Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Carousel, Jenis, dan Manfaatnya

Pengertian Carousel, Jenis, dan Manfaatnya


A. Pengertian Carousel

Carousel adalah salah satu jenis konten atau bentuk tampilan visual yang tersedia di dalam media sosial. Carousel terdiri atas lebih dari satu gambar dalam satu konten. Carousel bersifat interaktif, di mana user dapat menggeser deretan gambar secara berurutan.

Hal ini tentunya berbeda dengan post gambar yang tidak menerapkan konsep carousel, ia akan bersifat statis dan tidak interaktif. Format carousel memungkinkan user menampilkan dua atau lebih gambar dan/atau video, judul dan tautan atau ajakan bertindak dalam satu iklan.

Siapa pun yang melihat iklan Anda dapat menggeser ke samping carousel cards pada ponsel / tablet atau mengeklik panah di layar komputer. Format carousel dapat mendukung berbagai bisnis dan kebutuhan. Pengiklan telah menggunakannya untuk memamerkan properti, penawaran layanan, acara, dan banyak lagi.

B. Jenis Carousel
Carousel sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu konten untuk kebutuhan post dan ads (iklan).
1. Carousel Post
Carousel post merupakan kumpulan gambar yang tersusun secara berderet dan ditampilkan pada halaman posting di media sosial. Tujuan utama dari penerapan carousel post sendiri adalah untuk menginformasikan dan mengenalkan topik atau gagasan dalam konten tersebut secara lebih rinci kepada pengguna sosial media.

Setidaknya terdapat dua macam carousel yang termasuk dalam kategori post di antaranya,
a. Instagram
Melansir dari situs TechCrunch, pada awal tahun 2017 lalu fitur carousel post pertama kali rilis di Instagram. Kelebihan dari format post ini, Anda dapat mengatur pembuatan caption dan lokasi pada setiap gambar carousel.

Anda juga dapat menambahkan konfigurasi filter dan memasukkan maksimal 10 gambar ke dalam fitur tersebut. Kelebihan dari penerapan instagram carousel adalah mampu mendatangkan banyak audiens secara konsisten.

Hal tersebut dapat tercapai apabila konten tersebut menyajikan data dengan melibatkan bukti fakta pendukung dan desain tampilan visual yang menarik dan user friendly.

b. Linkedin
Jika Anda ingin membangun branding, maka solusi terbaik adalah dengan mengoptimalkan peran Linkedin untuk membantu Anda dalam menyesuaikan hidup Anda. Untuk proses pembuatan konten pada Linkedin cukup mudah, di mana Anda membagikannya dalam sebuah feed. Selain itu, Linkedin juga menyediakan fitur pembagian atau pengunduhan dokumen sejak tahun 2018 silam.

Anda dapat memilih file dalam bentuk ekstensi .pdf, .docx, atau .pptx. Syarat utamanya, dokumen yang akan dibagikan tidak boleh lebih dari 100 MB dan tentunya harus di bawah 300 halaman. Pembuatan carousel pada platform Linkedin sangat efektif untuk meningkatkan engagement pada brand Anda melalui postingan konten yang di-upload secara konsisten tiap Minggunya.

2. Carousel Ads
Carousel ads merupakan jenis unggahan konten gambar untuk tujuan mengiklankan atau mempromosikan produk/jasa Anda. Melakukan strategi pemasaran dalam bentuk iklan melalui media sosial terbilang cukup optimal dengan rata – rata CTR (Click Through Rate) mencapai persentase sebesar 72 persen, dilansir dari situs Sprout Social.

Berikut beberapa contoh platform sosial media yang menerapkan konsep carousel untuk membantu optimasi konten.
a. Facebook
Facebook merupakan salah satu situs media sosial yang mempunyai jumlah pengguna aktif terbesar di seluruh dunia. Sehingga, sangat berkorelasi jika Anda memanfaatkan Facebook sebagai tempat untuk melakukan promosi iklan yang terbilang lebih murah dibandingkan beriklan menggunakan metode konvensional.

Anda dapat memungkinkan untuk memasukkan 3 hingga 5 gambar dalam satu iklan saja. Namun, yang paling menarik di sini adalah Anda dapat memasukkan satu produk saja dengan banyak fitur yang tersedia pada produk yang di –highlight.

b. Instagram
Untuk iklan dalam Instagram memiliki konsep yang sama dengan sistem post. Di mana, Anda dapat menggabungkan beberapa gambar dalam satu iklan. Fitur yang menarik pada Instagram carousel ads, Anda dapat memasukkan 10 card story dalam satu iklan saja.

c. Twitter
Carousel ads pada tanggal 11 November 2020 lalu, juga tersedia di dalam platform jejaring sosial Twitter. Alasan utama banyak pengguna Twitter yang menggunakan fitur ini adalah dikarenakan konten yang bersifat interaktif dan lebih menarik minat audiens untuk membaca lebih lama. Tentunya hal tersebut dapat berdampak pada engagement, traffic, dan meningkatkan brand awareness pada bisnis Anda.

d. Linkedin
Linkedin juga memperkenalkan fitur bernama “Linkedin Lead Gen Form” yang termasuk ke dalam salah satu bentuk call to action atau CTA. Dengan adanya fitur tersebut, maka user dapat lebih mudah dalam mengisi formulir dan dapat dihubungkan dengan elemen yang lain, seperti sign – up, download, dan lain sebagainya.

Salah satu keuntungan dari adanya carousel ads pada Linkedin adalah mempunyai CTR yang cukup tinggi. Didukung dengan konten yang lebih terverifikasi dan orisinil.

C. Manfaat Carousel
1. Menampilkan produk tertentu yang Anda jual atau aplikasi yang Anda miliki.
2. Menampilkan detail tentang produk, paket, atau aplikasi tertentu.
3. Ceritakan kisah melalui carousel cards secara beriringan atau untuk menampilkan satu gambar panjang.
4. Menampilkan secara berkala kreasi iklan Anda: memulai dengan carousel tanpa harus membuat dan mengunggah gambar produk individual secara manual.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Carousel, Jenis, dan Manfaatnya"