HP Kentang: Pengertian, Ciri, dan Risikonya

Pengertian HP Kentang
HP Kentang
Pengertian HP Kentang
Kentang adalah sebuah singkatan yang merujuk pada kondisi “Kena Tanggung” atau suatu keadaan yang tidak maksimal. Di dalam konteks HP kentang artinya kondisi atau keadaan spesifikasi ponsel tersebut tidak dapat bekerja dengan maksimal atau kurang bagus untuk bermain game sehingga HP tersebut akan bekerja dengan lambat atau lemot.

Istilah HP kentang biasa digunakan untuk mengejek handphone (HP/hape) atau ponsel yang sering eror atau kinerjanya lambat. Istilah ini muncul dari para gamer yang kesal atau sering kalah, karena hardware smartphone kurang mumpuni untuk main game.

Game yang ada saat ini memang kebanyakan memiliki spesifikasi dan ukuran besar. Tidak heran jika banyak HP yang memang tidak bisa mendukung untuk bermain beberapa game tertentu. Istilah HP kentang juga bisa digunakan terhadap satu merek HP yang memiliki spesifikasi lebih rendah dengan merek HP lainnya padahal memiliki harga yang tidak jauh berbeda.

Jadi kesannya, HP kentang tersebut memiliki harga yang “nanggung”. Isilah HP kentang kini juga sering digunakan sebagai umpatan terhadap HP yang memiliki spesifikasi lebih rendah. Beberapa gamer yang sering kalah juga menggunakan istilah ini sebagai alasan kekalahannya disebabkan karena spesifikasi HP yang digunakan kurang bagus.

Ciri HP Kentang
HP kentang disandarkan pada produk smartphone yang kurang mumpuni untuk digunakan saat bermain game karena terlalu berat dan menyebabkan HP menjadi lemot. Bisa dikatakan HP kentang adalah istilah untuk HP yang memiliki spesifikasi pas-pasan.

Meski disebut spesifikasi pas-pasan, smartphone yang masuk ke dalam kategori HP kentang adalah ponsel-ponsel entry-level yang memiliki kapasitas baterai kurang dari 4.000 mAh dengan RAM hanya sebesar 2 GB dan media penyimpanan sekitar 16 GB.

Media penyimpanan sebesar 16 GB dikatakan kurang karena ukuran aplikasi yang semakin membesar dari waktu ke waktu. Bahkan untuk kelas entry-level pun saat ini kapasitas memori internalnya idealnya adalah minimal 32 GB.

Penilaian HP Kentang bisa dibilang bersifat subjektif yang artinya tidak ada spesifikasi khusus untuk menentukan bahwa HP tersebut masuk ke dalam kategori HP kentang. Jadi, istilah HP kentang ini bisa disandarkan pada semua HP.

Biasanya, HP kentang muncul ketika ada sebuah HP yang memiliki spesifikasi nanggung dibandingkan dengan smartphone lainnya dengan harga sekelas. Jadi, HP kentang memang sangat subjektif bahkan bisa disandarkan kepada HP dengan jelas yang mahal sekalipun.

Risiko Bermain Game Menggunakan HP Kentang
Istilah HP kentang pertama-tama memang muncul di kalangan para gamer. Mereka menggunakan istilah ini untuk menunjukkan HP yang tidak bagus atau tidak mendukung untuk bermain game. Misalnya, game Mobile Legends, PUBG, Call of Duty Mobile, dan berbagai game lainnya.

Ketika HP kentang tetap dipaksa digunakan untuk bermain game online tersebut, maka akan menyebabkan beberapa risiko di antaranya,
1. Overheat
Risiko pertama adalah HP akan mengalami overheat atau panas yang berlebihan. Overheat pada HP dapat terjadi ketika pergerakan arus listrik pada ponsel terjadi terus menerus dalam jumlah besar. Memang umumnya HP akan terasa panas ketika digunakan untuk bermain game dalam waktu lama.

Namun, pada HP kentang akan lebih cepat terasa panas yang berlebihan ketika digunakan untuk bermain game. Spesifikasi HP kentang yang rendah menyebabkan komponen-komponen pada HP seperti CPU dan baterai harus bekerja lebih keras sehingga timbullah panas yang berlebihan.

2. Baterai Cepat Rusak
Memaksakan HP dengan spesifikasi yang tidak pas untuk bermain game berat akan menyebabkan baterai menjadi cepat rusak. HP yang digunakan untuk bermain game akan lebih sering di-charging dan menyebabkan kesehatan baterainya menurun.

3. Game yang Dimainkan Lambat
Bermain game akan sangat menyenangkan ketika lancar dan tanpa hambatan. Namun, ketika Anda menggunakan HP kentang untuk bermain game, maka game yang dimainkan akan lemot atau lambat.

HP akan sering ngelag atau macet sehingga akan Anda pasti akan sangat terganggu. Apalagi jika memainkan game yang bersifat kompetitif dan perlu respon cepat.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "HP Kentang: Pengertian, Ciri, dan Risikonya"