Iklim Sedang: Pengertian, Wilayah, Ciri, Jenis, Flora, dan Faunanya

Pengertian Iklim Sedang
Iklim Sedang
Pengertian Iklim Sedang
Iklim sedang adalah iklim yang terjadi di kawasan lintang 40° hingga lintang 66,5° di bagian selatan dan utara bumi, atau garis lintang sedang di antara tropika dan lingkaran kutub. Perubahan antara musim panas dan musim dingin di daerah ini biasanya akan terasa sejuk, daripada terlalu panas atau dingin.

Pada iklim sedang tidak hanya posisi lintang yang mempengaruhi perubahan suhu, tetapi arus laut, arah angin yang berlaku, kontinuitas (seberapa besar daratan), dan ketinggian juga membentuk iklim sedang.

Pada zona iklim sedang, terdapat karakteristik seperti vegetasi hutan konifer, padang stepa, hingga hutan gugur. Sedangkan kawasan tundra dan taiga jarang ditemukan, karena suhu di kawasan beriklim sedang belum cukup dingin seperti iklim kutub.

Wilayah Iklim Sedang
Lokasi kawasan iklim ini berada di garis lintang utara dan lintang selatan membuat kondisi tekanan udara dan arah angin selalu bertiup tak menentu. Beberapa negara yang masuk dalam kawasan iklim sedang sebagian besar terletak di kawasan Eropa, seperti Denmark, Jerman, Italia, Inggris, Irlandia, Mongolia, Rumania, Ukraine, dan sekitarnya.

Ciri Iklim Sedang
Karakteristik daerah beriklim sedang di antaranya,
1. Suhu tahunan rata-rata yang relatif sedang, dengan suhu bulanan rata-rata di atas 10 ° C pada bulan-bulan terhangat dan di atas -3° C pada bulan-bulan yang lebih dingin (Trewartha dan Horn, 1980).
2. Iklim lokal di zona sedang menunjukkan variabilitas yang lebih besar daripada zona tropis. Zona beriklim sedang tersebut terletak kira-kira antara 25° dan 60° lintang utara dan selatan.
3. Daerah beriklim sedang ini memiliki karakteristik cuaca yang relatif ringan, bahkan di musim dingin.
4. Sebagian besar daerah dengan iklim sedang menyajikan empat musim (musim panas, musim gugur, musim dingin, dan musim semi), dan suhu dapat sangat berubah antara musim panas dan musim dingin (McColl, 2005).
5. Kebanyakan orang tinggal di zona beriklim sedang, dan kepadatan populasi manusia di wilayah pesisir sekitar tiga kali lebih tinggi dari rata-rata global (Small dan Nicholls, 2003).

Jenis Iklim Sedang
Ada dua macam iklim sedang di antaranya,
1. Iklim maritim
Iklim maritim sangat dipengaruhi oleh lautan, yang menjaga suhu tetap stabil sepanjang musim. Karena angin bertiup ke barat di zona beriklim sedang, tepi barat benua di daerah ini paling sering mengalami iklim laut. Wilayah tersebut termasuk karakteristik benua Eropa Barat, khususnya Inggris, dan Amerika Utara bagian barat pada garis lintang antara 40° dan 60° utara.

Iklim maritim di sisi lain, menembus lebih jauh ke Eropa di mana pegunungan utama, yaitu Pegunungan Alpen yang berorientasi timur-barat.

2. Iklim kontinental
Iklim kontinental meningkat di pedalaman, dengan musim panas yang lebih hangat dan musim dingin yang lebih dingin karena efek tanah terhadap penerimaan dan kehilangan panas meningkat. Hal ini terutama berlaku di Amerika Utara, di mana Pegunungan Rocky yang sejajar dengan orientasi utara-selatan bertindak sebagai penghalang iklim bagi udara laut ringan yang bertiup dari barat.

Flora dan Fauna Iklim Sedang
Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, iklim sedang dapat dilihat dari jenis vegetasi atau hutan yang terbentuk di sana. Di dalam hutan, terbentuk ekosistem dan habitat spesies tumbuhan dan hewan dengan daya adaptasi tertentu terhadap suhu dan lingkungan.

Pada musim-musim tertentu, tumbuhan dan hewan harus bertahan hidup dalam segala kondisi, bahkan yang terburuk sekalipun. Misalnya, beberapa hewan berhibernasi selama musim dingin atau tanaman dengan sengaja menggugurkan daunnya sebelum musim dingin.

Berikut beberapa contoh tumbuhan dan hewan di daerah beriklim sedang di antaranya,
1. Flora
Contoh tumbuhan yang hidup di hutan hujan beriklim sedang meliputi ciri-ciri tumbuhan runjung, seperti pinus dan cemara. Selain itu, hutan ini juga memiliki vegetasi yang lebat seperti bambu, paku-pakuan, palem mini dan perdu.

2. Fauna
Pada dasarnya, tidak banyak hewan yang dapat hidup di hutan beriklim sedang. Hanya hewan yang tahan suhu dingin yang bisa hidup di kawasan ini. Hewan-hewan yang hidup di iklim ini memiliki ciri-ciri tertentu, salah satunya adalah bulunya yang tebal untuk melindungi tubuh dari hawa dingin yang ekstrem.

Contoh hewan ini termasuk serigala, kelinci, tikus salju, beruang hitam, beruang grizzly, dan berbagai serangga dan hewan air, seperti salmon. Khusus untuk salmon, ikan ini unik karena akan berenang ke hulu atau hulu untuk bertelur.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Iklim Sedang: Pengertian, Wilayah, Ciri, Jenis, Flora, dan Faunanya"