Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Telekomunikasi dan Jenisnya

Pengertian Telekomunikasi dan Jenisnya


A. Pengertian Telekomunikasi

Telekomunikasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah komunikasi jarak jauh melalui kawat (telegraf, telepon) dan radio. Sementara menurut Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999, telekomunikasi adalah setiap pemancaran, pengiriman dan atau penerimaan dari hasil informasi dalam bentuk tanda-tanda, isyarat, tulisan, gambar, suara dan bunyi melalui sistem kawat, optik, radio, atau sistem elektromagnetik lainnya.

Umum telekomunikasi kita kenal sebagai teknik atau cara yang digunakan untuk mengirimkan sebuah informasi, baik berupa tulisan, suara, gambar, ataupun objek lainnya. Di dalamnya telekomunikasi ini dapat menyampaikan data dari satu tempat ke tempat lainnya yang memiliki lokasi berjauhan. Telekomunikasi sudah ada sejak abad ke 18 yang lalu, hingga sekarang telekomunikasi sudah berkembang dengan sangat pesat. Umumnya teknologi ini dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti telegraf, telepon, televisi, dan masih banyak lagi lainnya.

Telekomunikasi telah memainkan peran penting dalam hubungan sosial. Namun demikian, perangkat seperti sistem telepon pada awalnya diiklankan dengan penekanan pada dimensi praktis perangkat (seperti kemampuan untuk melakukan bisnis atau memesan layanan rumah) yang bertentangan dengan dimensi sosial. Baru pada akhir 1920-an dan 1930-an dimensi sosial perangkat menjadi tema utama dalam iklan telepon. Promosi baru mulai menarik emosi konsumen, menekankan pentingnya percakapan sosial dan tetap terhubung dengan keluarga dan teman. Sejak itu peran telekomunikasi dalam hubungan sosial menjadi semakin penting.

Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas situs jejaring sosial telah meningkat secara dramatis. Situs-situs ini memungkinkan pengguna untuk saling berkomunikasi serta mengirimkan foto, acara, dan profil untuk dilihat orang lain. Profil dapat mencantumkan usia, minat, preferensi seksual, dan status hubungan seseorang. Dengan cara ini, situs-situs ini dapat memainkan peran penting dalam segala hal, mulai dari mengatur keterlibatan sosial hingga pacaran.

Dalam hal budaya, telekomunikasi telah meningkatkan kemampuan publik untuk mengakses musik dan film. Dengan televisi, orang dapat menonton film yang belum pernah mereka tonton sebelumnya di rumah mereka sendiri tanpa harus pergi ke toko video atau bioskop. Dengan radio dan internet, orang dapat mendengarkan musik yang belum pernah mereka dengar sebelumnya tanpa harus pergi ke toko musik.

B. Jenis-jenis Telekomunikasi
1. Telegraf
Telekomunikasi pertama yang ditemukan adalah telegraf, di mana teknik ini ditemukan pada tahun 1838 oleh Samuel F.B Morse bersama dengan asistennya. Telegraf sendiri menggunakan listrik sebagai media perambatannya, pesan yang bisa disampaikan masih berbentuk kode yang disebut dengan kode morse.

Kode tersebut terdiri dari angka, huruf, ataupun karakter-karakter lain yang diubah menjadi sebuah kode, kemudian kode tersebut akan dikirim ke tempat lain yang berjarak sangat jauh. Setelah kode tersebut sampai di tempat tujuan, maka telegraf akan menerjemahkannya kembali menjadi karakter yang dapat dimengerti oleh manusia seperti angka dan tulisan.

2. Telepon
Berikutnya terdapat teknik telekomunikasi berupa telepon, teknologi ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi menggunakan suara dengan orang yang sangat jauh sekalipun. Cara kerja dari telepon sendiri ialah mengubah suara menjadi energi listrik, kemudian disalurkan melalui jaringan yang disebut jaringan komunikasi.

3. Faksimile
Faksimile atau biasa disebut dengan faks adalah cara berkomunikasi melalui sebuah objek, di mana faks mampu mengirim objek berupa tulisan, gambar, ataupun data ke tempat tujuan. Caranya ialah dengan menggunakan nomor telepon, kemudian objek yang telah dikirim akan melalui kabel hingga ke tempat tujuan.

Faks ini sendiri dahulu sering digunakan untuk mengirim data-data penting, seperti data perusahaan, dokumen-dokumen, ataupun objek penting lainnya. Penggunaan faks tersebut sangatlah populer digunakan di pertengahan abad ke 19, namun kini faks telah jarang digunakan dan diganti dengan teknologi yang lebih modern.

4. Televisi
Alat komunikasi yang sangat populer di awal abad ke 20 ialah televisi, alat ini sendiri menggunakan video dan suara sebagai media penyampaian informasi. Ia dapat berjalan dengan mengandalkan energi elektromagnetik, energi ini hanya bisa menyampaikan informasi satu arah saja. Sehingga penggunaannya tidak bisa berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya.

5. Radio
Sebelum adanya televisi alat yang sangat terkenal sebagai media telekomunikasi adalah radio, alat ini merupakan alat yang menyampaikan suara melalui gelombang yang disebut dengan gelombang radio. Gelombang tersebut bergerak dengan cara menyebar di daerah sekelilingnya, kelemahan dari gelombang ini adalah jaraknya yang sangat terbatas.

6. Telepon Bergerak
Telepon bergerak atau handphone merupakan sistem telekomunikasi yang sering digunakan di era modern ini, teknologi tersebut bisa melakukan berbagai jenis komunikasi mulai dari suara, tulisan, gambar, video, dokumen, dan berbagai macam komunikasi lainnya.

Perkembangan Telekomunikasi memang sangatlah pesat, kini hampir semua orang bisa melakukan komunikasi dengan sangat mudah. Bahkan komunikasi dengan orang yang tidak dikenalpun bisa dilakukan melalui sosial media, tentunya perkembangan yang sangat pesat tersebut tidak lepas dari jenis-jenis telekomunikasi yang berkembang selama ini.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Telekomunikasi dan Jenisnya"