Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Google Lens: Pengertian, Fitur, Fungsi, Cara Menggunakan, dan Tipsnya

Pengertian Google Lens
Google Lens
Pengertian Google Lens
Google Lens adalah teknologi image recognition yang dikembangkan oleh google. Image recognition merupakan kemampuan sebuah software untuk mengidentifikasi objek, tempat, orang, tulisan, ataupun kegiatan dalam sebuah foto atau gambar dengan menggunakan teknologi machine vision dan artificial intelligence.

Google Lens merupakan salah satu inovasi Google yang terbilang cukup baru. Teknologi ini dirilis secara resmi di tanggal 4 Oktober 2017. Awalnya, Lens hanya tersedia untuk smartphone Pixel dan Pixel 2 saja. Di tahun 2018, akhirnya smartphone lain pun bisa menggunakannya, Bahkan juga sudah tersedia untuk iOS.

Fitur Google Lens
Untuk menggunakan teknologi ini, Anda perlu menggunakan aplikasi khusus bernama Google Lens yang bisa Anda dapatkan dengan men-download lewat App Store atau Google Play Store, tergantung sistem operasi yang digunakan.

Google menjelaskan bahwa Lens memiliki beberapa fitur di antaranya,
1. Scan dan menerjemahkan teks
2. Mencari foto yang mirip
3. Mencari informasi tempat atau bangunan lewat foto
4. Mengidentifikasi jenis tanaman dan hewan
5. Membantu menemukan solusi penyelesaian soal-soal mulai dari matematika, sejarah, kimia, biologi, fisika, dan masih banyak lagi

Fungsi Google Lens
Aplikasi Google Lens dapat membantu Anda mencari informasi mengenai suatu barang dengan mengarahkan kamera ke objek tersebut. Google Lens adalah sebuah aplikasi berbasis AI dengan yang membantu para pengguna agar mendapatkan informasi hanya dengan memasukkan foto atau mengambil gambar pada sebuah benda.

Melalui Google Lens, Anda bisa mengetahui berbagai informasi hanya dengan mengarahkan kamera saja. Anda bisa mendapatkan informasi mulai dari informasi mengenai sebuah produk, tempat, makanan, dan lain-lain.

Seandainya Anda ingin mengetahui informasi mengenai beberapa tumbuhan yang ada di dekat rumah atau sebuah taman, Anda bisa menggunakan Google Lens untuk mendapatkan data yang lebih spesifik. Tidak hanya itu, berikut beberapa fungsi Google Lens lain yang bisa digunakan dalam kebutuhan sehari-hari di antaranya,
1. Menerjemahkan dokumen fisik atau gambar berbentuk teks
Fungsi Google Lens adalah membantu Anda untuk menerjemahkan dokumen fisik atau gambar menjadi bentuk teks. Hal ini sangat praktis dibanding dan sangat membantu jika Anda terkendala mengalami perbedaan bahasa atau berada di lingkungan yang asing.

Misalnya, Anda berada di sebuah negara yang menggunakan informasi bahasa asing tersebut. Melalui aplikasi ini, Anda hanya perlu untuk mengarahkan kamera ke objek atau rambu-rambu tertentu dan pilih ke bahasa pilihan Anda.

2. Menyalin, mengirim, dan mengaudiokan teks dari dokumen
Google Lens juga mampu mendeteksi sebuah dokumen, baik berbentuk buku atau kertas sekalipun. Hal ini sangat membantu bagi para pelajar dalam proses belajarnya. Banyak pengguna yang menggunakan ini untuk menyalin dokumen ke dalam bentuk teks (Google Docs).

Aplikasi ini dapat membantu Anda untuk menemukan informasi dari sebuah teks tertentu tanpa perlu Anda memasukkan kata kunci secara manual. Selain itu berbentuk teks, Anda juga bisa mengonversikannya dalam bentuk audio.

3. Mencari produk yang serupa
Jika Anda ingin mencari produk yang serupa, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Google Lens untuk menemukannya. Berbeda dengan mesin pencarian lainnya, Google Lens juga akan menampilkan informasi barang yang serupa dengan foto yang Anda miliki.

Contoh, Anda mencari sebuah produk handphone flip, maka yang akan muncul beberapa rekomendasi gambar produk serupa hingga mereknya.

4. Berbelanja
Selain mencari informasi mengenai sebuah benda, aplikasi ini juga dapat membantu Anda untuk berbelanja barang impian Anda. Google Lens akan juga dapat membantu para pengguna untuk menemukan link penjualan produk yang diinginkan. Anda bisa menggunakan fitur Shopping pada aplikasi tersebut untuk hal tersebut.

5. Mencatat agenda acara di Google Calendar
Tak hanya membaca teks dan gambar, Google Lens juga bisa membantu menyimpan agenda acara di Google Calendar. Anda bisa mengarahkan ponsel pada media apapun yang memiliki unsur tanggal dan jam. Kemudian, akan muncul pilihan Create Calendar Event Option.

6. Menyimpan dan menghubungi kontan dengan kartu nama
Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk bermain ponsel, Google Lens dapat membantu Anda untuk membantu atau mengidentifikasi nama dan informasi kontak dari kartu nama saja.

7. Membantu mengerjakan soal
Kemampuan Google Lens untuk mendeteksi dokumen dapat membantu Anda untuk mengerjakan soal tertentu. Aplikasi ini akan menampilkan informasi terkait baik berupa rumus, video penjelasan, atau situs yang mengarah pada soal tersebut.

Cara Menggunakan Google Lens
Pada dasarnya, cara menggunakan Google Lens adalah dengan memindai foto yang Anda miliki atau pun langsung lewat kamera. Namun, step yang dilewati menyesuaikan tujuan penggunaan.
1. Cara mengakses Google Lens
Teknologi ini dapat Anda gunakan baik dengan atau tanpa aplikasi. Ada beberapa cara untuk mengaktifkannya sesuai keadaan gawai Anda di antaranya,
a. Melalui search engine Google di PC: Google Lens web dapat diakses dengan cara mengklik “Images” di pojok kanan atas ketika membuka Chrome. Lalu, kamu dapat melakukan pencarian dengan mengklik ikon kamera di search bar dan memasukkan gambar.
b. Melalui aplikasi Chrome di smartphone: Klik ikon kamera di search bar dan kamu akan diminta untuk memasukkan foto atau mengarahkan kamera ke objek yang ingin ditelusuri.
c. Melalui Google Photos: Swipe ke kiri di tombol di layar bagian bawah, temukan “Mode” dan pilih “Lens”.
d. Melalui aplikasi Google Lens: Download dan buka aplikasinya, lalu kamu akan dihadapkan dengan sejumlah aksi sesuai kebutuhan.

2. Melakukan pencarian dengan gambar yang tersimpan
Apabila Anda langsung menggunakan Chrome, Anda cukup mencari ikon kamera dan memasukkan foto objek atau teks yang ingin kamu cari. Anda juga bisa menggunakan aplikasi Google Lens, dengan membukanya lalu menemukan daftar gambar yang Anda punya di bawah bagian “Search with your camera”.

Apabila tidak ditemukan, akses foto dari folder penyimpanan melalui Lens atau beralih ke aplikasi foto untuk mencari gambar dan mengklik ikon Lens di bagian bawah layar.

3. Mengidentifikasi objek atau teks dengan kamera
Cara yang satu ini sering dilakukan untuk objek atau teks yang belum Anda potret, sehingga sifatnya secara langsung. Lakukan hal yang sama seperti dengan Chrome ataupun Lens, hanya saja pilih “Search with your camera” dan Anda akan melihat 4 garis pembatas untuk memfokuskan objek yang ingin dicari.

Klik ikon kaca pembesar sebagai shutter untuk mengambil gambar dan Google akan memproses informasi di dalamnya. Khususnya untuk menerjemahkan teks, Google Translate memfasilitasi Anda dengan cara membuka aplikasinya, mengklik ikon kamera di type bar, lalu arahkan ke teks yang ingin kamu terjemahkan. Pastikan bahasa sumber dan target sudah sesuai.

4. Menelusuri bagian tertentu dari gambar
Di atas sempat disinggung terkait 4 garis pembatas yang berguna untuk memfokuskan objek pencarian. Terkadang, Google Lens bisa salah menafsirkan hal yang ingin Anda cari karena banyaknya objek yang tersebar pada foto.

Jika demikian, Anda bisa, memindah 4 garis pembatas tadi ke objek yang ingin Anda cari. Contohnya, tap mobil yang ingin Anda telusuri di foto untuk mengganti fokus yang salah dari pohon. Garis ini juga bisa Anda zoom in dan out untuk akurasi yang lebih tinggi.

