Kebhinekaan Global: Pengertian, Aspek, dan Contohnya

Pengertian Kebhinekaan Global
Pengertian Kebhinekaan Global
Kebhinekaan global adalah salah satu bentuk penghargaan yang disertai sikap toleransi terhadap keberagaman atau perbedaan yang ada. Kebhinekaan global memiliki makna kemampuan menerima perbedaan yang ada, tanpa merasa menghakimi atau dihakimi, maupun merasa diri dan kelompoknya terhebat dan terbaik dibandingkan orang atau kelompok lainnya.

Kebhinekaan artinya beraneka ragam, bermacam-macam, banyak, beragam, dan lain-lain, yang mengarah kepada banyaknya perbedaan yang ada dalam masing-masing kehidupan, kebhinekaan lebih tertuju pada nilai nasional, yaitu beraneka ragamnya terdapat suku bangsa, ras, agama, budaya, bahasa, dan lain-lain yang ada pada negara Indonesia (yang mana persatuan dan kesatuan sebagai penghubung dari kebhinekaan tersebut).  

Dalam hal menerapkan kebhinekaan global, maka perlu memiliki sikap toleransi terhadap berbagai perbedaan. Kebhinekaan global mendorong seseorang untuk bersikap nasionalisme dan tetap mempertahankan budaya luhur. Tidak hanya itu saja, kebhinekaan global juga menjadi identitas bangsa Indonesia, di mana menjunjung tinggi perbedaan dan menanamkan nilai luhur budaya di masyarakat.

Aspek Kebhinekaan Global
Kebhinekaan global merupakan perasaan menghormati keberagaman. Kebhinekaan global adalah toleransi terhadap perbedaan yang ada satu sama lain. Dalam hal ini, melalui penguatan pelajar yang memiliki profil Pancasila diharapkan mampu menumbuhkan makna kebinekaan global berupa semangat untuk mempertahankan budaya, lokalitas dan identitas dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain.

Hal tersebut diharapkan mampu menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. Demikian, terdapat 3 buah elemen kunci yang menjadi profil pelajar Pancasila yang berkebhinekaan Global di antaranya,
1. Mengenal dan menghargai budaya
2. Kemampuan komunikasi inter kultural dalam berinteraksi dengan sesama
3. Refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebhinekaan

Pendidikan karakter dapat menjadikan siswa menjadi makhluk sosial yang saling membantu, beradab dan sopan-santun. Pendidikan ini sangat berkaitan dengan pendidikan moral, di mana tujuannya yaitu untuk mendidik dan membentuk siswa menjadi seseorang yang dapat bermanfaat dikemudian hari.

Contoh Kebhinekaan Global
Ada beberapa contoh berkebinekaan global yang ada di lingkungan sekitar di antaranya,
1. Mencintai Budaya dan Tradisi Asli Indonesia
Dalam implementasi contoh dari Kebhinekaan global, maka dapat dilakukan dengan cara mencintai budaya dan tradisi di Indonesia. Sebab, hal tersebut menunjukkan rasa cinta atau nasionalisme yang tinggi terhadap Indonesia.

2. Menghargai Budaya Bangsa Lain
Dalam interaksi antar bangsa, diperlukan sikap saling menghargai juga. Budaya bangsa lain pasti berbeda dengan budaya Indonesia. Perbedaan ini tidak perlu dijadikan polemik. Menghargai budaya bangsa lain bisa dilakukan dengan cara tidak berkata kasar terhadap budaya mereka. Apabila tidak suka, ditinggalkan.

3. Dapat Berinteraksi dan Bekerja Sama dengan Orang Lain
Sebagai masyarakat Indonesia, sebaiknya dapat berkomunikasi dan juga bekerja sama dengan orang lain tanpa harus membeda-bedakan agama, suku dan ras. Hal ini menjadi salah satu wujud untuk menghargai seseorang. Melakukan hal tersebut bisa di mana saja, mulai dari lingkungan rumah, sekolah hingga tempat kerja.

4. Menciptakan Perdamaian dan Keharmonisan di Masyarakat
Kebinekaan global dapat dilakukan dengan menciptakan perdamaian dan keharmonisan di lingkungan sekitar. Terciptanya hal tersebut dengan cara saling menghargai dan menghormati segala perbedaan yang ada tanpa saling menjatuhkan. Salah satu contoh dari sikap ini adalah gotong royong yang dilakukan di lingkungan warga.

Ketika ketiga contoh kebhinekaan global di atas mampu diterapkan dengan baik, maka akan menciptakan kondisi aman dan nyaman. Dengan sikap kebhinekaan global diharapkan bisa mempertahankan budaya luhur dan identitas bangsa. 

Dari berbagai sumber yang relevan

Download

Lihat Juga:

Materi Sosiologi SMA

Materi Sosiologi SMA Kelas XI Bab 4: Membangun Harmoni Sosial (Kurikulum Merdeka)

1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.1 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.2 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.3 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.4 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)   
5. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 1. Bentuk-bentuk Struktur Sosial (KTSP)
7. Materi Ujian Nasional Kompetensi Dinamika Struktur Sosial 
8. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 6. Masyarakat Multikultural (KTSP)
9. Materi Ujian Nasional Kompetensi Masyarakat Multikultural
10. Materi Ringkas Struktur Sosial dan Diferensiasi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Kebhinekaan Global: Pengertian, Aspek, dan Contohnya"