Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Officeless System, Jenis Profesi, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Officeless System, Jenis Profesi, Kelebihan, dan Kekurangannya


A. Pengertian Officeless System

Officeless system adalah sebuah sistem di mana perusahaan tidak membutuhkan kantor untuk menjalankan operasionalnya. Karyawan tidak diwajibkan pergi ke kantor untuk menyelesaikan pekerjaannya. Mereka bisa menggunakan tempat apapun baik itu rumah, cafe, tempat makan, mall hingga coworking space sekali pun.

Karyawan diberikan kebebasan untuk menyelesaikan pekerjaannya di mana saja. Selama mereka nyaman dengan tempat tersebut dan dapat menunjang tingkat produktivitasnya. Officeless system ini cukup banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar dan ternama seperti Google, Microsoft dan lain-lain.

B. Jenis Profesi Officeless System
Tidak semua profesi dalam perusahaan dapat dilakukan dengan cara tidak pergi ke kantor. Officeless system hanya dapat berlaku pada beberapa jabatan saja, terutama yang berkaitan dengan dunia atau media digital di antaranya,
1. Programmer
Seorang programmer dapat mengerjakan pekerjaan mereka di mana saja. Hal ini dikarenakan code yang mereka tulis dalam bahasa pemrograman dapat diakses dari perangkat yang berbeda. Sehingga, hal ini membuat seorang programmer tidak melulu harus bekerja dari kantor. Mereka juga bisa menyelesaikan tanggung jawabnya dari rumah, mall atau cafe yang menurutnya cukup cozy untuk mengerjakan tugasnya.

2. Content writer
Berikutnya ada juga profesi content writer atau penulis konten. Seperti halnya programmer, content writer memiliki senjata utama yakni sebuah laptop atau PC yang terhubung pada internet. Selama seorang content writer memiliki salah satu komponen tersebut, mereka bisa menyelesaikan pekerjaannya tanpa harus pergi ke kantor sekali pun.

3. Digital marketer
Orang-orang yang berprofesi sebagai seorang digital marketer juga tak perlu selalu ada di kantor. Mereka dapat menyusun strategi pemasaran dan mengimplementasikannya dari mana saja. Sehingga sistem officeless dapat juga berlaku untuk mereka.

4. Designer
Seorang designer juga dapat mengadopsi officeless system dalam cara kerjanya. Selama mereka memiliki perangkat komputer atau laptop yang mumpuni untuk membuat desain sesuai dengan permintaan klien maupun perusahaan.

C. Kelebihan Officeless System
Bagi perusahaan yang menjalankan sistem kerja tanpa kantor ini, mereka bisa menghemat lebih banyak pengeluaran. Sebut saja tagihan utilitas seperti air dan listrik yang lebih bisa ditekan karena karyawan tak lagi menggunakan barang elektronik dalam kantor.

Tak hanya itu, perusahaan juga jauh lebih menghemat biaya kertas yang biasa digunakan untuk mencetak laporan dan lain sebagainya. Sehingga alokasi dana pun bisa lebih diefisienkan untuk hal-hal lain yang lebih mendukung produktivitas perusahaan.

Karena karyawan yang bekerja di luar kantor cenderung minim stres dan tekanan, hal ini juga lebih menyejahterakan mereka pada saat bekerja. Sehingga mereka dapat lebih fokus dan produktif dalam menyelesaikan pekerjaannya. Mereka akan menikmati setiap proses yang dilaluinya tersebut.

Tak hanya menghemat pengeluaran bagi perusahaan saja, karyawan yang bekerja dari rumah atau di luar kantor juga bisa lebih menghemat biaya yang biasanya mereka keluarkan untuk transportasi atau makan siang.

D. Kekurangan Officeless System
Selain keuntungan yang telah disebutkan di atas, sistem yang satu ini juga memiliki kekurangannya tersendiri. Di mana mayoritas kekurangannya ditanggung oleh karyawan. Sebut saja tagihan utilitas mereka yang cenderung membengkak. Mulai dari tagihan listrik, internet dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, karyawan yang dipilih untuk bekerja di luar kantor juga cenderung sering mengalami miskomunikasi atau salah paham. Memang teknologi digital saat ini sudah banyak yang mendukung untuk memudahkan komunikasi antara dua orang atau bahkan lebih. Anda bisa melakukan voice atau video call dengan satu kelompok sekaligus.

Sayangnya, komunikasi tersebut masih sering mengalami kendala. Di mana beberapa karyawan mungkin tak memiliki koneksi yang baik sehingga tak seluruh percakapan dapat terekam atau terdengar dengan jelas. Selain itu, meski jam kerja cenderung fleksibel dan karyawan dapat mengerjakan pekerjaan mereka kapan pun. Hal ini juga dapat menjadi kekurangan karena tuntutan pekerjaan dapat datang kapan saja.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Officeless System, Jenis Profesi, Kelebihan, dan Kekurangannya"