Proteksionisme: Pengertian, Sejarah, Alat, dan Manfaatnya

Pengertian Proteksionisme
Proteksionisme dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah paham bahwa ekonomi dalam negeri harus dilindungi pemerintah dari persaingan luar negeri. Proteksionisme dalam hal ini mengacu pada kebijakan pemerintah yang membatasi perdagangan internasional untuk membantu industri dalam negeri.

Demikian, proteksionisme atau proteksi perdagangan (trade protection) adalah suatu kebijakan yang diambil pemerintah suatu negara yang mengarah pada perlindungan ekonomi yang mengetatkan perdagangan atau membatasi persaingan dengan negara-negara lain.

Baca Juga: Hambatan Perdagangan (Trade Barrier): Pengertian, Tujuan, Faktor, dan Jenisnya

Proteksi perdagangan ini diambil dengan berbagai bentuk seperti tarif impor, subsidi, kuota, pelabelan, persyaratan keamanan dan kesehatan produk. Tujuannya adalah untuk melindungi kepentingan perekonomian domestik, misalnya melindungi produsen lokal dari persaingan impor.

Selain itu kebijakan proteksionis juga biasanya diterapkan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas perekonomian domestik juga dapat diterapkan untuk alasan keamanan atau kualitas.

Sejarah
Sepanjang sejarah, perang dan depresi ekonomi (atau resesi) telah menyebabkan peningkatan proteksionisme, sementara perdamaian dan kemakmuran cenderung mendorong perdagangan bebas.

Kerajaan-kerajaan Eropa menyukai kebijakan proteksionis pada abad ke-17 dan ke-18 dalam upaya meningkatkan perdagangan dan membangun perekonomian domestik dengan mengorbankan negara lain; kebijakan-kebijakan ini, yang sekarang sudah didiskreditkan, dikenal sebagai merkantilisme.

Inggris Raya mulai meninggalkan tarif protektifnya pada paruh pertama abad ke-19 setelah Inggris mencapai keunggulan industri di Eropa. Penolakan Inggris terhadap proteksionisme dan mendukung perdagangan bebas dilambangkan dengan pencabutan UU tersebut pada tahun 1846.

Kebijakan proteksionis di Eropa relatif ringan pada paruh kedua abad ke-19, meskipun Prancis, Jerman, dan beberapa negara lain kadang-kadang terpaksa mengenakan bea masuk sebagai cara untuk melindungi sektor industri mereka yang sedang berkembang dari persaingan Inggris.

Namun, pada tahun 1913, bea masuk menjadi rendah di seluruh dunia Barat, dan kuota impor hampir tidak pernah digunakan. Kerusakan dan dislokasi yang disebabkan oleh Perang Dunia I lah yang menginspirasi peningkatan hambatan bea cukai di Eropa pada tahun 1920an.

Selama Depresi Besar pada tahun 1930-an, tingkat pengangguran yang tinggi menimbulkan epidemi tindakan proteksionis. Akibatnya, perdagangan dunia menyusut drastis.

Amerika Serikat memiliki sejarah panjang sebagai negara proteksionis, dengan tarif yang mencapai titik tertingginya pada tahun 1820-an dan selama Depresi Besar. Berdasarkan Undang-Undang Tarif Smoot-Hawley (1930), tarif rata-rata atas barang impor dinaikkan sekitar 20 persen.

Kebijakan proteksionis negara ini berubah menjelang pertengahan abad ke-20, dan pada tahun 1947 Amerika Serikat adalah salah satu dari 23 negara yang menandatangani perjanjian perdagangan timbal balik dalam bentuk perjanjian perdagangan timbal balik.

Perjanjian Umum tentang Tarif dan Perdagangan (GATT). Perjanjian tersebut, diubah pada tahun 1994, digantikan pada tahun 1995 oleh Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) di Jenewa. Melalui negosiasi WTO, sebagian besar negara dagang utama di dunia telah mengurangi tarif bea cukai mereka secara signifikan.

Namun, perjanjian perdagangan timbal balik biasanya membatasi tindakan-tindakan proteksionisme dan bukan menghilangkannya sama sekali, dan seruan untuk proteksionisme masih terdengar ketika industri-industri di berbagai negara mengalami kesulitan ekonomi atau kehilangan pekerjaan yang diyakini diperburuk oleh persaingan asing.

Alat Proteksionis
Jenis alat proteksionis yang dipakai di antaranya,
1. Tarif
Tarif impor adalah salah satu alat utama yang digunakan pemerintah ketika berupaya menerapkan kebijakan proteksionis. Ada tiga konsep tarif impor utama yang dapat diteorikan untuk tindakan perlindungan. Secara umum, segala bentuk tarif impor dibebankan kepada negara pengimpor dan didokumentasikan di bea cukai pemerintah. Tarif impor menaikkan harga impor suatu negara.

Baca Juga: Tarif Impor: Pengertian, Tujuan, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahannya

Tarif ilmiah adalah tarif impor yang dikenakan berdasarkan item per item, yang menaikkan harga barang bagi importir dan membebankan harga yang lebih tinggi kepada pembeli akhir. Tarif impor titik bahaya difokuskan pada industri tertentu.

