Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mobile Advertising: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Pengertian Mobile Advertising atau periklanan seluler
Mobile Advertising (Periklanan Seluler)
Pengertian Mobile Advertising
Mobile Advertising (periklanan seluler) adalah layanan iklan yang menggunakan media telepon seluler. Saat ini, handphone seolah menjadi barang sulit dilepas oleh banyak orang. Oleh karena itu, salah satu langkah yang harus diperhatikan oleh marketer adalah memasang mobile advertising.

Menurut Statista, diperkirakan pada tahun 2024 jumlah perangkat seluler yang beroperasi di dunia akan mencapai 17,72 miliar. Hal tersebut menandakan bahwa kebanyakan orang lebih suka bermain handphone dalam kegiatan sehari-harinya.

Dalam praktiknya, biasanya marketer yang menggunakan mobile advertising akan memasang iklan dalam bentuk teks di SMS, video atau banner iklan yang muncul di situs web. Bahkan, tak jarang periklanan mobile juga disematkan ke dalam games seluler.

Jenis Mobile Advertising
Mobile advertising merupakan sebuah bentuk adversiting pada aplikasi dan jenis iklan yang dapat ditampilkan melalui perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Iklan ini bisa diperlihatkan melalui beberapa channel yang berbeda di antaranya,
1. Periklanan SMS
Iklan jenis ini merupakan iklan yang sudah lama diterapkan. SMS merupakan salah satu cara untuk mengiklankan produk hanya dengan membayar pulsa saja dengan menyebarkan ke semua kontak Anda.

Metode SMS Blash ini dirasa sangat konvensional sekali dikarenakan saat ini juga sudah jarang orang melihat iklan atau membaca SMS yang ada pada smartphone mereka, harga  yang ditawarkan lumayan lebih mahal dan juga sulit untuk mengukur dan menemukan target yang sesuai dengan apa  yang dibutuhkan.

2. Native Ads
Native ads merupakan sebuah jenis iklan yang berbaur dengan website atau aplikasi di mana iklan tersebut ditampilkan sehingga terlihat seperti bagian dari website atau aplikasi tersebut. Iklan seperti ini biasa dibuat agar user experience penggunanya tetap bagus agar orang lain mau melakukan klik terhadap iklan tersebut.

3. Interstitial Ads
Iklan interstisial adalah format iklan layar penuh yang memenuhi interface aplikasi dan muncul di titik transisi aplikasi alami seperti misalnya mengunjungi halaman baru. Pengguna memiliki opsi untuk melewati iklan jika mereka mau. Ini adalah salah satu jenis mobile advertising yang paling efektif.

Manfaat Mobile Advertising
Adapun manfaat iklan digital ini di antaranya,
1. Hemat Dalam Biaya
Manfaat yang dapat Anda terima dalam menerapkan mobile advertising pada pemasaran bisnis Anda adalah biaya yang hemat. Menurut mobileads, biaya mobile advertising ini tidak semahal dengan biaya pemasangan iklan melalui TV maupun radio.

Dalam artian lain, Anda bisa mengoptimalkan iklan dengan biaya yang rendah melalui seluler serta Anda dapat memanfaatkan anggaran lainnya untuk keperluan bisnis Anda.

2. Mudah Untuk Diakses
Manfaat selanjutnya ialah kemudahan dalam menampilkan iklan digital Anda kepada masyarakat luas. Sebab tidak dapat dipungkiri, bahwa konsumen saat ini sering kali menggunakan handphone untuk sekedar membuka media sosial atau memperbarui aplikasi smartphone mereka.

Dari sana tentu Anda dapat memanfaatkan kondisi untuk menyampaikan kampanye iklan melalui perangkat seluler. Maka dengan begitu, otomatis iklan Anda akan mudah diakses oleh pengguna, kapanpun dan di manapun mereka berada.

3. Dapat Menciptakan Hubungan Emosional dengan Pelanggan
Secara tidak langsung, periklanan seluler juga dapat menciptakan sebuah hubungan emosional dengan pelanggan, asalkan desain iklan digital ini dapat Anda rancang dengan kreatif dan inovatif.

Maka pastikan juga desain advertising yang Anda buat mempunyai ciri khas tertentu dan daya tarik visual yang kuat di mata pengguna Anda.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Dani Ramdani
Dani Ramdani | Pemilik Situs Sosiologi79.com dan Sosial79.com | Alumni Sosiologi Universitas Lampung | Staf Pengajar Sosiologi di SMAN 1 Cibeber Kab. Lebak Banten

Post a Comment for "Mobile Advertising: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya"