasi dan interaktif tentu sangat menarik. Anda juga dapat mengubah warnanya temanya. Selain itu, ada banyak fitur yang tersedia di Sublime Text yang memiliki banyak kegunaan.

Fitur Sublime Text
Sublime text memiliki banyak sekali fitur-fitur yang menarik dan sangat mempermudah bagi seorang yang menuliskan script pada text editor di antaranya,
1. Split Editing. Penggunaan split mode bisa dilakukan bagi kalian ingin membuka beberapa file atau beberapa project sekaligus tanpa harus menutup project lainnya.
2. Multi Selection. Multi Selection fitur ini yaitu fitur yang digunakan untuk dapat menyeleksi beberapa baris text atau kode pada script, cara menggunakannya hanya dengan (CTRL+Klik) dengan fungsi ini sangat memudahkan programer dalam mengedit dalam banyak baris.
3. Go Anything. Fitur ini digunakan untuk dapat melakukan akses pencarian sebuah file dalam project dengan cepat kalian hanya tinggal mengetikan nama filenya dan cara menggunak fitur ini yaitu (Ctrl + P).
4. Command Palette. Fitur yang digunakan untuk mengakses file shortcut sangat berguna bagi kalian yang tidak hafal shortcut bisa menggunakan fitur ini dengan cara (Ctrl + Shift + P) .
5. Auto Complate. Sublime text juga menyediakan fitur auto complate saat mengetikan sebuah kalimat maka otomatis dia akan merekomendasikan kalimat apa yang ingin kita ketik.
6. Duplicate Syntax. Selain itu juga ada fitur duplicate atau menggadakan baris / syntaxt yang bisa kita lakukan caranya yaitu silahkan klik baris atau syntax yang ingin di gandakan lalu tekan (Ctrl+Shift+D).
7. Fast Select. Fitur yang melakukan agar dalam melakukan seleksi dengan cepat pada satu text (Ctrl+D).

Keunggulan Sublime Text
Sejumlah fitur yang ada di dalam Sublime Text membuat aplikasi tersebut banyak sekali diminati oleh para programmer. Ukurannya yang cukup ringan serta sejumlah fitur yang mampu membantu Anda untuk mengetik sejumlah syntax program secara terstruktur dan mudah membuat Sublime sangat bermanfaat.

Lebih lengkapnya berikut keunggulan Sublime Text di antaranya,
1. Memindahkan Baris Syntax secara Cepat
Keunggulan yang pertama yaitu mampu memindahkan baris syntax secara cepat. Ketika Anda menggunakan Sublime Text, Anda tidak perlu untuk copy paste baris syntax. Tentu saja hal ini sangat membantu Anda agar tidak perlu repot dan membuang banyak waktu.

2. Membuat Comment Lebih Cepat
Keunggulan yang kedua yaitu mampu membuat comment lebih cepat. Tentunya hal ini akan sangat membantu Anda terlebih jika sedang menjalankan aplikasi bersamaan atau secara tim. Dengan menggunakan Sublime, Anda bisa membuat comment lebih cepat karena hanya dengan menekan tombol ctrl+/.
 
Bagi yang masih baru belajar, dapat menggunakan comment agar bisa menandai syntax maupun untuk mematikan fungsi dari syntax selama sementara waktu.

3. Menggandakan Baris Syntax
Yang ketiga, keunggulan dari Sublime yaitu dapat menggandakan baris syntax di baris tertentu lebih cepat. Caranya sangat mudah karena Anda tinggal mengklik baris yang ingin digandakan, lalu tekan tombol Ctrl+Shift+D.

4. Membuat Struktur dan Elemen HTML / PHP Lebih Mudah
Nah, untuk cara membuat HTML/PHP juga sangat mudah. Hal itu tentu dapat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Dengan fitur yang tersedia dan secara otomatis dapat membuat element html dengan lebih cepat, hanya menggunakan shortcut Ctrl+Spasi.
 
Contohnya jika Anda ingin buat struktur html dengan lebih cepat maka Anda cukup mengetikkan “html” saja. Lalu tekan tombol Ctrl+Spasi. Kerangka html dapat terbentuk secara otomatis. Nah jika ingin buat elemen html, Anda juga hanya perlu mengetikkan nama elemennya, selanjutnya tekan tombol Ctrl+Spasi.
 
Tidak berbeda ketika membuat struktur dan elemen html, membuat php juga caranya sama seperti yang sudah dijelaskan di atas. Anda hanya perlu mengetik php lalu tekan tombol Ctrl+Spasi. Yang perlu diingat yaitu filenya tentu harus terdapat di file php.

5. Dapat Mengubah Teks dalam Jumlah yang Banyak
Keunggulan berikutnya yaitu dengan Sublime Text, Anda dapat mengubah teks dalam jumlah yang banyak sekaligus dengan lebih mudah dan cepat. Ketika ada banyak kesalahan yang dilakukan ketika mengetikkan teks dalam jumlah yang banyak, Anda tidak perlu khawatir.

Dengan fitur yang ada di Sublime, Anda tidak harus memperbaiki kesalahan yang banyak satu persatu. Anda dapat mengubah element html, text, dan sebagainya sekaligus. Caranya juga sangat mudah karena Anda hanya perlu mengeblok teks mana yang ingin diubah. Kemudian, tekan tombol Ctrl+D. Setelah itu, Anda hanya tinggal mengubahnya sekaligus.

Cara Download Sublime Text
Berikut beberapa langkah melakukan download dan install aplikasi sublime pada komputer atau laptop di antaranya,
1. Download Aplikasi Sublime Text. Anda harus download terlebih dahulu aplikasi Sublime Text, kemudian ekstrak file “Sublime Text 3 Full version” dan file patch yang ada terdapat di folder tersebut.
2. Menginstal Program. Selanjutnya, Anda instal programnya sampai proses tersebut selesai. Namun, jangan langsung masuk ke programnya. Anda harus membuka folder patch terlebih dahulu untuk di copy ke folder Sublime.
3. Jalankan “File Patch”. Klik kanan >run as administrator untuk menjalankan file patch. Lalu klik Patch, setelah itu Anda buka programnya.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Sublime Text: Pengertian, Fitur, Keunggulan, Cara Instalasinya"