Tarif ini melibatkan penghitungan tingkat penurunan atau kenaikan tarif yang akan menyebabkan kerugian besar bagi industri secara keseluruhan, yang berpotensi menyebabkan penutupan industri karena ketidakmampuan bersaing. Tarif pembalasan adalah tarif yang diberlakukan terutama sebagai respons terhadap bea masuk berlebihan yang dikenakan oleh mitra dagang.

2. Impor Kuota
Kuota impor adalah  hambatan non-tarif  yang diterapkan untuk membatasi jumlah produk yang dapat diimpor dalam jangka waktu tertentu. Tujuan kuota adalah untuk membatasi pasokan produk tertentu yang disediakan oleh eksportir kepada importir.

 Hal ini biasanya merupakan tindakan yang tidak terlalu drastis dan mempunyai dampak kecil terhadap harga dan menyebabkan permintaan yang lebih tinggi terhadap bisnis dalam negeri untuk menutupi kekurangan tersebut.

Baca Juga: Pengertian Kuota Impor, Tujuan, Jenis, Keuntungan, dan Kerugiannya

Kuota juga dapat diberlakukan untuk mencegah  dumping , yang terjadi ketika produsen asing mengekspor produk dengan harga lebih rendah dari biaya produksi. Embargo, yang melarang sepenuhnya impor produk tertentu, adalah jenis kuota yang paling parah .

3. Standar Produk
Keamanan produk dan produk atau bahan berkualitas rendah biasanya menjadi perhatian utama ketika menerapkan standar produk. Proteksionisme standar produk dapat menjadi penghalang yang membatasi impor berdasarkan pengendalian internal suatu negara.

Beberapa negara mungkin memiliki standar peraturan yang lebih rendah dalam bidang penyiapan makanan, penegakan hak kekayaan intelektual , atau produksi bahan. Hal ini dapat mengakibatkan persyaratan standar produk atau terhambatnya impor tertentu karena penegakan peraturan. Secara keseluruhan, membatasi impor melalui penerapan standar produk seringkali dapat meningkatkan volume produksi di dalam negeri.

Sebagai contoh, pertimbangkan keju Perancis yang dibuat dengan susu mentah dan bukan susu pasteurisasi, yang harus berumur minimal 60 hari sebelum diimpor ke AS. Karena proses untuk memproduksi banyak jenis keju Perancis sering kali melibatkan penuaan 50 hari atau kurang, beberapa Salah satu keju Perancis yang paling populer dilarang beredar di AS, sehingga memberikan keuntungan bagi produsen AS.1

4. Subsidi pemerintah
Subsidi pemerintah dapat datang dalam berbagai bentuk. Umumnya, dampaknya mungkin langsung atau tidak langsung. Subsidi langsung memberikan pembayaran tunai kepada dunia usaha. Subsidi tidak langsung datang dalam bentuk tabungan khusus seperti pinjaman tanpa bunga dan keringanan pajak.

Saat menjajaki subsidi, pejabat pemerintah dapat memilih untuk memberikan subsidi langsung atau tidak langsung di bidang produksi, lapangan kerja, pajak, properti, dan banyak lagi.

Baca Juga: Pengertian Subsidi, Bentuk, Jenis, Fungsi, Manfaat, Contoh, dan Dampaknya

Ketika berupaya meningkatkan neraca perdagangan suatu negara, suatu negara mungkin juga memilih untuk menawarkan subsidi kepada dunia usaha untuk ekspor. Subsidi ekspor memberikan insentif bagi bisnis domestik untuk melakukan ekspansi global dengan meningkatkan ekspor mereka secara internasional.

Manfaat Proteksionisme

Dari laman corporatefinanceinstitute.com, berikut keuntungan adanya kebijakan proteksionisme bagi suatu negara di antaranya,
1. Lebih Banyak Peluang Pertumbuhan
Proteksionisme memberikan peluang pertumbuhan bagi industri lokal, sehingga mereka dapat bersaing dengan perusahaan yang lebih berpengalaman di pasar internasional.

2. Impor Lebih Rendah
Kebijakan proteksionisme membantu mengurangi tingkat impor dan memungkinkan negara untuk meningkatkan neraca perdagangannya.

3. Lebih Banyak Pekerjaan
Tingkat pekerjaan yang lebih tinggi terjadi ketika perusahaan-perusahaan domestik meningkatkan jumlah tenaga kerjanya.

4. Produk Domestik Bruto (PDB) Lebih Tinggi
Proteksionisme cenderung meningkatkan PDB ekonomi karena adanya peningkatan produksi dalam negeri.

Sumber:
https://www-investopedia-com.translate.goog/terms/p/protectionism.asp?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
https://kumparan.com/berita-bisnis/proteksionisme-pengertian-jenis-dan-manfaatnya-bagi-negara-20j05YNR39H
https://www-britannica-com.translate.goog/money/topic/protectionism

Download

Lihat Juga:

Materi Sosiologi SMA

1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Proteksionisme: Pengertian, Sejarah, Alat, dan Manfaatnya"