Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Infinite Scrolling: Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Infinite Scrolling
Infinite Scrolling
Pengertian Infinite Scrolling
Infinite scrolling adalah teknik yang mencegah bilah gulir browser mencapai bagian bawah halaman. Sebagai gantinya, konten diperluas saat pengguna menggulir lebih jauh ke bawah halaman. Tampilan desain ini memungkinkan pengguna untuk melakukan scrolling seolah tanpa ada batas halaman. Tampilan desain seperti ini juga lebih dikenal sebagai endless scrolling technique.

Kesuksesannya di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Pinterest telah membuatnya cukup populer. Terutama karena ia mampu mengalirkan konten secara konstan dan memiliki struktur desain yang sejatinya relatif datar. Setiap unit konten berada pada tingkat hierarki yang sama dan memiliki peluang yang serupa untuk menarik bagi pengguna.

Hasilnya, developer dan pihak marketer tak perlu khawatir akan tingkat klik atau view dalam konten-konten mereka. Halaman yang panjang dan tak berujung juga bagus untuk aktivitas yang menghabiskan waktu. Sebab, pengguna biasanya memiliki pola pikir untuk eksplorasi dan penemuan yang tidak disengaja.

Cara Kerja Infinite Scrolling
Infinite scrolling atau pengguliran tak terbatas adalah teknik yang memungkinkan pengguna untuk menggulir (scroll) sebagian besar konten tanpa garis akhir yang terlihat. Teknik ini terus menyegarkan halaman saat Anda menggulirnya ke bawah.
 
Meski teknik ini sekarang lebih sering ditemukan di media sosial, infinite scrolling masih berfungsi dengan cara yang sama seperti penelusuran situs web normal. Di mana browser akan bekerja dengan meminta beberapa konten, dan server web mengirimkannya kembali.

Perbedaan teknis utama adalah bahwa infinite scrolling akan mengirimkan permintaan menggunakan JavaScript. Sebagai pembaca, Anda mungkin tidak menyadari bahwa ini terjadi, meskipun khususnya konten dapat terlihat dimuat lebih cepat. Berbagai teknik, termasuk pre-loading, sebenarnya bisa mempercepat proses.

Umumnya infinite scrolling sering bekerja secara otomatis, memuat konten baru ketika pembaca mencapai bagian bawah halaman atau mendekatinya. Tapi ada juga kompromi. Beberapa situs menampilkan tombol muat lebih banyak di bagian bawah konten mereka. Ini masih menggunakan teknik dasar yang sama untuk menyuntikkan lebih banyak konten, tetapi bertindak secara manual.

Kelebihan Infinite Scrolling
1. Pengalaman pengguna
Agar pemirsa tetap terlibat, infinite scrolling menciptakan pengalaman menonton yang lebih kompulsif daripada pagination. Dengan menatap layar lebih lama, informasi dapat lebih mudah dicerna. Waktu muat halaman sama pentingnya saat menentukan format yang sesuai untuk interaksi pengguna yang dioptimalkan.

2. Bagus untuk layar sentuh dan seluler
Gulir tanpa batas dapat menciptakan perasaan yang lebih mulus bagi pengguna, terutama di perangkat seluler. Mengusap adalah tujuan perangkat seluler dibuat. Pagination dapat membatasi eksplorasi dalam hal waktu buka, yang merupakan motivasi umum bagi pengguna di tablet dan seluler. Slot iklan juga dapat digunakan di area yang lebih tepat juga pada gulir tak terbatas.

3. Dibuat untuk visual
Pengguliran tanpa batas dibuat untuk situs web visual. Anda dapat menampilkan gambar dalam jumlah tak terbatas dalam gaya Pinterest. Tidak ada batasan jumlah gambar atau ukuran gambar atau bentuk gambar. Semuanya dapat menyatu seperti puzzle raksasa untuk memberikan estetika yang menarik.

Visual dapat dikombinasikan dengan elemen lain seperti teks, warna, atau alat UI untuk lebih melibatkan pengguna. Situs web yang paling sering menggunakan pengguliran tak terbatas adalah situs web yang menyertakan konten yang sangat visual.

4. Memudahkan penjelajahan
Setiap pengguna tahu cara menggulir. Pengguliran tak terbatas adalah teknik navigasi paling sederhana. Pindah ke bawah halaman, dan lebih banyak konten akan muncul. Anda tidak perlu khawatir tentang pengguna yang meninggalkan situs Anda karena mereka tidak mengerti cara kerjanya.

Kekurangan Infinite Scrolling
1. Akses informasi
Informasi spesifik dapat lebih menantang untuk diakses dengan gulir tak terbatas. Misalnya, pengguna akan kesulitan jika ingin mengetahui alamat perusahaan, tetapi footernya sulit dijangkau. Selain itu, Rasio pentalan akan turun setelah mengadopsi pengguliran tanpa batas. Secara bersamaan, pagination sama dengan lebih banyak tampilan halaman, yang dapat menghasilkan laba atas investasi jika iklan diterapkan.

2. Menurunkan SEO
Gulir tak terbatas terkenal menurunkan peringkat SEO di pencarian Google karena memperlakukan halaman sebagai konten tunggal, yang berarti bot google tidak memuat lebih banyak dan karenanya mengabaikan banyak konten. Ini, pada akhirnya, menurunkan peringkat SEO karena ada lebih sedikit konten untuk ditambahkan ke peringkat.

3. Waktu muat dan masalah kerusakan
Terkadang pengguliran tak terbatas macet dan lambat. Itu hanya dapat berhenti bekerja jika pengguna benar-benar menggulir tanpa batas.

4. Desain berulang
Salah satu perangkap terbesar dari pengguliran tak terbatas adalah begitu banyak situs yang menggunakan teknik ini terlihat sama. Begitu banyak dari mereka memiliki garis besar yang terlihat seperti Pinterest. Untuk dampak yang paling besar, Anda perlu menciptakan sesuatu yang menjadi milik Anda. Menggunakan pengguliran tak terbatas karena “semua orang melakukannya” pada akhirnya tidak akan membantu Anda.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga 

Kamus Sosiologi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Infinite Scrolling: Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya"