Pengertian Angka (Numeral)

Pengertian Angka atau Numeral
Angka atau Numeral
Pengertian angka dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah tanda atau lambang sebagai pengganti bilangan; nomor. Angka adalah kombinasi simbol digit yang digunakan untuk melambangkan suatu nilai bilangan. Angka dalam bahasa inggris disebut dengan "numeral".

Digit adalah suatu simbol yang dapat digunakan untuk membuat angka. Digit berbentuk satu simbol khusus penulisan huruf (tipografi). Angka yang digunakan sekarang yaitu angka arab-barat dan angka romawi.

Jenis angka yang dikenal saat ini adalah  Angka Arab  dan angka Romawi. Angka arab-barat merupakan angka yang digunakan sekarang dengan menggunakan 10 simbol digit, yaitu: 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9

Angka Romawi adalah sistem penomoran yang berasal dari Romawi kuno. Sistem penomoran ini memakai huruf Latin untuk melambangkan angka numerik contohnya I (satu), V (lima), X (sepuluh), L (lima puluh), C (seratus), D (lima ratus), dan M (seribu).

Angka romawi angka yang populer di peradaban kuno dengan 7 simbol digit, yaitu:
I, V, X, L, C, D, dan M. Setiap angka merupakan simbol atau kombinasi simbol digit yang merepresentasikan suatu nilai bilangan.

Contoh: Angka XX dan 20
Angka XX merupakan kombinasi digit romawi untuk suatu nilai bilangan "dua puluh"

Angka 20 merupakan kombinasi digit arab-barat untuk suatu nilai bilangan "dua puluh"

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Angka (Numeral)"