5. Fitur aplikasi Google Lens lainnya
Pada dasarnya, fitur-fitur setelah ini telah disebutkan dan dapat dilakukan dengan cara di atas. Namun, aplikasi Google Lens telah merangkumnya jadi satu sehingga Anda tidak perlu membuka terlalu banyak aplikasi.

Anda hanya perlu membuka Google Lens dan mengarahkan kamera atau memasukkan foto yang ingin Anda cari. Setelah itu, ada opsi aksi seperti berikut:
a. Tombol “Translate” untuk menerjemahkan teks yang terdeteksi ke bahasa target.
b. Tombol “Text” untuk menyalin teks terdeteksi ke papan klip, membuat teks dibacakan oleh Google, atau melakukan pencarian umum.
c. Tombol “Homework” untuk memberikan solusi jawaban atau informasi terkait teks yang disorot.
d. Tombol “Shopping” untuk menemukan produk yang sama dan serupa dengan objek pencarian.
e. Tombol “Places” untuk mengetahui informasi terkait tempat yang Anda lihat dan lokasi Anda berada saat di luar ruangan.
f. Tombol “Dining” untuk mengetahui resep atau restoran yang memiliki masakan yang telah difoto dan dicari.

Tips Menggunakan Google Lens
Berikut 5 tips untuk dapat menggunakan aplikasi Google Lens dengan maksimal di antaranya,
1. Bisa terjemahkan teks dari dunia nyata
Aplikasi Lens menawarkan kekuatan translasi dari teks dunia nyata. Tentu hal ini sangat efektif karena pengguna tak perlu lagi menulis untuk mengetahui terjemahan, melainkan memotret teks saja. Berikut langkah untuk mengaksesnya:
a. Buka aplikasi Google Lens.
b. Ketuk 'Search with your camera.'
c. Arahkan kamera ponsel ke teks yang hendak diterjemahkan.
d. Pilih ke bahasa mana teks akan diterjemahkan dan ketuk tombol Capture.
e. Selesai, gambar teks akan dikonversikan ke bahasa terjemahan secara instan.

2. Cari dan belanja produk secara online.
Google Lens menyediakan fitur di mana pengguna bisa scan produk ataupun kode QR dan mencarinya secara online. Hal ini digunakan untuk kegiatan belanja online yang mudah diakses. Berikut langkahnya:
a. Setelah masuk Google Lens, pilih 'Search with your camera.'
b. Geser dan pilih tab Shopping.
c. Foto produk yang henda dibeli untuk discan.
d. Ketuk pada tombol 'Google Search' untuk mencari produk online.
e. Selesai, pengguna bisa mencari tahu produk yang telah diidentifikasi.

3. Gunakan Google Lens untuk mengerjakan PR-mu.
Kesusahan dalam mengerjakan pekerjaan rumah? Butuh rumus untuk menyelesaikan PR matematika? Tenang, Google Lens memungkinkan pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan rumah. Langkah untuk dapat fitur ini sebagai berikut:
a. Buka aplikasi.
b. Pilih 'Search with your camera.'
c. Geser dan pilih tab 'Homework.'
d. Ketuk pada tombol 'Google Search' untuk mencari soal yang ingin diselesaikan.
e. Selesai, pengguna bisa mencari tahu rumus dari soal tersebut.

4. Gunakan Google Lens untuk mengidentifikasi hewan, tanaman, atau objek spesifik lainnya.
AI dari Google Lens memudahkan pengguna untuk mendeteksi presensi dari objek-objek yang spesifik, seperti tanaman dan hewan. Untuk mengakses ini, cukup ikuti langkah berikut:
a. Buka aplikasi Lens.
b. Pilih 'Search with your camera.'
c. Arahkan kamera ke objek yang ingin diidentifikasi.

5. Akses dan review rating restoran.
Selain itu, pengguna bisa mengidentifikasi restoran untuk mengetahui rating atau penilaian dari restoran tersebut. Berikut step-stepnya:
a. Buka aplikasi Lens.
b. Pilih 'Search with your camera.'
c. Geser dan pilih 'Dining.' Pengguna juga bisa memotret makanan untuk mengetahui informasi dari makanan tersebut.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Google Lens: Pengertian, Fitur, Fungsi, Cara Menggunakan, dan Tipsnya"