Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Flash Sale: Pengertian, Keuntungan, Kekurangan, dan Cara Melakukannya

Pengertian Flash Sale
Flash Sale
Pengertian Flash Sale
Flash sale adalah program promosi produk yang memberikan konsumen kesempatan membeli produk dengan harga yang lebih murah daripada harga biasanya dalam waktu yang sangat terbatas. Batas waktu flash sale pada umumnya tergolong singkat dan waktu dimulainya telah diumumkan sebelumnya ke khalayak luas sebelum digelar.

Selain harus berpacu dengan waktu, konsumen yang ikut dalam flash sale juga harus berlomba dengan konsumen lainnya. Persis seperti istilah “siapa cepat dia dapat”, peserta flash sale harus bergerak secepat mungkin untuk mendapatkan produk yang ada, mengingat produk yang ditawarkan selain memiliki harga yang sangat miring juga hanya tersedia dalam jumlah terbatas.

Umumnya diskon yang diberikan berkisar dari 50% hingga 90% dan terjadi selama 1-36 jam. Harga yang lebih murah dan waktu yang sangat terbatas untuk mendapatkannya menimbulkan tekanan psikologis di dalam diri konsumen bernama FOMO (Fear of Missing Out) yang kemudian akan memunculkan perilaku pembelian secara impulsif pada diri konsumen.

Seperti dilansir experian.com, flash sale akan membuat banyak orang merasa mereka bisa mendapatkan barang yang biasanya di atas kemampuan mereka, sehingga mereka tidak tertinggal dalam tren produk yang berlangsung. Umumnya perusahaan akan melakukan atau bergabung dalam flash sale di situs e-commerce karena beberapa alasan di antaranya,
1. Adanya pergantian musim (terutama produk fesyen) sementara ada kelebihan stok dari musim sebelumnya, agar kapasitas gudang cukup untuk stok yang baru.
2. Adanya kelebihan stok produk yang masih jauh dari target penjualan, padahal telah menghabiskan biaya pemasaran yang besar.
3. Munculnya produk dengan tipe baru yang lebih canggih dan lebih diminati.
4. Tren penjualan produk tersebut mengalami penurunan signifikan dan berusaha dibuat agar grafiknya setidaknya tidak terlalu curam.
5. Perusahaan ingin menjaring konsumen-konsumen baru yang sebelumnya tidak mampu atau berkesempatan mendapatkan produk tersebut.

Keuntungan Flash Sale
Beberapa keuntungan dalam mengikuti program flash sale ini di antaranya,
1. Strategi Tingkatkan Omzet Penjualan
Keuntungan pertama yang bisa didapatkan bila mengikuti program flash sale adalah mampu memaksimalkan kinerja toko online dalam hal omset penjualan. Menjual barang dengan harga diskon sudah pasti akan lebih dinikmati oleh konsumen. Walaupun begitu, Anda harus tetap memperhatikan marginnya agar tidak mengalami kerugian.

2. Peningkatan Transaksi dari Beragam Konsumen
Dengan adanya program flash sale, maka Anda memiliki kesempatan untuk meningkatkan jumlah transaksi penjualan dengan konsumen yang beragam. Hal tersebut akan mempengaruhi status toko Anda, sehingga Anda bisa memiliki predikat toko yang baik. Bila sudah memiliki predikat toko yang baik, maka kegiatan penjualan pun akan menjadi lebih mudah.

3. Toko Online Semakin Dikenal
Saat ada suatu marketplace besar yang mengadakan program flash sale,  pasti ada banyak ribuan pengguna yang menantikannya. Waktu berkumpulnya para konsumen ini adalah waktu yang tepat untuk menampilkan profil toko anda. jika sudah terpilih di flash sale, maka nama toko Anda akan menjadi sangat luas.

Kekurangan Flash Sale
Jika kita perhatikan dari sisi produsen atau perusahaan ritel, flash sale hampir tidak memiliki kekurangan berarti. Namun dari sisi konsumen, biasanya mereka akan memperoleh beberapa kendala ketika ada program flash sale di antaranya,
1. Situs e-commerce menjadi lebih sulit untuk diakses, hal tersebut dikarenakan banyak konsumen yang ingin membeli produk flash sale sebelum kehabisan.
2. Tidak bisa menyelesaikan transaksi. Kerap kali konsumen mengalami gagal transaksi. Misalnya saja saat sudah masuk proses check out dan tinggal bayar, namun secara tiba-tiba data belanja hilang karena tidak stabilnya sistem saat melakukan flash sale.

Cara Melakukan Flash Sale
1. Sasaran Pembeli yang Spesifik
Kalau berharap bisa dapat untung besar-besaran hanya dalam satu kali momen flash sale, itu tandanya Anda salah besar. Dari pada sibuk menargetkan angka besar yang belum tentu tercapai, lebih baik Anda fokus memastikan flash sale berjalan dengan lancar meski peserta yang ikut serta belum terlalu banyak
.
Namun, sebelum memulai persiapan sale, Anda perlu menentukan terlebih dahulu target dan tujuan dari sale yang ingin dilakukan. Apakah Anda ingin menyasar pembeli baru dalam jangka pendek? Atau Anda ingin mencari pelanggan yang berpotensi menjadi pelanggan tetap dalam jangka waktu yang panjang? Cobalah spesifikasikan tujuan dan target agar Anda bisa lebih mudah mengeksekusi seluruh persiapan flash sale dengan baik.

2. Amankan Jumlah Stok
Saat melakukan listing produk yang akan dijual di flash sale, Anda perlu memastikan terlebih dahulu jumlah stok produk tersebut. Untuk meningkatkan urgensi dan ketertarikan pembeli terhadap program sale, Anda bisa memberikan diskon besar pada jumlah stok yang terbatas. Dengan begitu, pembeli akan lebih semangat dan tidak akan melewatkan kesempatan berbelanja.

Ini lah yang membuat manajemen inventori berperan penting dalam bisnis. Mengelola jumlah stok produk dengan baik bisa membuat Anda lebih mudah mempersiapkan strategi jualan di momen flash sale akhir tahun, maupun di sebelum dan sesudah momen tersebut.

Anda juga perlu mengelola stok di toko online maupun offline yang Anda punya, agar tidak terjadi selisih pada jumlah stok aktual yang bisa berujung pada kekecewaan pembeli yang kehabisan stok produk.

3. Perhitungkan Alur Transaksi hingga Pengiriman
Melakukan persiapan sebelum mengadakan flash sale memang penting, namun memastikan alur transaksi setelahnya juga tidak kalah penting. Tentu Anda harus memikirkan bagaimana flow pembelian, pengemasan, hingga pengiriman produk sampai akhirnya tiba di tangan pembeli yang beruntung.

Jika alur tersebut tidak dipikirkan, Anda bisa saja kehilangan rasa percaya atau kepuasan pelanggan, yang membuat mereka enggan berbelanja di toko online milik Anda di kemudian hari.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani من لم يذق مر التعلم ساعة, تجرع ذل الجهل طول حياته | “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Flash Sale: Pengertian, Keuntungan, Kekurangan, dan Cara Melakukannya"